Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Perkataan yang Dinilai Sopan tapi Menyinggung Saat Kencan Pertama

Bisa bikin suasana jadi kurang nyaman!

Raden Putri

Saat pertama kali berkencan dengan seseorang, kamu pasti ingin melakukan hal yang terbaik untuk menarik perhatiannya. Namun, menurut pakar etika, sering kali hal-hal yang dianggap sopan atau tidak berbahaya itu, pada kenyataannya justru merugikan dan menyinggung orang lain.

Melansir dari Best Life, ada beberapa kesalahan yang mungkin kamu lakukan yang dapat membuat kencan menjadi tidak menarik lagi. Berikut 7 perkataan yang dinilai sopan namun menyinggung pasangan dalam kencan. Check this out!

1. "Kamu sangat tampan, aku heran kenapa kamu masih lajang."

Pexels.com/Karolina Grabowska

Kamu mungkin berpikir bahwa bertanya mengapa seseorang masih lajang meskipun memiliki daya tarik yang jelas, adalah suatu hal yang wajar. Namun sebaliknya, terkadang seperti ini sebaiknya dihindari. 

Hal ini bermasalah karena dua alasan. Pertama, menjadikan penampilan dan atribut fisik sebagai hal yang utama. Kedua, implikasinya adalah seseorang hanya dianggap lebih baik jika memiliki pasangan.

2. "Apa yang membuatmu pantas didapatkan?"

Pexels.com/Criativa Pix Fotografia

Hal yang wajar untuk menilai berbagai kualitas teman kencanmu dan mencoba menentukan apakah kamu akan menjadi pasangan yang cocok dengannya atau tidak. Tetapi, meminta orang lain untuk menyatakan dirinya sebagai calon pasangan akan menempatkannya pada posisi yang tidak perlu. Selain itu, jawaban pertanyaan ini juga seharusnya kamu dapatkan setelah beberapa kali berkencan, bukan justru meminta pandangan si dia.

3. "Oh, kamu adalah (profesinya)? Aku tidak menyangka."

Pexels.com/cottonbro studio

Setiap orang bebas membuat pilihan berdasarkan penampilan atau sikap seseorang. Oleh karena itu, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah menghindari penilaian tersebut jika memungkinkan. Penting juga untuk tidak mengungkapkannya kepada teman kencanmu. Pasalnya, akan sangat menyinggung jika kamu berasumsi seseorang tidak bisa mendapatkan pekerjaan tertentu berdasarkan penampilan atau tindakannya saja.

4. "Kamu akan terlihat lebih menawan jika memanjangkan rambut."

Pexels.com/Andres Ayrton

Kamu mungkin mengira sedang memuji penampilan seseorang, dengan memberi tahu mereka ada penampilan tertentu yang cocok untuknya. Namun, membuat rekomendasi yang tidak diminta mengenai penampilan seseorang adalah tindakan yang menyinggung. Pasalnya, setiap orang pasti berusaha tampil menawan saat akan berkencan menurut versinya masing-masing. Oleh karena itu, hormati teman kencanmu apa adanya dan pilihan yang telah dia buat.

5. "Jangan tersinggung, tapi..."

Pexels.com/Jep Gambardella

Menambahkan frasa "jangan tersinggung" pada pernyataan yang menyinggung tidak akan membuat teman kencanmu bebas dari perasaan itu. Faktanya, kebutuhan untuk menggunakan frasa ini memberikan sinyal bahwa pernyataan yang kamu buat sudah tidak sesuai dari awal. Dengan memulai kalimat menggunakan kata ini, kamu sebenarnya sudah tahu bahwa pertanyaan yang akan diajukan bisa menyinggung seseorang. Tetapi, kamu tetap bertanya karena penasaran dengan jawabannya.

6. "Apakah kamu dekat dengan keluargamu?"

Pexels.com/RDNE Stock project

Meskipun menanyakan tentang keluarga teman kencan adalah hal yang wajar, tetapi ada perbedaan tipis antara pertanyaan yang sopan dan pertanyaan yang menginvasi privasi seseorang. Apabila ini adalah kencan pertama, maka sebaiknya hindari pertanyaan ini yang terlalu pribadi tentang kehidupan teman kencanmu.

Dalam situasi lain, apabila kamu berkencan atau dekat dengan seseorang yang memiliki anak, jangan terlalu banyak pertanyaan tentang kehidupannya. Karena, sebagian orangtua akan lebih memilih untuk menyembunyikan informasi apa pun tentang anaknya sampai mereka memiliki kesempatan untuk mengenal teman kencannya secara lebih baik dan mendalam.

7. "Wow, mobilmu keren. Kamu pasti bekerja dengan giat."

Pexels.com/Katerina Holmes

Melalui pakaian, penampilan, atau mobil yang dikendarainya, teman kencanmu mungkin mengungkapkan petunjuk tentang kondisi keuangannya secara tidak langsung. Meski begitu, berkomentar tentang tanda-tanda kekayaan atau kekurangan seseorang dalam kencan adalah tindakan yang tidak terpuji. Walaupun keuangan yang stabil itu penting, tetapi kalimat ini dapat menunjukkan bahwa kamu yakin nilai seseorang setara dengan nominal uang yang ada di rekening banknya.

Itulah perkataan yang dinilai sopan, tapi sebenarnya menyinggung. Jadi, sebaiknya hindari kata-kata ini saat kencan pertama ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Dating