Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Menjadi Dewasa dalam Hubungan, Harus Saling Menghormati

Komunikasi jadi poin utama

Raden Putri

Agar hubungan bertahan lama dan dapat berjalan dengan baik, maka perlu kedewasaan dalam menjalaninya. Menjadi dewasa dalam hubungan berarti bertanggung jawab atas tindakan, menjalin komunikasi yang efektif, dan memelihara dinamika hubungan yang sehat. Jika salah satu unsur tersebut tidak ada, maka itu dapat menjadi bahaya karena salah satu pihak bisa merasa terbebani karena adanya ketidakseimbangan tersebut.

Melansir dari Times of India, terdapat beberapa prinsip utama yang dapat membawamu menjadi lebih dewasa dalam hubungan. Cara-cara ini mungkin dapat menyelamatkan atau membangun hubungan menjadi lebih baik. Lantas, apa saja cara menjadi dewasa dalam hubungan? Simak ulasannya berikut ini.

1. Komunikasi

Pexels.com/Leeloo Thefirst

Banyak pasangan yang tidak menyadari bahwa gaya komunikasi dapat menjadi kunci kebahagiaan dalam hubungan. Kamu dapat memberikan hal positif saat mendorong komunikasi yang terbuka dan jujur. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengekspresikan diri secara jelas dan juga aktif mendengarkan pasangan. Tak lupa, latih juga empati, pengertian, dan cara menangani konflik yang efektif untuk menjaga hubungan tetap dalam jalur yang stabil.

2. Tanggung jawab

Pexels.com/Arina Krasnikova

Dalam hubungan apa pun, kamu harus bertanggung jawab atas tindakan, emosi, dan kontribusimu terhadap hubungan tersebut. Banyak pasangan yang saling menyalahkan saat terjadi masalah dalam hubungannya, sehingga menimbulkan perselisihan besar antara dua ego.

Padahal, tak jarang masalah tersebut berasal dari diri pasangan itu sendiri. Hal inilah yang kemudian akan membawa malapetaka dalam hubungan. Oleh karena itu, hindari pengalihan kesalahan pada pasangan dan mulailah fokus untuk mengembangkan diri menjadi seorang yang lebih baik, serta dapat menjaga kepercayaan hubungan.

3. Batasan

Pexels.com/cottonbro studio

Tetapkan dan hormati batasan pribadi dalam hubungan. Meski sudah bersama, kamu tetap membutuhkan ruang sendiri untuk hal-hal yang mungkin tidak dapat dibagikan kepada orang lain, termasuk pasangan. Pertimbangkan juga batasan pasangan agar tidak melewati batas dan dapat saling menghargai satu sama lain. Komunikasikan dengan jelas kebutuhan, batasan, dan harapanmu untuk menjaga keseimbangan dalam hubungan yang sehat.

4. Kecerdasan emosional

Pexels.com/Vlada Karpovich

Salah satu kesalahan besar yang dilakukan pasangan adalah tidak mengembangkan kecerdasan emosionalnya. Padahal, hal ini dapat dilakukan dengan mengenali, memahami, dan mengelola emosi serta reaksi dari diri mereka sendiri.

Unsur-unsur seperti empati dan pemahaman terhadap emosi pasangan, serta bekerja sama untuk menciptakan lingkungan emosional yang mendukung, bisa menjadi salah satu cara untuk menjadi dewasa dalam suatu hubungan.

5. Kesetaraan dan penghormatan

Pexels.com/Thomas Ronveaux

Jika tidak ada rasa hormat antara kamu dan pasangan, maka hubungan tersebut akan lebih cepat terakhir. Pasalnya, bukan tidak mungkin pasangan akan berlaku seenaknya karena dia menganggapmu lebih rendah dan tidak menghormatimu. Oleh karena itu, perlakukan pasangan secara setara dan hormat dalam segala hal.

Penting juga untuk menghargai pendapat, kebutuhan, dan ranah pribadinya. Pastikan bahwa pengambilan keputusan dan kolaborasi adalah sesuatu yang selalu dilakukan bersama. Jalinlah hubungan yang berdasarkan pada rasa saling menghormati dan kesetaraan.

IDN Media Channels

Latest from Dating