6 Alasan Kamu Mengalami Kecemasan Berlebih Saat Menjalin Hubungan

Dimulai dari rasa overthinking terhadap pasangan

6  Alasan Kamu Mengalami Kecemasan Berlebih Saat Menjalin Hubungan

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Mengalami kecemasan dalam hubungan romantis, ternyata merupakan hal yang normal meskipun hubungan yang kamu jalani dengan pasangan sudah bertahun-tahun lamanya. Menurut ahli, semua orang mengalami kecemasan dalam beberapa hal di masa hubungan romantis mereka. 

Kecemasan bisa datang dan pergi dengan singkat. Ada juga yang datang seperti gelombang yang menyebabkan terjadinya kecemasan berlebih, pun ada juga kecemasan yang tak kunjung hilang meski sudah banyak orang yang mencoba menenangkan kita. Kamu juga harus tahu bahwa yang bisa menyembuhkan rasa cemas itu sendiri adalah diri kamu sendiri. Menurut Shelley Sommerfeldt, PhD, psikolog klinis dan relationship coach, membiarkan rasa cemas itu menguasaimu bisa merusak hubungan yang sudah kamu jalani. 

Apa itu kecemasan berlebih dalam hubungan?

Kecemasan berlebih dalam hubungan adalah keadaan di mana seseorang mengalami keraguan, kekhawatiran, dan kecurigaan dalam hubungan. Keadaan ini jadi membuat kamu sering menebak-nebak apakah pasangan kamu mencintai kamu apa tidak, apakah dia selingkuh, apakah dia tulus sayang padamu, apakah dia memilih kamu dengan tulus, dan masih banyak lain pertanyaan-pertanyaan lainnya. 

Tentunya yang kamu butuhkan saat sedang mengalami kecemasan berlebih seperti itu adalah sosok pasanganmu yang bisa meyakinkan kamu bahwa apa yang kamu rasakan dan pikirkan itu tidak benar adanya? Sayangnya, tidak sedikit dari kamu pasti akan meragukan perkataan jujur dari pasanganmu hanya karena pikiran dan hati kamu sedang tidak bisa berpikir secara logis. Kamu akan terus bertanya kepada pasanganmu agar terus diyakinkan soal kesetiaannya, rasa sayangnya, dan kejujurannya. 

Namun, perlu diketahui jika hal itu terus dibiarkan akan membuat pasanganmu menjadi stress dan malah merusak hubungan kamu itu sendiri. Siapa juga yang nggak lelah kalau harus meyakinkan seseorang terus dan terus. Pasanganmu mungkin juga akan berpikir bahwa kamulah yang tidak bisa melihat bahwa pasanganmu sangat menyangimu. Ujung-ujungnya yang mana hubungan itu awalnya baik-baik saja berubah menjadi hal yang paling kamu takutkan.

Berikut adalah ciri-ciri kecemasan berlebihan dalam suatu hubungan:

1. Overthinking

Pastinya kamu sudah nggak asing juga dengan kondisi ini. Overthinking sering menjadi penyebab seseorang mengalami kecemasan. Ya, bagaimana tidak? Skenario-skenario terburuk selalu kamu pikirkan sehingga membuat kamu berpikiran bahwa semuanya tidak akan baik-baik saja.

Walaupun, tentu saja, memang banyak faktor juga yang membuat seseroang mengalami kecemasan. Hanya saja, awal mula kecemasan itu muncul ya diawali dari overthinking.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here