Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Tips Cari Pacar Lagi Setelah Putus dari Hubungan Jangka Panjang

Semuanya membutuhkan proses

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Mengakhiri hubungan yang sudah lama terjalin tentu menjadi pengalaman yang menantang. Setelah proses penyembuhan hati selesai, banyak orang yang mempersiapkan diri untuk mencari cinta lagi. Namun, nggak sedikit orang yang mengalami ketakutan untuk memulai hubungan baru lagi. Apalagi setelah mereka putus dari hubungannya yang terjalin bertahun-tahun

Jika kamu berada dalam situasi ini, jangan terlalu khawatir, ya. Pasti ada kemungkinan besar untuk move on dan mencari pasangan baru. Meski nggak selalu mudah, Popbela akan memberimu tips jatuh cinta lagi setelah berakhirnya hubungan jangka panjang. Yuk, simak!

1. Kenali tantangan baru dari awal

Pexels.com/clark cruz

Memulai kembali mencari cinta setelah putus hubungan yang berjalan lama memang terasa menakutkan. Sadarilah bahwa hal baru ini nggak mudah, namun pastinya sepadan, kok! Mengakui bahwa kamu akan menghadapi tantangan di masa depan dapat membantumu lebih mempersiapkan diri secara mental dan emosional.

Pahami bahwa mungkin ada pasang surut, keraguan, dan hal lainnya. Ini semua adalah bagian dari proses memulai cinta yang baru. Pahami bahwa semuanya membutuhkan waktu dan kesabaran. Jangan terlalu keras pada dirimu, Bela.

2. Jangan lakukan rebound relationship

Freepik.com/freepik

Setelah hubungan jangka panjang berakhir, wajar jika kamu merasa hampa dan ada keinginan untuk berteman. Namun, jangan sampai kamu menjalin hubungan di saat hatimu sendiri belum pulih. Sebab, biasanya yang seperti ini akan kembali gagal. Lebih baik manfaatkan kesempatan ini untuk fokus pada diri sendiri, tumbuh, dan membangun fondasi yang kuat sebelum memulai perjalanan romantis baru.

3. Mengikuti hobi yang menyenangkan

Pexels.com/cottonbro studio

Melibatkan diri dalam hobi adalah cara terbaik untuk mengalihkan perhatianmu dari masa lalu. Gunakan waktu ini untuk mengeksplorasi minat baru atau berhubungan kembali dengan hobi lama.

Hobi dapat membantu kamu bertemu orang-orang dengan minat yang sama. Ini juga menghadirkan peluang besar untukmu menjalin hubungan baru. Jangan takut untuk keluar dari zona nyaman, siapa tahu ternyata ada cinta sejatimu di luar sana.

4. Mencoba kencan online

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kencan online dapat menjadi media untuk mencari cinta, bahkan jika kamu baru pertama kali. Apalagi, situs dan aplikasi kencan semakin memudahkan kamu untuk terhubung dengan calon pasangan.

Dating apps memungkinkan kamu menunjukkan minat dan nilaimu yang akan membantu menemukan pasangan terbaik. Meskipun terasa melelahkan, ini juga merupakan cara yang menyenangkan untuk bertemu orang yang tepat dan menjelajahi koneksi yang berbeda. Tapi kamu harus tetap hati-hati, karena banyak juga penipu cinta.

5. Jangan membandingkan masa lalu dan masa depan

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan orang setelah menjalin hubungan adalah membandingkan pasangan barunya dengan mantan. Ingatlah selalu untuk menghargai setiap orang apa adanya, karena mereka memiliki keunikan masing-masing. 

Membandingkan keduanya hanya akan menimbulkan ekspektasi yang nggak realistis sehingga memicu rasa kecewa. Fokus saja untuk mengenal calon pasanganmu nanti apa adanya dan hargai dia. Beri kesempatan untuk menunjukkan keseriusannya tanpa kamu harus berasumsi buruk pada hal yang belum tentu terjadi.

Memulai dari awal lagi memang nggak mudah, tapi kamu harus percaya bahwa Tuhan akan memberimu seseorang yang lebih baik daripada sebelumnya. Fokus pada proses, sebab untuk menggapai cinta sejati membutuhkan perjuangan.

IDN Media Channels

Latest from Dating