Setiap orang tentu ingin dicintai. Dalam memaknai cinta, kamu yakin percaya cinta bersifat dua arah. Membayangkan kehadiran sosok yang akan menjadi teman hidupmu nanti, yang mau menerimamu apa adanya dan setia menemani dalam suka dan duka sudah menjadi hal yang kamu pikirkan setiap hari. Tanpa sadar, kamu telah mengabaikan dirimu sangat membutuhkan perhatian. Tak hanya kesehatan atau kebahagiaan, inilah alasannya mengapa kamu juga wajib mengenal bahkan mencintai dirimu sebelum mencintai orang lain.

 

1. Menjalin hubungan bukan hanya untuk saling melengkapi atau menguatkan, tetapi untuk menyusun masa depan bersama

Siap Cari Pacar? Ketahui Dulu 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mencintai Diri Sendiri Sebelum Menjalin Hubunganfanpop.com

Banyak orang yang mengatakan bahwa melalui pacaran, dua insan bisa saling melengkapi. Tidak ada yang salah dengan pemikiran tersebut, namun jika direnungkan kembali, memiliki pacar bukanlah alasan untuk menjadi manusia seutuhnya. Menjadi pribadi yang baik dan kuat adalah tanggung jawabmu sendiri, bukan tanggung jawab orang lain termasuk pacar. Ketika dua pribadi yang kuat ini bertemu, kalian siap untuk menyusun masa depan.

2. Sulit mencintai seseorang sepenuh hati jika kamu masih tidak nyaman dengan diri sendiri

Siap Cari Pacar? Ketahui Dulu 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mencintai Diri Sendiri Sebelum Menjalin Hubunganaceshowbiz.com

Kamu memutuskan untuk berpacaran karena kamu ingin mendengar si dia berkata bahwa kamu cantik atau kamu telah melakukan hal baik hari ini. Bagimu, menjalin hubungan semata-mata hanya untuk mengisi sesuatu yang hilang atau memuaskan diri sendiri. Jika itu yang kamu cari selama ini, maka tidak ada berubah dalam dirimu. Malah, kamu bisa sedih berkepanjangan setelah berpisah dengannya karena kamu tidak cukup kuat.

3. Rela berbohong pada diri sendiri demi orang yang kamu cintai

Siap Cari Pacar? Ketahui Dulu 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mencintai Diri Sendiri Sebelum Menjalin Hubunganfanpop.com

Kamu tahu bahwa kebiasaan pasangan yang sering datang terlambat membuat perasaanmu tidak nyaman, namun kamu berpikir seolah tak ada yang salah dengan hubungan kalian. Kamu memilih diam untuk menjaga perasaannya. Bela, dia tak bisa mendengar suara-suara kekecewaan yang ada dalam pikiranmu. Kamu tak bisa mengharapkan orang lain untuk mencintaimu jika kamu tak mengizinkan diri sendiri untuk merasakan ketenangan.

4. Hubungan yang kamu jalani mungkin tidak menghasilkan apa-apa, justru memperburuk situasi

Siap Cari Pacar? Ketahui Dulu 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mencintai Diri Sendiri Sebelum Menjalin Hubunganblackfilm.com

Jika kamu bertemu dengan seseorang yang memiliki kekurangan yang sama denganmu, kamu merasa sedikit lega karena kamu tidak sendirian. Namun masalah besar akan terjadi jika kalian saling berbagi pikiran negatif dan mengeluhkan kondisi tersebut tanpa berjuang untuk mengatasinya.

5. Kamu akan bertemu pada dua pilihan, mencintai dirimu sendiri atau meninggalkan orang yang kamu cintai

Siap Cari Pacar? Ketahui Dulu 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mencintai Diri Sendiri Sebelum Menjalin Hubungantaxufusutohostzi.com

Mungkin saja jika orang yang akan menjadi kekasihmu juga tidak nyaman dengan dirinya sendiri. Seiring berjalannya waktu, kalian akan saling belajar untuk memahami. Dengan proses tersebut, kesadaran untuk lebih mencintai diri sendiri akan tumbuh dalam benakmu. Namun jika ia tidak bisa menerima kekuranganmu, maka kamu akan meninggalkannya dan mencari orang lain sebagai pelarian.

 

Percayalah bahwa setiap orang memiliki keunikan sendiri yang tak bisa diukur dengan standar tertentu, termasuk kamu. Pentingnya mencintai diri sendiri tak hanya kamu rasakan saat ingin memulai sebuah hubungan tapi juga akan terus berlanjut dan memberikan dampak nyata terhadap dirimu di masa mendatang.