Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Membuat Pasangan Berhenti Merokok, Yuk Dicoba!

Salah satunya menjadi support system untuk pasangan

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Mungkin sebagian perempuan akan merasa risi ketika memiliki pasangan yang suka merokok. Adakah di antara kalian yang berpikir demikian, Bela? Tentu saja ini nggak hanya tentang aromanya yang membuat nggak nyaman, tetapi kita ada kekhawatiran jika itu menimbulkan penyakit kelak.

Mungkin saja pasanganmu sebenarnya ingin menghentikan kebiasaan itu, tapi karena sudah terlalu lama melakukannya tentu terasa sulit. Atau mungkin kamu sudah mengingatkannya tetapi dia tetap keras kepala. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk membuat pasangan berhenti merokok? Yuk, simak ulasannya.

1. Tunjukkan rasa khawatirmu tanpa menghakimi

Pexels.com/cottonbro studio

Sebenarnya para perokok sudah tahu risiko dari kebiasannya ini, jadi kalau kamu menghakimi nggak ada gunanya. Lakukan sebaliknya, cobalah kamu ekspresikan rasa khawatirmu dengan berbagai cara. Misalnya, kamu kembali ingatkan bahaya rokok dan katakanlah kalau kamu berharap dia akan panjang umur, sebab kamu ingin selalu berada di sisinya selamanya.

Selain itu, kamu juga bisa membicarakan kalau uang yang dipergunakan untuk membeli rokok bisa lebih bermanfaat untuk keperluan yang lebih penting.

2. Sabar saat menghadapi perubahannya

Pexels.com/Julia M Cameron

Ketika pasanganmu mencoba berhenti merokok atas permintaanmu, mungkin saja akan ada beberapa perubahan yang akan membuatmu kaget. Karena untuk mengehentikan kebiasaan sejak lama membutuhkan waktu.

Melansir dari laman Heathline, biasanya ada dampak setelah mereka berhenti, mulai dari sering marah, cemas, sulit berkonsentrasi, dan lainnya. Sebagai pacar, kamu perlu lebih bersabar lagi dan terus membantunya dalam menghadapi situasi ini.

3. Alihkan perhatian dia

Pexels.com/Kampus Production

Ketika pasanganmu kembali menginginkan rokok, hal yang harus kamu lakukan adalah mengalihkannya. Untuk membuat dia benar-benar berhenti merokok, kamu perlu banyak ide untuk menawarkan kegiatan yang lebih menyerukan. Misalnya, kamu mengajak dia jalan-jalan, memasak makanan baru, menonton film, dan lainnya. Usahakan untuk menemukan sesuatu yang disukai pasangan untuk mengalihkan perhatian dia.

4. Berikan sesuatu untuk motivasi

Pexels.com/Budgeron Bach

Di saat pasangan merasa kamu mulai mengganggunya, dia mungkin saja nggak akan mendengarkanmu lagi. Oleh karena itu, kamu perlu memahami situasi untuk mendiskusikan hal ini dengannya pada waktu yang tepat. Namun, nggak hanya menasihati saja, kamu juga bisa memberikan dia motivasi.

Misalnya dengan memberikan sesuatu yang bermakna, seperti hadiah, pujian, atau sebuah catatan kecil tentang kesanmu selama menjalin hubungan dengannya.

5. Menjadi support system di masa terberatnya

Freepik.com/freepik

Cara terpenting untuk membantu pasangan berhenti merokok adalah dengan selalu memberinya dukungan, terutama saat masa-masa sulit. Menurut sumber Healthline, kandungan nikotin yang berupa obat ini bisa membuat seseorang kecanduan, bahkan akan menyakitkan secara fisik dan emosional.

Begitu pula dengan pasanganmu, mungkin dia ada keinginan untuk menghentikan kebiasaan itu. Tetapi jika sedang dalam masalah berat, dia akan terjebak lagi ke dalamnya. Oleh karena itu, dukungan dan motivasi darimu tentu sangat berarti baginya.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar pasanganmu berhenti merokok. Semoga bisa membantu!

IDN Media Channels

Latest from Dating