Setiap orang tentu mengetahui bahaya rokok pada kesehatan tubuh. Meski begitu, banyak orang yang kesulitan menghentikan kecanduannya terhadap nikotin. Terkadang niat saja belum cukup tanpa didukung dengan lingkungan disekitarnya. Bagi sebagian orang, keluarga, teman, bahkan konseling dapat membantunya untuk berkata tidak pada rokok. Bukan sekedar menjalani hidup yang lebih sehat, dengan berhenti kamu juga bisa mengurangi resiko kematian dini. Nggak perlu ragu untuk berhenti, kamu bisa lebih efektif melakukannya dengan cara ini. Keep reading Bela!

6 Cara Efektif dan Sukses Berhenti Merokok
 

Setelah menentukan waktu untuk mulai berhenti, kamu juga harus belajar menahan godaan yang dapat meruntuhkan pertahananmu. Saat memulainya, segera kabarkan keluarga dan temanmu untuk mendukung niatmu berhenti. Dengan ini kamu bisa mulai menyingkirkan sisa rokok yang ada dan meminta temanmu untuk tidak menawarkannya padamu.

6 Cara Efektif dan Sukses Berhenti Merokok
 

Rokok memang bisa menjadi cara untuk menghilangkan bosan. Selain itu, kamu juga memiliki jadwal rutin untuk menghisapnya bersama dengan kopi atau setelah makan. Bahkan kamu kerap merasa kebingungan saat berkumpul bersama teman yang sedang merokok tanpa melakukan apapun. Coba deh persiapkan permen karet mint atau cemilan sehat untuk mengganti rokok dengan cara yang lebih sehat.

6 Cara Efektif dan Sukses Berhenti Merokok
 

Nikotin memiliki zat adiktif yang memengaruhi banyak organ tubuh termasuk otak. Saat kamu berhenti mengonsumsinya, tubuh akan terus mencari dan berusaha menggagalkan pertahananmu. Mulut menjadi terasa asam, tubuh yang gelisah, hingga rasa depresi mungkin saja akan kamu alami. Namun, kamu perlu memaksa diri untuk tetap pada pendirianmu. Biasakan dengan keadaan tersebut hingga kamu merasa mampu untuk benar-benar nggak tergoda untuk merokok kembali.

6 Cara Efektif dan Sukses Berhenti Merokok
 

Bila kamu merasa sangat kesulitan untuk berhenti merokok, nggak ada salahnya untuk berkonsultasi pada dokter atau pihak profesional lainnya yang dapat membantumu untuk berhenti. Terkadang, untuk memulainya banyak dokter yang memberikan Nicotin Replacement Therapy (NRT) sebagai langkah awal. Cara ini membantu kamu untuk mendapat asupan nikotin dalam dosis yang sedikit dan tidak dicampur oleh zat kimia berbahaya lainnya yang terdapat pada rokok

6 Cara Efektif dan Sukses Berhenti Merokok
 

Meski sudah mulai terbiasa tanpa rokok, terkadang ada saat dimana kamu merasa nggak sanggup untuk menolak. Mencobanya kembali meski hanya beberapa hisap justru membuat usahamu sia-sia dan menambah sulit untuk berhenti. Saat mengalaminya, carilah kegiatan yang dapat mengalihkan keinginanmu untuk merokok seperti makan makan atau berolahraga yang membutuhkan banyak aktivitas fisik.

6 Cara Efektif dan Sukses Berhenti Merokok
 

Beberapa penelitian menunjukan bahwa yoga dan latihan cardiovascular dapat mengurangi kecanduan seseorang terhadap rokok. Perasaan yang tenang dan damai setelah berolahraga dan menghirup udara segar dapat menenangkan pikiranmu untuk tetap fokus mengontrol diri. Kamu juga dapat berlatih pernafasan yang dapat memberi energi positif bagi tubuh dan pikiran.

 

BACA JUGA: Ini Loh Bahayanya Jika Tidur Dekat Ponsel Menyala