Di zaman modern ini, kebiasaan buruk seperti merokok sudah menjadi hal biasa yang banyak dilakukan orang. Padahal, sebenarnya merokok berdampak sangat buruk bagi kesehatan. Tak hanya menyebabkan penyakit jantung, stroke, dan kanker paru-paru, merokok juga menyebabkan 5 penyakit lain yang tidak kamu sangka. Nah, berikut ini adalah 5 penyakit yang ditimbulkan akibat sering merokok.

1. Buta

5 Penyakit Ini Akan Kamu Rasakan Akibat Merokoksemcil.org/shutterstock

Mungkin kamu baru mendengar hal ini, namun pada kenyataannya merokok bisa meningkatkan risiko terkena degenerasi makula. Degenerasi makula adalah gangguan pada mata yang mempengaruhi kemampuan dalam penghilatan. Hal ini dapat menyebabkan kebutaan. Degenerasi makula sendiri merupakan salah satu penyebab kebutaan pada orang dewasa. 

2. Diabetes tipe 2

5 Penyakit Ini Akan Kamu Rasakan Akibat Merokokkriscarr.com

Merokok juga meningkatkan resiko penyakit komplikasi, salah staunya yaitu diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 menyebabkan infeksi pada bagian tangan dan kaki yang jika tidak segera ditangani bisa berakibat fatal seperti amputasi.

3. Kehamilan ektopik

5 Penyakit Ini Akan Kamu Rasakan Akibat Merokoktime.com

Tak hanya berbahaya bagi ibu, ternyata bayi yang dikandung oleh seorang ibu yang merokok bisa menyebabkan kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik adalah kondisi dimana janin berkembang di luar rahim. Ibu perokok berisiko lebih besar dibandingan dengan yang tidak. 

4. Radang Sendi

5 Penyakit Ini Akan Kamu Rasakan Akibat Merokokmedicalnewstoday.com

Tak hanya menyebabkan kanker paru-paru, merokok juga bisa menyebabkan penyakit rheumatoid arthritis yaitu penyakit radang kronis yang mempengaruhi sendi di tangan dan kaki. Biasanya penyakit seperti ini banyak dialami kaum perempuan. Penyakit ini juga menyebabkan pengeroposan tulang serta kelainan bentuk sendi.

5. Patah tulang pinggul

5 Penyakit Ini Akan Kamu Rasakan Akibat Merokoksolutionchiropractic.com

Salah satu penyebab yang ditimbulkan setelah merokok yaitu tingginya risiko kehilangan kepadatan tulang yang lebih cepat terutama di bagian pinggul dibandingkan dengan yang tidak merokok. 

Kamu sudah tahu nih banyak banget bahaya ditimbulkan dari merokok. Mulai hidup sehat yuk dari sekarang!

Baca Juga: Ini yang akan Terjadi Pada Tubuhmu Ketika Berhenti Merokok