Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kenapa Cowok Suka Nyari Masalah? Ini 9 Kemungkinan Alasannya

Bisa jadi tanda bosan pada pasangan

Natasha Cecilia Anandita

Kenapa cowok suka nyari masalah? Iya, nggak cuma perempuan, laki-laki kadang juga suka mencari masalah dalam hubungan. Hal ini pastinya membuat kamu bertanya-tanya, kan, Bela, apa yang membuatnya seperti itu.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang membuat masalah atau terkesan mencari-cari masalah. Salah satu mungkin karena banyaknya beban pikiran, tapi tak dapat diceritakan. 

Buat kamu yang suka bertanya kenapa cowok suka nyari masalah? Berikut ada beberapa kemungkinan alasannya yang bisa kamu pahami. 

1. Ada beban

freepik.com

Pacarmu suka cari-cari masalah padamu mungkin karena ia sedang memmiliki banyak beban yang tak bisa dibagikan. Hal ini membuatnya lebih sensitif dan mudah tersulut emosi, baik terhadap teman, keluarga, pasangan, maupun terhadap dirinya sendiri.

2. Kurang pandai berkomunikasi atau ekspresif

freepik.com

Keterampilan emosi seseorang berbeda-beda. Ada yang jago berkomunikasi dan ekspresif, tapi ada juga yang kurang pandai. Pacarmu mungkin termasuk salah satu yang kurang mampu berkomunikasi.

Ketika pertukaran pesan itu gagal, seseorang dapat merasa tidak dimengerti dan sulit untuk memberikan pengertian kepada orang lain. Mereka mungkin mencari cara lain untuk menunjukkan perasaan kesal atau marah terhadap suatu keadaan, yaitu dengan mencari masalah.

3. Dia cemburu dan gengsi

freepik.com/drazenzigic

Rasa cemburu bisa menjadi alasan kenapa cowok suka nyari masalah. Biasanya, para lelaki akan tidak nyaman jika ada teman atau orang lain yang menurutnya terlihat sedang mendekati pasangannya. Ia pun akan sengaja membuat perselisihan atau konflik untuk menguji kesetiaan pasangannya.

Apalagi mereka yang gengsi untuk bilang cemburu. Membuat masalah menjadi caranya mengungkapkan perasaan tersebut. Laki-laki yang berego tinggi akan merasa bisa menunjukkan dominasi dan maskulinitas mereka saat memicu konflik atau masalah baru dengan pasangan maupun teman.

4. Temperamental dan agresif

freepik.com

Sifat temperamental dan agresif seseorang bisa membuatnya terkesan mencari-cari masalah. Orang yang temperamental biasanya mudah marah, tidak sabar, emosional, dan sensitif. Sementara bagi orang-orang yang agresif, dengan menyebabkan masalah baru, orang-orang ini akan merasa bisa menunjukkan dominasi dan kekuatan mereka dalam sebuah hubungan dengan pasangan

5. Bosan

unsplash.com/istockphoto

Ia mencari-cari masalah denganmu mungkin karena bosan dan ingin putus, tapi tak ingin memutuskanmu. Sebagai gantinya, ia membuatmu kesal dengannya atau membuat masalah yang bisa berujung pada pertengkaran hebat. 

Di sisi lain, ia mungkin bosan dengan hubungan yang datar-datar saja. Bukan untuk putus, ia mungkin ingin mencoba mengeksplorasi hal baru dalam hubungan salah satunya dengan mencari masalah. 

6. Tekanan emosional dan frustrasi

unsplash.com

Perasaan stres atau frustrasi dalam hidup dan lingkungan sekitar, membuat laki-laki bisa seolah mencari masalah. Bagi sebagian orang, tekanan emosional yang datang kepada dirinya menyebabkan ia jadi stres dan cemas berlebih. Hal ini mungkin sebagai bentuk untuk melampiaskan rasa kesal mereka. Dengan mencari masalah, tekanan emosionalnya akan berkurang. 

7. Butuh perhatian

freepik.com

Alasan lain laki-laki suka cari masalah adalah sedang membutuhkan perhatian dari pasangannya. Dengan memicu masalah baru, menurut mereka mungkin ini akan membuat pasangannya memberi perhatian.

8. Butuh kepuasan dan takut kehilangan kontrol

freepik.com/pressfoto

Ada beberapa orang yang butuh kepuasan bagi diri mereka sendiri dengan cara menyelesaikan sebuah konflik atau memecahkan masalah yang dibuatnya sendiri. Cara ini membuat beberapa orang merasa lebih percaya diri dan yakin dengan diri mereka sendiri.

Ini juga bisa terjadi karena mereka merasa takut kehilangan kontrol atas situasi. Mereka memilih membuat masalah-masalah baru untuk mempertahankan kendali dalam hubungannya.

9. Lingkungan sosial

pexels.com/matheus-ferrero

Lingkungan sosial juga memengaruhi seseorang suka mencari masalah dengan pasangan atau temannya sekalipun. Nilai dan norma yang berlaku dalam lingkungan serta budaya di sekitarnya bisa memicu perilaku tersebut. Mungkin ada kelompok sosial yang menganggap konflik bisa menjadi cara efektif dalam menyelesaikan masalah tertentu atau menjadi tanda kekuatan.

Dari jabaran di atas kira-kira apakah menjawab pertanyaanmu soal kenapa cowok suka nyari masalah?

IDN Media Channels

Latest from Dating