Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jangan Katakan 'I Love You' Pertama Kali di Waktu Tak Tepat Ini! 

Bisa jadi perasaanmu tak akan berbalas

Elga Windasari

Tak mudah bilang “I love you” pertama kali kepada orang yang kamu cintai. Kamu takut orang tersebut nggak merasakan hal yang sama atau bahkan waktunya nggak tepat.

Padahal, menurut psikolog berlisensi, Chloe Carmichael, PhD., cara setiap orang jatuh cinta itu unik dan nggak ada yang benar atau salah untuk melakukannya.

Jadi, karena setiap pasangan berbeda, sebenarnya nggak ada waktu yang salah untuk mengatakan kalimat sakral tersebut.

Namun, ada waktu-waktu yang nggak tepat untuk mengucapkan "I love you” kepada orang yang kamu cintai. Berikut beberapa di antaranya.

1. Mengatakannya terlalu cepat

Pexels.com/Cottonbro

Bilang “I love you” untuk pertama kali biasanya dilakukan ketika kamu dan pasangan sudah saling mengenal dengan baik dan berencana menjalin hubungan jangka panjang.

"Mengatakannya terlalu cepat mungkin tidak menghormati cinta yang kamu dan pasangan bangun. Ini mengirimkan pesan bahwa kamu tidak tahu perbedaan antara cinta dan nafsu," kata Rebecca Hendrix, LMFT, terapis pernikahan dan keluarga.

2. Saat putus

pexels.com/Alena Darmel

Jika kamu dan pasangan baru pacaran sebentar, lalu dia meminta putus, jangan menahannya dengan bilang “I love you”.

Perkataan kamu itu nggak akan membuatnya berubah pikiran atau bahkan membuatnya jadi sadar kalau dia juga cinta kamu. Ini justru akan menimbulkan masalah baru karena kamu jadi terlihat nggak memiliki harga diri di hadapannya.

3. Di acara pemakaman

pexels.com/cottonbro studio

Khususnya pemakaman keluarga atau orang terdekat pasangan.

Terkadang, kamu mungkin akan menyadari kalau kamu mencintai seseorang saat melihatnya merasa sedih. Namun, bukan berarti ini menjadi saat yang tepat untuk bilang kalau kamu cinta kepadanya.

Lagi pula, ini memberikan kesan sedikit manipulatif karena kamu seperti nggak memberikannya kesempatan untuk berpikir jernih sebelum membalas kata-kata cinta darimu.

4. Di acara ulang tahun pasangan

Pexels/Pavel Danilyuk

Pacar sedang merayakan ulang tahun bersama dengan teman atau bahkan keluarganya. Memang, ini bukan pesta besar. Hanya makan-makan atau kumpul bersama kecil-kecilan.

Melihatnya sangat bahagia, kamu jadi sadar kalau kamu mencintainya. Lalu, kamu memutuskan untuk memberitahunya secara terang-terangan di depan banyak orang.

Bersiaplah untuk mendengar kesunyian setelah kamu mengatakannya. Bahkan, jika dia juga mencintaimu, dia nggak akan menghargai pernyataan cinta di depan publik yang seperti itu.

5. Saat kamu ulang tahun

pexels.com/sepehr jamshidifar

Jika bilang “I love you” sebaiknya jangan dilakukan di hari ulang tahunnya, kamu juga sebaiknya nggak melakukannya di hari ulang tahunmu.

Nggak adil jika kamu memberi tahu laki-laki yang kamu cintai di hari yang paling istimewa untukmu. Bayangkan perasaannya.

Apa yang harus dia katakan kalau dia nggak merasakan hal yang sama denganmu? Apakah dia harus bilang ke orang yang sedang berulang tahun kalau dia nggak cinta padamu?

6. Bilang lewat chat

Pexels/Ron Lach

Bahkan jika kamu dan pasangan lagi saling berkirim chat yang menggemaskan dan saling memuji satu sama lain, jangan tiba-tiba bilang “I love you” padanya.

Kata-kata sakral ini bukan untuk diucapkan pertama kali lewat tulisan. Namun, kamu harus saling bertatapan saat mengucapkannya.

Jika dia belum atau tidak merasakan yang kamu rasakan, kondisi akan menjadi canggung setelahnya.

7. Kamu baru saja putus

Pexels/Andrea Piacquadio

Jika kamu baru saja putus dari suatu hubungan dan akhirnya bebas berkencan dengan seseorang yang sudah lama kamu sukai, kamu nggak bisa langsung memberi tahu dia hal itu.

Apalagi kalau kamu langsung bilang “I love you” padanya. Meskipun kamu sudah merasakan hal itu dari lama.

Dari sudut pandangnya, kata-katamu itu nggak akan terasa tulus dan hanya sekadar pelarian. Jadi, jangan katakan di saat seperti ini.

Itulah beberapa momen yang salah untuk mengucapkan “I love you”. Ini adalah kata-kata yang sakral dalam hubungan jadi jangan sampai salah waktu ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Dating