Cinta kasih tak melulu harus kamu ungkapkan kepada pasangan melalui kata-kata semata. Ada begitu banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk menunjukkan rasa cinta, salah satunya adalah melalui sentuhan fisik sederhana!

Detail kecil seperti sentuhan mungkin kerap terlupa ketika kamu dan si dia telah menjalin hubungan dalam waktu yang cukup lama. Padahal, hal tersebut dapat membantu menguatkan sekaligus membuat hubunganmu dengan pasangan jadi semakin intim, lho.

Nggak percaya? Berikut beberapa sentuhan fisik terbaik versi Popbela guna bangkitkan kembali gelora cinta dan buat si dia tergila-gila.

1. Berpegangan tangan saat jalan beriringan

7 Sentuhan Fisik Pengganti Ungkapan I Love YouPexels.com/RODNAE Production

Berpegangan tangan merupakan cara terbaik yang dapat kamu lakukan untuk memberi pasangan sentuhan fisik penuh kasih. Ini akan membuat si dia merasa bahagia, terlindungi, dan aman ketika berada dekat denganmu. Maka dari itu, tumbuhkan kembali kebiasaan lama menggenggam tangannya saat berkencan kencan, ya! Lagipula, tak ada yang lebih romantis daripada berpegangan tangan sepanjang jalan dengan pasangan tercinta, bukan?

2. Memeluknya tanpa alasan

7 Sentuhan Fisik Pengganti Ungkapan I Love YouFreepik.com

Tak hanya dapat menambahkan kehangatan dan rasa nyaman, berpelukan juga dapat mempererat rasa saling percaya dalam sebuah hubungan, lho. Jadi, jangan ragu untuk melakukannya lebih sering bersama pasangan. Namun, jika bingung harus memulainya dari mana, coba beri si dia pelukan setelah pulang berkencan atau secara tiba-tiba memintanya saat menonton film bersama, ya. Dijamin, ini akan membuatnya berbunga-bunga setengah mati!

3. Mencium kening setelah selesai berkencan

7 Sentuhan Fisik Pengganti Ungkapan I Love Youhttps://www.pexels.com/id-id/@vlada-karpovich

Selain itu, sentuhan fisik yang amat bermakna dalam adalah ciuman di kening. Bagaimana tidak? Banyak orang percaya bahwa ciuman di kening adalah cerminan dari sikap peduli dan melindungi. Sehingga, gestur semacam ini hanya akan dilakukan oleh seseorang yang benar-benar mencintai pasangannya dengan tulus. So, pastikan kamu melakukannya apabila memang serius dan menyayanginya sepenuh hati, ya.

4. Memijat lembut punggung pasangan

7 Sentuhan Fisik Pengganti Ungkapan I Love Youfreepik.com/ dragonimages

Sentuhan fisik lainnya yang wajib kamu coba guna bangkitkan gelora cinta adalah memijat lembut punggung pasangan. Ya, pijatan lembut dapat membuat pasangan lebih rileks dan jauh dari stres. Apalagi, jika pasangan kamu adalah sosok yang amat pekerja keras! Tentu saja, ini akan amat berarti dan membuatnya merasa dimengerti, Bela.

5. Bermain-main dengan rambutnya

7 Sentuhan Fisik Pengganti Ungkapan I Love Youhttps://www.pexels.com/id-id/@pavel-danilyuk

Bermain-main dengan rambut pasangan merupakan cara yang bagus untuk menyentuhnya di penghujung hari yang panjang nan melelahkan. Salah satu cara untuk menerapkannya adalah dengan meminta si dia meletakkan kepala di pangkuanmu. Setelahnya, raih dan sisir rambutnya secara perlahan menggunakan jari. Meski mungkin dapat mengacaukan tatanan atau gaya rambut pasangan, gerakan sederhana ini sangatlah ampuh untuk memanjakannya, lho.

6. Menari bersama

7 Sentuhan Fisik Pengganti Ungkapan I Love Youhttps://www.pexels.com/id-id/@budgeron-bach

Tidak masalah jika kamu dan pasangan sama-sama tak bisa menari. Yang terpenting kalian melakukannya bersama-sama. Ketahuilah, memeluk si dia erat dan bergerak bersama adalah aktivitas intim yang mampu mempererat jalinan cinta dalam sebuah hubungan. Oleh karena itu, nyalakan musik, abaikan sekeliling, dan menarilah sesuka hati! Setelah lagu berakhir, kamu dapat menariknya untuk berciuman. Romantis dan menyenangkan di saat yang bersamaan, 'kan?

7. Letakkan tanganmu di atas kakinya

7 Sentuhan Fisik Pengganti Ungkapan I Love YouPexels.com/Vlada Karpovich

Last but not least, coba letakkan tangan kamu di atas kakinya ketika tengah duduk bersebelahan, ya. Menurut kebanyakan orang, sentuhan fisik seperti ini cukup efektif untuk meningkatkan keintiman dalam sebuah hubungan. Tetapi, jika kamu dan pasangan sudah lama tak saling menyentuh dengan cara seperti ini, mungkin kamu dapat memulainya dengan menyentuh lututnya.

Demikianlah tujuh sentuhan terbaik yang dapat kamu terapkan sebagai pengganti ungkapan "I love you". Meski sekilas tampak sepele, sentuhan fisik sederhana sebenarnya berdampak besar dalam memberikan perasaan nyaman, dukungan, dan rasa cinta!

Baca Juga: 4 Zodiak yang Bicara Cinta Lewat Sentuhan Kasih

Baca Juga: 20 Panggilan Sayang dalam Bahasa Jepang Terlengkap

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 5 Cara Menerapkan Love Language dalam Hubungan