Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Elegan Hadapi Pacar yang Ketahuan Main Dating Apps

Jangan dibiarkan!

Astri Amalia

Nggak bisa dipungkiri bahwa era kencan modern memang terasa rumit dan membingungkan. Setelah banyak jomblo yang ramai jadi korban ghosting, breadcrumbing, hingga orbiting lewat dating apps, kini beberapa orang yang sudah resmi berkencan dihadapkan dengan pasangannya yang ketahuan menggunakan aplikasi kencan.

Biasanya hal tersebut terjadi ketika seseorang merasa bosan dan nggak puas dalam hubungannya, sulit atau bahkan takut untuk berkomitmen, mencari validasi, hingga memiliki perasaan insecure, sehingga menimbulkan keinginan untuk terus-menerus mencari perhatian lewat dating apps.

Nah, apabila kamu memergoki pacarmu masih swipe kanan kiri, Popbela punya 7 cara jitu hadapi pacar yang menggunakan dating apps, dikutip dari laman Love Panky. Langsung saja kita simak bersama artikel selengkapnya berikut ini, yuk!

1. Tenangkan diri

unsplash.com/Ben White

Mengetahui pacarmu yang masih saja menggunakan aplikasi kencan bisa membuatmu merasakan emosi yang beragam. Mulai dari sedih, marah, bingung, hingga kecewa. Wajar, karena ini bukanlah sesuatu yang bisa diterima dengan mudah.

Kamu bisa luapkan perasaanmu dengan menangis, berteriak di bantal, atau menulis di jurnal. Setelahnya, cobalah untuk menarik napas panjang dan keluarkan perlahan. Hindari media sosial sementara waktu dan istirahatlah terlebih dahulu, hingga kamu merasa lebih tenang.

2. Konfrontasi dia secara langsung

pexels.com/Budgeron Bach

Cara yang kedua adalah dengan mengonfrontasinya secara langsung. Hal ini bisa kamu lakukan jika kamu sudah berada dalam keadaan yang cukup tenang.

Tanyakan padanya alasan masih menggunakan aplikasi kencan. Besar kemungkinan dia akan mengelak terlebih dahulu. Jika hal ini terjadi, tetap ungkapkan saja apa yang kamu rasakan atas apa yang dia lakukan.

Kalau dia berusaha menyalahkanmu, pahami bahwa apa yang dia lakukan adalah atas dasar pilihannya sendiri. Ingatlah bahwa sikapnya tetap nggak bisa dibenarkan, dan apa yang kamu rasakan tetaplah valid.

3. Hindari untuk melakukan balas dendam

pexels.com/Keira Burton

Kalau kamu merasa tersulut emosi atas sikapnya, mungkin saja kamu tertarik untuk melakukan balas dendam dengan melakukan hal yang sama dengannya. Tetapi ini bukanlah cara yang cerdas untuk menghadapinya.

Jangan membuat keputusan apa pun saat kamu merasa sedang sangat emosional. Lebih baik ambil langkah mundur dan pahami terlebih dulu apa yang terjadi. Sebab, membalaskan dendam padanya nggak akan membuatmu merasa lebih baik.

4. Fokuslah pada dirimu sendiri

freepik.com/cookie_studio

Mengetahui pacarmu mengunduh aplikasi kencan dan mencari perhatian perempuan lain bisa sangat membuatmu frustrasi. Maka dari itu, cobalah untuk menjaga dirimu dengan baik serta validasi perasaanmu.

Berikan jeda untuk tidak berkomunikasi dengannya sementara waktu untuk menenangkan diri, memikirkan segala sesuatunya secara rasional, dan yang paling penting, sembuhkan dirimu sendiri.

5. Temukan alasan dia menggunakan dating apps

Pexels/ cottonbro

Cara satu ini mungkin cukup membuatmu rentan, tapi akan sangat membebaskanmu ketika mengetahui alasan sebenarnya mengapa dia menggunakan aplikasi kencan. Coba tanyakan mengapa dia merasa perlu menggunakannya? Apakah dia tidak benar-benar tertarik untuk bersamamu? Atau apakah dia ingin berpisah denganmu?

Mendengar jawabannya bisa saja membuatmu sedih atau kecewa. Tetapi dengan mengambil langkah berani ini, dapat membantumu memahami masalah dalam hubungan, mencegahnya terjadi lagi di masa depan, hingga menentukan pilihan apakah hubunganmu pantas untuk dipertahankan atau tidak.

6. Minta bantuan dari orang-orang terdekat

Pexels.com/RDNE Stock project

Berbicara dengan orang-orang terdekat, seperti teman atau keluarga, dapat membantumu untuk memecahkan permasalahan ini. Sebab, mereka paling tahu tentang dirimu dan apa yang sebenarnya kamu perlukan dalam hubungan romantis. Selain bisa mendapatkan solusi, kamu juga nggak merasa sendirian dalam menghadapi hal ini.

7. Pasang batasan yang jelas dalam hubungan

Freepik.com/Freepik

Cara elegan hadapi pacar yang menggunakan dating apps terakhir adalah menetapkan batasan yang jelas. Diskusikanlah hal apa saja yang bisa diterima dan apa yang tidak dalam hubunganmu dengannya.

Ini bukan hanya sebatas tentang penggunaan aplikasi kencan, tetapi tentang menghormati kebutuhan dan harapan satu sama lain di dalam hubungan secara keseluruhan.

Namun, kalau kamu merasa sikapnya nggak bisa ditolerir karena dirasa telah merusak kepercayaanmu, kamu bisa putuskan hubungan dengannya. Yakinlah bahwa di luar sana masih ada laki-laki yang niat berkomitmen dan nggak akan menggunakan aplikasi kencan saat sudah bersamamu.

Jadi itulah 7 cara jitu hadapi pacar yang menggunakan dating apps. Semoga artikel kali ini bermanfaat untukmu, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Dating