Tanpa terasa sudah satu minggu pelonggaran PSBB diberlakukan. Itu artinya warga Indonesia, salah satunya Jakarta, sudah mulai memasuki masa transisi new normal. Bukan hanya gedung perkantoran dan pasar yang mulai dibuka secara bertahap, tempat wisata pun kini mulai berbenah dan mempersiapkan diri untuk menyambut new normal.

Meskipun masih sangat riskan untuk melakukan kegiatan di lokasi umum karena menghindari kerumunan banyak orang, namun pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap membuka kembali lokasi wisata. Pembukaan lokasi wisata ini tetap harus mengikuti protokol kesehatan. Mulai dari menjaga jarak, menggunakan masker, dan membatasi jumlah pengunjung agar tidak terjadi kerumunan.

Lantas, lokasi wisata di DKI Jakarta mana saja yang akan dibuka kembali dan kapan lokasi tersebut akan mulai beroperasi? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Ragunan - 20 Juni 2020

Sambut New Normal, Ini Jadwal Buka Lokasi Wisata di DKI JakartaInstagram.com/ragunanzoo

Taman Margasatwa Ragunan akan kembali dibuka untuk umum pada tanggal 20 Juni 2020 mendatang. Kebun binatang ini akan buka pada hari Selasa-Minggu pukul 08.00-13.00 WIB. Untuk kamu yang ingin datang, diwajibkan untuk melakukan reservasi maksimal H-1 kunjungan di situs resmi Ragunan.

2. Dufan - 20 Juni 2020

Sambut New Normal, Ini Jadwal Buka Lokasi Wisata di DKI JakartaInstagram.com/ancoltamanimpian

Dunia Fantasi atau Dufan juga akan buka pada tanggal 20 Juni 2020. Lokasi wisata ini nantinya hanya akan menerima 50% pengunjung lebih sedikit dibandingkan biasanya untuk mengurangi kerumunan. Selain itu, akan ada beberapa wahana yang tidak beroperasi selama masa transisi ini.

Jika ingin berkunjung, kamu wajib membeli tiket secara online dulu, ya. Kamu yang datang tanpa membawa bukti pembelian tiket online atau reservasi tidak diperkenankan masuk. Aturan ini juga berlaku bagi kamu yang ingin berkunjung ke kawasan Taman Impian Jaya Ancol lainnya.

3. Taman Mini Indonesia Indah - 20 Juni 2020

Pada tanggal 20 Juni 2020, Taman Mini Indonesia Indah kembali akan dibuka untuk umum. Sebelum TMII ini dibuka, secara berkala telah dilakukan penyemprotan desinfektan ke 34 unit anjungan daerah, 20 unit museum, 15 unit taman, 7 unit rumah ibadah, dan 6 gedung pertemuan yang ada di kompleks TMII. Sama seperti lokasi lainnya, kamu wajib reservasi tiket terlebih dulu sebelum datang, ya.

4. Museum di bawah Dinas Kebudayaan DKI Jakarta - 8 Juni 2020

Sambut New Normal, Ini Jadwal Buka Lokasi Wisata di DKI JakartaInstagram.com/upkpbb_setubabakan

Kalau museum di DKI Jakarta, sudah dibuka mulai tanggal 8 Juni 2020. Sebanyak 11 lokasi wisata di bawah Dinas Kebudayaan DKI Jakarta sudah bisa kamu kunjungi tapi dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

5. Gelora Bung Karno - 5 Juni 2020

Sambut New Normal, Ini Jadwal Buka Lokasi Wisata di DKI JakartaInstagram.com/love_gbk

Olahraga di Gelora Bung Karno juga sudah bisa dilakukan, nih Bela. Asalkan tetap jaga jarak dan nggak berkerumun, ya. Gelora Bung Karno sudah mulai buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB sejak 5 Juni 2020.

6. Mal - 8 Juni 2020

Sambut New Normal, Ini Jadwal Buka Lokasi Wisata di DKI Jakartapanduanwisata.id

Berbagai mal juga sudah mulai buka sejak 8 Juni 2020 dan sebagian lainnya menyusul di tanggal 15 Juni 2020. Namun, jika tak ada kepentingan mendesak, lebih baik jangan memaksakan diri untuk datang ke mall, ya. Meski buka seperti biasa, jumlah pengunjung dibatasi hingga 50% dan tak ada layanan makan di tempat atau dine-in untuk restoran di dalamnya.

Meskipun tempat umum sudah mulai kembali dibuka, akan lebih baik jika kita tetap membatasi diri untuk berkegiatan di luar rumah. Sebab, virus corona masih belum bisa ditekan dan risiko penularan juga masih cukup tinggi. Selalu jaga kesehatan dan kebersihan ya, Bela! 

Baca Juga: PSBB Tahap 2 di Jakarta Selesai, 64 Mal Siap Buka Kembali Minggu Ini

Baca Juga: Segera Buka Kembali, Ini yang Harus Dilakukan Salon di Tengah Pandemi

Baca Juga: 8 Aturan Ketat Saat Gelar Resepsi Pernikahan di Era New Normal