Pink beach atau pantai pink yang berada di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, merupakan salah satu surga wisata di Indonesia. Dengan pasir yang berwarna pink dan birunya air laut, banyak wisatawan yang datang dari domestik maupun mancanegara. 

Warna pink pada pasirnya sendiri berasal dari butir-butir asli warna putih pasir, bercampur dengan terumbu karang berwarna merah yang sudah mati. bernama homotrema rubrum. 

Wah, menarik sekali, ya. Untuk dapat datang ke tempat ini, inilah beberapa detail lokasi, rute, aktivitas dan biaya yang dibutuhkan untuk wisata ke pink beach, Labuan Bajo.

1. Lokasi

Romantis! Ini Rute, Harga dan Aktivitas di Pink Beach, Labuan Bajoinstagram.com/ folkindonesia

Pink beach merupakan salah satu pulau yang berada di Pulau Komodo, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur. Untuk datang kemari kamu harus menempuh perjalanan darat dan laut karena letaknya yang ada di Pulau Komodo. Pantai ini berjarak 82 kilometer dari Kota Mataram.

Nggak usah khawatir Bela, pemandangan yang akan kamu dapati akan sebanding dengan perjalanan yang kamu tempuh.

Di sinilah saatnya kamu mulai browsing dan memilih kapal yang memiliki kredibilitas baik, untuk berlayar di sekitar Labuan Bajo. Mulai dari pulau Rinca, pulau Komodo, hingga pink beach. Kamu juga bisa menyesuaikan budget kamu, apakah ingin kunjungan pulang pergi, atau menginap di kapal, sesuai jumlah hari yang kamu inginkan.

2. Rute

Romantis! Ini Rute, Harga dan Aktivitas di Pink Beach, Labuan Bajoinstagram.com/ paramatours

Nah, untuk sampai ke Pink beach, Labuan Bajo, kamu harus menaiki pesawat menuju Bandar Udara Internasional Komodo. Kmau bisa menginap semalam dahulu di Labuan Bajo, untuk berangakt dengan kapal keesokan paginya, atau pilih rute pesawat subuh, untuk langsung berlayar ketika tiba di Labuan Bajo. 

Dari Labuan Bajo, kamu akan berlayar dari Dermaga Loh Liang, Pulau Komodo.

Dari Dermaga Loh Liang, biasanya paket wisata kamu sudah termasuk kunjungan ke beberapa lokasi, termasuk pink beach. Ke Pink beach sendiri bisa ditempuh 30 menit menggunakan kapal atau 4 jam trekking melalui tebing karang dan hutan bakau. Mungkin akan lebih lama, akan tetapi panorama yang bisa kamu nikmati lebih indah.

3. Harga

Romantis! Ini Rute, Harga dan Aktivitas di Pink Beach, Labuan Bajoinstagram.com/ folkindonesia

Untuk harga menuju ke Pantai Pink sangat beragam, kamu bisa naik private boat seharga Rp 800 ribu - Rp 900 ribu satu kapal pulang-pergi, ataupun public boat seharga Rp30 ribu – Rp 40 ribu/ orang untuk sekali jalan.

Sedangkan untuk tiket masuknya, hanya Rp10 ribu untuk wisatawan lokal dan Rp50 ribu untuk wisatawan mancanegara.

4. Aktivitas

Romantis! Ini Rute, Harga dan Aktivitas di Pink Beach, Labuan Bajoinstagram.com/ quinn.luu

Selain bermain-main di Pink beach, Labuan Bajo, aktivitas favorit lainnya adalah melakukan snorkeling dan diving. Berbagai jenis terumbu karang dan ragam ikan yang indah, bisa kamu nikmati di taman bawah lautnya.

Jika kamu ingin mengelilingi pulau-pulau kecil, terdapat nelayan yang menawarkan mengelilinginya. Jangan lupa abadikan sebanyak-banyaknya, ya, Bela!

5. Kehidupan di Pink beach

Romantis! Ini Rute, Harga dan Aktivitas di Pink Beach, Labuan Bajoinstagram.com/ folkindonesia

Nggak ada pemukiman warga di pulau ini. Oleh karena itu kamu bisa mengunjunginya dari pagi hingga sore saja, menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku dan kondisi alam.

6. Tips saat mengunjungi Pink beach

Romantis! Ini Rute, Harga dan Aktivitas di Pink Beach, Labuan Bajoinstagram.com/ olivialazuardy
  • Pastikan kamu dalam keadaan prima mengingat perjalanan yang jauh.
  • Jika kamu tidak memiliki alat snorkeling, pihak kapal sudah mennyiapkan alat-alatnya. Namun, memang lebih aman dan higienis punya sendiri, kan, Bela?
  • Datang sebelum siang hari atau setelah makan siang, saat matahari tidak terlalu terik.
  • Sediakan perbekalan makanan dan minuman. Jangan lupa, bawa sampahnya kembali, ya. Jangan ditinggal!

Itulah beberapa detail lokasi, rute, aktivitas dan biaya yang dibutuhkan untuk wisata ke pink beach, Labuan Bajo beserta tips ketika mengunjunginya. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: 15 Potret Seleb Saat di Labuan Bajo

Baca Juga: Ini Rute, Harga Tiket dan Hotel, Wisata Nusa Lembongan

Baca Juga: Sedang Viral, Ini 7 Destinasi Wisata Alam Tercantik di Dieng