Labuan Bajo adalah kota yang terletak di gugusan timur Indonesia, tepatnya di kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, provinsi Nusa Tenggara Timur. Memiliki pesona panorama alam yang indah, di tempat ini kamu masih melihat dengan jarak dekat hewan-hewan liar, seperti komodo, kuda, kerbau, rusa, babi hutan, ular, monyet, dan berbagai jenis burung.

Bukan hanya hamparan daratannya saja yang mampu memberikan pengalaman berwisata terbaik, kamu tidak boleh ketinggalan dengan keindahan pantai, serta kehidupan biota laut yang tersembunyi di balik gugusan pulau-pulau di sana. Melansir dari Nusapedia, kamu dapat menemukan 385 jenis karang yang indah, hutan bakau, dan rumput laut sebagai rumah bagi ribuan jenis ikan, 70 jenis bunga karang, 10 jenis lumba-lumba, 6 jenis paus, penyu hijau dan berbagai jenis hiu dan ikan pari. Sangat kaya, ya, Bela.

Ketika suatu saat kamu mempunyai keberuntungan untuk bisa menginjakan kaki di rumah kadal prasejarah terbesar ini kamu nggak boleh ketinggalan mengabadikan momen di sana dengan berfoto, ya Bela. Kali ini, Popbela akan membantumu memberikan rekomendasi spot-spot foto terbaik di Labuan Bajo. Keep scrolling, Bela.

1. Pulau Padar

latar belakang tatanan pulau dan pantai-pantai yang menakjubkan. Wajib untuk kamu kunjungi dan abadikan momen di tempat yang dijuluki surganya fotografi ini. Pulau Padar adalah salah satu dataran terbesar ketiga di Taman Nasional Komodo, letaknya di antara Pulau Komodo dan Pulau Rinca. 

Catat! 6 Rekomendasi Spot Foto Terbaik di Labuan Bajoinstagram.com/ maiaestiantyreal

Untuk mendapatkan spot foto terbaik, kamu memang harus mendaki ke atas puncak. Namun, itu semua akan terbayarkan ketika kamu sudah sampai di atas. Pemandangan indah akan jadi hadiahmu nanti. Bagaimana tidak, tempat yang wajib masuk ke dalam list perjalan ke Labuan Bajo ini memang dikelilingi tiga teluk dan ajaibnya setiap pantai di teluk tersebut memiliki warna pasir yang berbeda-beda, lho Bela.

2. Puncak Pulau Gili Laba

Spot selanjutnya adalah di Puncak Pulau Gili Laba. Pulau ini adalah salah satu pulau tak berpenghuni yang letaknya kurang lebih satu jam dari Pulau Komodo. 

Catat! 6 Rekomendasi Spot Foto Terbaik di Labuan Bajoyuktravel.com

Pulau ini menawarkan pemandangan Laut Flores yang unik dengan air yang jernih dengan kombinasi warna biru dan hijau, lengkap dengan putih dan bersihnya pasir pantai dilengkapi semilir angin laut dan kicau burung yang berterbangan. Kabarnya, di pulau ini kamu tidak akan menemukan komodo

Jika kamu ingin menangkap momen spektakuler, kamu memang harus menyiapkan fisik yang kuat karena untuk mencapai puncak dengan kemiringan hingga 70 derajat. Diperlukan waktu 30-40 menit untuk sampai di puncak. Kamu perlu berhati-hati jika ingin mendaki, disarankan tidak berlama-lama di atas puncak karena kondisi angin yang cukup kencang dan berbahaya.

Apabila kamu belum bisa merasakan berfoto di atas puncak, ada pilihan aktivitas lain seperti berfoto di perahu layar.

3. Pulau Kanawa

Catat! 6 Rekomendasi Spot Foto Terbaik di Labuan Bajopegipegi.com

Bosan bermain di dataran, kali ini kita melipir ke Pulau Kanawa yang letaknya sekitar 15 kilometer dari Labuan Bajo. Kanawa adalah pulau tropis yang luasnya sekitar 32 hektar, pulau ini dikelilingi oleh warna-warninya terumbu karang alami yang ada di dalam air jernih dengan pantulan berwarna biru. Selain foto bawah laut dengan ditemani ikan-ikan kecil dan terumbu karang berwarna-warni, spot foto yang paling sering dimanfaatkan adalah jembatan kayunya, Bela.

4. Pink Beach

Catat! 6 Rekomendasi Spot Foto Terbaik di Labuan Bajoinstagram.com/iverp

Di tengah air yang tenang, hamparan rindang pepohonan di sekelilingnya, lengkap dengan jernihnya air yang menyapu pasir pantai berwarna merah muda. Yap, Pink Beach jangan sampai terlewatkan dari daftar tempat foto terbaikmu. Merupakan bagian dari tujuh pantai merah muda di planet ini, Pantai Merah Muda di Pulau Komodo menyajikan latar berfoto yang instagrammable untukmu. Berfoto di pantai ini adalah sebuah keharusan, ya, Bela. 

5. Manta Point

Catat! 6 Rekomendasi Spot Foto Terbaik di Labuan Bajoinstagram.com/charlotte_bories

Beralih dari pulau dan pantai, kali ini kita akan eksplorasi dunia bawah laut yang nggak kalah spektakuler. Sebut saja Manta Point, surganya pemburu foto bawah laut. Manta Point (sering disebut Karang Makassar oleh penduduk setempat), adalah tempat populer di kalangan penggemar menyelam dan snorkeling, menjadi tempat di mana mereka dapat bertemu dengan Pari Manta raksasa.

Selain itu, kalau kamu beruntung kamu juga bisa merasakan sensasi berenang bersama dengan hiu dan penyu, lho. Jangan lupakan terumbu karang yang indah di dalamnya, serta burung elang yang terbang dengan bebas di atasnya.

6. Pulau Kelor

Hilangkan sejenak hiruk pikuk, sepertinya tempat ini cocok untukmu. Pulau Kelor, menjadi tempat paling tepat untuk kamu menemukan kedamaian. Pulau ini tidak berpenghuni, dengan pulau yang relatif kecil memudahkan kamu untuk mengeksplorasi setiap sudut pulau ini.

Catat! 6 Rekomendasi Spot Foto Terbaik di Labuan Bajojonnymelon.com

Tidak banyak aktivitas yang dilakukan di pulau ini karena minimnya fasilitas dan akomodasi, sehingga pulau ini sangat cocok untukmu bersantai sambil berjalan kaki menikmati hamparan pasir bersih, deburan ombak yang tenang, dan keadaan alam yang masih alami. Merileksasi pikiran dan rehat dari penatnya aktivitas sehari-hari. Tentunya jangan lupa untuk mengabadikan momen indahmu di pulau yang satu ini, ya.

Wah, seru dan sangat indah ya tempat-tempat di atas. Dari 6 spot foto di atas mana yang paling membuatmu berkesan?

Baca Juga: Bebas Karantina, Korea Selatan Siap Gaet Wisatawan Lagi!

Baca Juga: 10 Tempat Terindah untuk Melihat Bunga Edelweiss di Indonesia

Baca Juga: Romantis! Ini Rute, Harga dan Aktivitas di Pink Beach, Labuan Bajo