Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Menara Tertinggi di Dunia, Saingan Sama Harapan Keluarga!

Pernah mengunjungi salah satunya secara langsung?

Zikra Mulia Irawati

Apakah kamu tahu apa nama menara tertinggi di dunia, Bela? Kalau belum, pilihan tepat karena kamu membaca artikel ini. Di bawah, Popbela akan membahas apa saja menara tertinggi di dunia berikut lokasi dan fasilitasnya.

Kira-kira, menara tertinggi di dunia mana yang akan menarik untuk dikunjungi, ya? simak dahulu informasinya di bawah ini, yuk!

1. Tokyo Skytree - 634 meter

wikipedia.org

Maret 2011, Tokyo Skytree resmi menjadi menara tertinggi di dunia. Bangunan yang terletak di kawasan Sumida, Tokyo ini memiliki ketinggian total 634 meter. Fungsi utama menara ini adalah menjadi situs penyiaran televisi dan radio utama bagi wilayah Kantō, yang mencakup kota Tokyo dan Saitama.

Tokyo Skytree menggabungkan gaya desain neo-futuristik dan keindahan Jepang serta dibuat tahan gempa. Warna resmi bangunan ini disebut Skytree White yang mengambil dasar dari aijiro (藍白), warna biru keputihan tradisional Jepang. Saat malam tiba, ada dua mode warna penerangan, yaitu biru Iki dan ungu Miyabi.

Ingin mencoba berkunjung? Beruntung, menara ini punya dua area yang bisa dikunjungi publik. Ada dua area observatorium di ketinggian 350 meter dan 450 meter, dengan kapasitas masing-masing 2.000 orang dan 900 orang.

2. Canton Tower - 604 meter

wikipedia.org

Canton Tower pertama kali dibuka pada November 2010 untuk pelaksanaan Asian Games Guangzhou 2010. Padahal, waktu itu menara setinggi 604 meter ini belum sepenuhnya rampung. Pembukaan resminya sendiri baru dilakukan pada Desember 2011.

Bagaimanapun, Canton Tower kini menyabet titel menara tertinggi kedua di dunia dan bangunan dengan struktur tertinggi di Tiongkok. Struktur hyperboloid-nya yang unik ini merupakan hasil kolaborasi desain dari Information Based Architecture (IBA) dan Arup.

Beberapa fasilitas menarik yang disediakan oleh Canton Tower, antara lain dek observatorium, restoran berputar, komputer gaming, ruang pameran, ruang konferensi, toko, bioskop 4D, hingga fasilitas transmisi radio dan televisi. Kalau kapan-kapan kamu berlibur ke Guangzhou, jangan lupa berkunjung ke sini, ya!

3. CN Tower - 553,3 meter

wikipedia.org

Sebelum ada Burj Khalifa, CN Tower menyandang gelar bangunan tertinggi di dunia selama 32 tahun (1975–2007). American Society of Civil Engineers bahkan menobatkannya sebagai salah satu tujuh keajaiban modern pada 1995. Namun, bangunan ini sekarang harus puas menjadi menara tertinggi ketiga di dunia.

Menara yang berdiri di Toronto, Kanada ini memiliki enam elevator kaca yang diletakkan di tiga sudut berbeda. Ada 3 area ketinggian yang bisa dikunjungi masyarakat:

  1. 342 meter: terdapat lantai kaca dan teras observatorium outdoor
  2. 346 meter: terdapat Indoor Lookout Level
  3. 446,5 meter: terdapat SkyPod

Jika ingin merasakan sensasi makan di ketinggian, ada 2 tempat makan yang wajib kamu coba. Pertama, The Horizons Cafe di ketinggian 346 meter. Kedua, 360 Restaurant di ketinggian 351 meter yang akan berputar secara penuh selama 72 menit.

4. Ostankino Tower - 540,1 meter

wikipedia.org

Hanya selisih 13 meter, rekor bangunan tertinggi di dunia milik Ostankino Tower berpindah ke CN Tower pada 1975. Padahal, ini merupakan bangunan pertama yang dibangun dengan ketinggian lebih dari 500 meter. Menara tertinggi keempat di dunia yang dibangun untuk memperingati peristiwa Revolusi Oktober ini mulai dibangun pada 1963 dan rampung pada 1967.

Pada Agustus 2000, sebuah kebakaran pernah terjadi di ketinggian 458 meter. Terdapat 3 korban jiwa dalam insiden ini. Musibah serupa pernah terjadi lagi pada 25 Mei 2007, meski tak separah yang pertama. Meskipun demikian, Ostankino Tower punya fasilitas observatorium dan restoran berputar bernama Seventh Heaven Restaurant. Di menara ini juga, pernah diadakan sebuah pertandingan memanjat menara yang diikuti atlet dari 12 negara pada 21 Juli 2018 lalu.

5. Oriental Pearl Centre - 468 meter

wikipedia.org

Selain jadi pusat siaran radio dan televisi di Shanghai, Tiongkok, Oriental Pearl Centre juga memiliki fasilitas hotel 20 kamar yang dinamai Space Hotel. Letaknya sendiri berada di antara kedua ornamen bola raksasa. 

Selain itu, menara tertinggi di dunia nomor lima ini punya fasilitas observatorium lima belas tingkat. Titik tertingginya bernama Space Module, tepatnya di ketinggian 351 meter. Sementara tingkat yang berada di lebih bawah adalah Sightseeing Floor (263 meter) dan Space City (90 meter). Pengalaman menarik lain yang bisa dicoba adalah mengunjungi restoran berputar, pusat belanja mini, hingga ruang pameran.

6. Milad Tower - 435 meter

toursofiran.com

Di Iran, terdapat menara tertinggi keenam di dunia bernama Milad Tower. Berdiri menjulang setinggi 435 meter ini memiliki lima bagian utama, yang termasuk pondasi, struktur transisi (lobi), bagian tugu, struktur kepala, dan tiang antena. 

Sebagai bangunan tertinggi di Iran, Milad Tower turut dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang bisa dijadikan objek wisata sekaligus. Area yang bisa dikunjungi antar lain area perdagangan, food court (pujasera), kafetaria, pameran produk komersial, galeri seni, restoran berputar, observatorium terbuka, dan kubah langit. Bagian dasar menara ini berbentuk segi delapan sebagai representasi arsitektur tradisional Iran.

7. Kuala Lumpur Tower - 421 meter

wikipedia.org

Di peringkat dunia, Kuala Lumpur Tower berada di posisi ketujuh. Namun, menara setinggi 421 meter ini merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara. Dari sini, si kembar Petronas Tower dapat terlihat lebih dekat.

Saat hari penting umat Islam tiba, Kuala Lumpur Tower digunakan sebagai tempat pengamatan hilal. Namun, wisatawan juga bisa datang untuk mengunjungi observatorium dan restoran berputarnya, lho. Selain bisa menikmati pemandangan 360 derajat Kuala Lumpur, pengunjung juga akan merasakan pengalaman elevator yang kurang dari satu menit untuk mencapai area observatorium.

8. Tianjin Radio and Television Tower - 415,2 meter

wikipedia.org

Tianjin Radio and Television Tower merupakan menara tertinggi kedelapan di dunia. Oleh warga lokal, bangunan setinggi 415,2 meter ini disebut juga dengan nama Sky Tower. Pembangunannya dimulai pada 1991 dan kabarnya merogoh budget US$45 juta.

Meskipun memiliki fungsi utama sebagai pusat telekomunikasi di wilayah Tianjin, Tiongkok, menara ini tetap memiliki daya jual wisata. Dengan berdiri di dek observatorium yang berada di ketinggian 200 meter, indahnya pemandangan kota ini dapat terlihat secara menyeluruh. Tak ketinggalan, menara ini punya restoran berputar juga, lho!

9. Central Radio and TV Tower - 405 meter

wikipedia.org

Menara tinggi milik Tiongkok lainnya berada di kota Beijing. Bernama Central Radio and TV Tower, tingginya tercatat mencapai 405 meter. Sebelum China Zun dibangun, menara ini merupakan bangunan dengan struktur tertinggi di kota ini.

Untuk publik, Central Radio and TV Tower punya empat area yang dapat dikunjungi, yaitu:

  1. Lantai 1: lounge, toilet, lift ke tingkat 216 (tingkat 4 untuk tamu), dan tangga ke tingkat 2
  2. Lantai 2: sejarah orang-orang yang sangat terkenal di Tiongkok, lift ke tingkat 186 (tingkat 3 untuk tamu), dan lift ke tingkat 216 (tingkat 4 untuk tamu)
  3. Lantai 3: dapur program CCTV (acara di Tiongkok) dan lift ke tingkat 2 sampai tingkat 216 (tingkat 4 untuk tamu)
  4. Lantai 4: area menikmati pemandangan dan lift ke tingkat 183 (tingkat 3 untuk tamu)

10. Zhong Yuan Tower - 388 meter

wikipedia.org

Posisi kesepuluh menara tertinggi di dunia masih dipegang oleh Tiongkok. Memiliki ketinggian 388 meter, Zhong Yuan Tower berlokasi di kota Zhengzhou, Provinsi Henan. Menara ini dibuat dengan bahan besi sehingga menjadikannya sebagai menara besi tertinggi kedua di dunia, setelah Tokyo Skytree.

Zhong Yuan Tower memiliki fasilitas yang mengintegrasikan layanan telekomunikasi dan pariwisata. Di bagian dinding luar, terdapat relief klasik Tiongkok. Selain itu, lantai tiga dan empat dipakai untuk memajang lukisan panorama terbesar di dunia, "Jinxiu Zhongyuan" (锦绣中原). Jika perut mulai keroncongan, ada restoran berputar di lantai 98. 

Wah, jadi alternatif wisata baru untuk kamu si pencinta ketinggian, nih. Kalau dibandingkan, lebih tinggi deretan menara di atas atau harapan keluarga untuk kamu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel