Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Wisata Ikonik di Kamboja, Tawarkan Ragam Cerita Sejarah

Pilihan destinasi wisata seru di Kamboja

Nindi Widya Wati

Kamboja tak disangka menjadi negara yang memiliki beberapa tempat wisata ikonik hingga cukup menarik minat wisatawan. Keberadaan wisata tersebut, kiranya tak jauh dari adanya peninggalan tempat bersejarah ataupun panorama alamnya. 

Mengenai tempat bersejarah di Kamboja mempunyai magnet tersendiri, mengingat negara ini merupakan penerus Kekaisaran Khmer, yang pernah menguasai seluruh Semenanjung Indochina antara abad ke-11 dan 14. Negara yang memiliki luas 181.035 km2 ini pun, memiliki geografis cukup unik berupa dataran lacustrine yang terbentuk akibat banjir di Tonle Sap. 

Lantas, mana saja tempat yang menjadi wisata ikonik di Kamboja? Informasi lengkapnya, simak dalam artikel berikut ini, Bela.

1. Angkor Wat

Dok. Istimewa

Inilah destinasi wisata ikonik berupa Angkor Wat atau Taman Arkeologi Angkor, tempat ini dibangun pada awal abad ke-12 (1113-1149M) oleh Suryavarman II. Akan sejarah tersebut, membuat Angkor Wat menjadi kota terbesar di dunia selama abad pertengahan, serta pusat kekuasaan besar raja-raja Khmer.

Di sisi lain, ada Kuil Angkor Wat yang diperkirakan sebagai bangunan keagamaan terbesar di dunia. Bahkan, Angkor Wat juga ditetapkan dalam situs warisan dunia UNESCO. Keberadaan Kuil Ta Prohm cukup menarik perhatian, bahkan pernah populer karena menjadi salah satu lokasi syuting di film Tomb Raider.

2. Koh Rong Samloem

Dok. Istimewa

Saat ingin melepas penat dengan menikmati keindahan pantai di Kamboja, maka mengunjungi Koh Rong Samloem bisa jadi wisata yang tepat. Pantai ini terlihat masih asri dan makin membuat betah karena hamparan pasir putihnya.

Saat pagi atau siang hari di Koh Rong Samloem, kamu dapat menjajal keseruan bermain scuba diving. Sedangkan, ketika sore menjelang malam bisa menikmati keindahan sunset.

3. Phnom Penh

Dok. Istimewa

Kalau membahas ibu kota Phnom Penh, maka juga wilayah yang memiliki wisata ikonik di Kamboja. Biasanya, para pelancong maupun warga lokal datang ke Phnom Penh karena melihat suasananya yang begitu kosmopolitan.

Kamu bisa mampir ke beberapa kafe hingga restoran dengan menu menarik. Selain itu, di Phnom Penh juga memiliki beberapa tempat kuno dan modern yang cukup bersejarah. 

Cukup seru saat bisa berkunjung ke Museum Nasional, karena pengunjung dapat melihat sejarah bangsa zaman pra-Angkorian sampai keagungan dewa - Raja Angkor fenomenal. Ada pula Istana Kerajaan dengan sentuhan seni tradisional yang indah.

4. Mondulkiri

Dok. Istimewa

Bagi kamu pecinta satwa liar, maka bisa lebih dekat dengan mereka bila berkunjung ke Mondulkiri. Destinasi wisata yang kerap menarik minat wisatawan adalah Elephant Valley Project atau proyek lembah gajah.

Objek wisata tersebut menawarkan pengalaman unik pada pengunjung untuk bisa berjalan dengan gajah cagar alam. Bila masih ingin bertemu dengan satwa liar lainnya, kamu juga bisa ikut tur ke Hutan Lindung Seima, rumah bagi para owa, lutung douc berkaki hitam, hingga melihat burung di alam bebas. 

5. Banteay Chhmar

Dok. Istimewa

Para pelancong juga kerap berkunjung ke Banteay Chhmar yang menjadi salah satu wisata ikonik di Kamboja. Inilah kuil yang bergaya Indiana Jones dan merupakan kompleks candi raksasa di antara hutan sekitar laut barat Kamboja. Banteay Chhmar berlokasi tepat di Distrik Thma Puok. 

6. Istana Kerajaan Kamboja

Dok. Istimewa

Menikmati sejarah dengan berkunjung ke Istana Kerajaan Kamboja, bisa menjadi eduwisata yang seru. Kompleks bangunan istana itu, berfungsi sebagai kediaman resmi Raja Kamboja dan keluarga kerajaan yang berlokasi di Phnom Penh. 

Para raja Kamboja menghuni istana tersebut, sejak dibangun pada 1860-an. Saat berkunjung ke Istana ini, pengunjung dapat masuk dan berkeliling dalam kompleks Pagoda Perak. Lalu, bisa melihat kompleks bangunan pusat yang terdiri Balairung Singgasana dan Bangsal Chan Chhaya. 

Mengenai tempat tinggal raja tidak dibuka atau tertutup untuk umum. Akan tetapi, ada pemandangan di sekitar Istana Kerajaan Phnom Penh yang sangat memanjakan mata, berupa pertemuan Sungai Mekong dan Sungai Tonle Sap.

Demikianlah, enam wisata ikonik di Kamboja yang menawarkan sejarah hingga panorama alam. Mana yang ingin kamu kunjungi Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Travel