Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Tempat Wisata di Dubai, Padukan Budaya & Fasilitas Modern

Rekomendasi liburan usai ibadah umrah di Dubai

Nindi Widya Wati

Dubai memang makin menarik pelancong dengan segala destinasi wisatanya. Apalagi, saat Dubai sekarang kerap menjadi tempat persinggahan bagi orang yang melakukan perjalanan ke berbagai belahan dunia. Saat mengunjungi negara dengan ikon Burj Khalifa ini, menawarkan perpaduan budaya dan fasilitas modern. 

Berbekal dari destinasi tersebut, Dubai pada tahun 2023 tercatat telah menyambut kedatangan 17,5 juta wisatawan internasional, yang merupakan peningkatan sebesar 19,4% dari tahun 2022. Pengunjung dari Asia, termasuk Asia Utara dan Asia Tenggara, turut memberikan kontribusi sebesar 9% dari total kedatangan wisatawan. 

Saat para pelancong punya waktu bersinggah terbatas di Dubai namun ingin tetap menikmati liburan, ternyata ada rekomendasi destinasi wisata yang bisa untuk dikunjungi, lho. Penasaran? Yuk, simak informasinya berikut ini, Bela!

1. Al Fahidi Historical Neighbourhood

Dok. Dubai Maverick

Kalau kamu mungkin hanya memiliki waktu bersinggah 24 jam di Dubai, maka sebagai rekomendasi destinasi wisata pertama ada Al Fahidi Historical Neighbourhood yang menyuguhkan suasana kehidupan Dubai abad ke-19. Kawasan yang terletak di sepanjang muara sungai Dubai ini (Dubai Creek), memamerkan warisan utama dengan infrastruktur yang masih terjaga dan utuh. Lokasinya tidak jauh dari bandara, hanya menempuh waktu sekitar 16 menit naik taksi untuk sampai lokasi.

2. Belajar budaya Emirati di SMCCU

Dok. Dubai Maverick

Sesampainya di Al Fahidi Historical Neighbourhood, pengunjung bakal disambut oleh lebih dari 50 rumah tradisional Emirati. Oleh karena itu, patut pula berkunjung ke Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum Centre for Cultural Understanding (SMCCU), untuk bisa belajar lebih dalam tentang budaya Emirati. 

3. Symposium House dan Events House

Dok. Istimewa

Selain itu, Symposium House dan Events House juga bisa menjadi pilihan untuk melihat kerajinan lokal setempat. Dua destinasi ini, memang sering mengadakan acara kebudayaan dan kegiatan yang berhubungan dengan warisan budaya, seperti pertunjukan oleh para pengrajin lokal.

4. Arabian Tea House

Dok. Istimewa

Jangan lupa untuk mampir ke Arabian Tea House yang terkenal dengan minuman lokalnya, Karak Chai. Minuman tradisional ini memadukan teh pekat dengan susu dan rempah-rempah, cocok untuk kamu penikmat teh. Selain pengalaman kuliner, tempat ini juga memberikan pengalaman autentik tentang budaya ramah-tamah Emirat, yang membuat pengunjung serasa dijamu oleh tuan rumah.

5. Bur Dubai Grand Mosque

Dok. Istimewa

Memasuki tengah hari, sempatkan untuk berkunjung ke Bur Dubai Grand Mosque, masjid terbesar dan ikonik di Dubai. Kamu juga dapat berpartisipasi dalam mosque experience, secara gratis setiap hari Minggu, Selasa, dan Kamis pagi. Kegiatan ini cocok untuk kamu yang ingin memahami kebudayaan Arab dan Islam lebih dalam.

6. Al-Seef

Dok. Dubai Maverick

Selepas menjelajahi Bur Dubai Grand Mosque, selanjutnya coba mampir ke Al-Seef untuk menikmati makan siang. Ditemani pemandangan muara yang unik, kamu dapat merasakan berbagai pilihan restoran yang menyajikan perpaduan lezat antara masakan khas Italia dan Lebanon, seperti Sul Fiume atau hidangan laut tradisional khas Emirat di restoran Al Fanar.

7. Spice Souk

Dok. Dubai Maverick

Jika ingin menikmati waktu di kala petang, maka cobalah menjelajahi rempah-rempah beraroma khas Dubai. Kamu bisa memaksimalkan pengalaman liburan dengan menaiki perahu tradisional Dubai, Abra, untuk menyeberangi muara. 

Hanya dalam lima menit, kamu sudah bisa mengunjungi kawasan Deira Old Souk di seberang. Carilah pelabuhan Al Fahidi Marine Transport Station untuk membeli tiket seharga 2 Dirham (Rp8,000) agar bisa mengunjungi Spice Souk.

Temukan rahasia di balik kekayaan aroma makanan tradisional Dubai dengan menjelajah Spice Souk. Kamu akan dikelilingi oleh rempah-rempah aromatik dalam keranjang besar di berbagai kios. Jika ingin berbelanja, jangan lupa untuk menawar harga dan bertanya tentang resep makanan untuk kreasi makanan kamu di rumah.

8. Al-Ras Metro Station

Dok. Istimewa

Saat malam hari tutup dengan gemerlapnya Dubai di pusat perbelanjaan modern, mulailah perjalanan selama 20 menit menggunakan Dubai Metro, yang akan membawa kamu langsung ke area Burj Khalifa dari Al-Ras Metro Station. Nikmati perjalanan panoramik menuju Burj Khalifa Metro Station dengan satu kali transit yang mudah di Burjuman Metro Station.

Supaya perjalanan terasa nyaman, coba beli kartu pintar non tunai atau kartu Nol langsung di stasiun. Kartu ini cocok untuk penjelajahan seharian, karena dapat digunakan untuk semua transportasi umum kota termasuk bus, trem, dan taksi. Kamu bisa mencari tahu lebih dulu tentang jalur dan stasiun Dubai Metro, atau jelajahi opsi transportasi umum lainnya.

9. Souk Al Bahar

Dok. Dubai Maverick

Saat ingin berbelanja, kamu dapat mengunjungi Souk Al Bahar, pasar tradisional yang menjual berbagai macam kerajinan tangan, fashion, parfum, dan barang antik. Tak jauh dari situ, dapat berjalan kaki singkat menuju Dubai Mall, Dubai Fountain dan bangunan ikonik Burj Khalifa.

10. Time Out Market

Dok. Dubai Maverick

Mendekati waktu makan malam, manjakan lidah Anda di Time Out Market yang terletak di Souk Al Bahar. Time Out Market merupakan pusat kuliner yang menyajikan beragam hidangan dari lokal dan internasional dengan harga terjangkau dari berbagai restoran favorit di Dubai.

11. Burj Khalifa

Dok. Dubai Maverick

Setelah kenyang, ini saat yang tepat untuk menikmati pemandangan indah lampu kota Dubai yang menakjubkan dari ruang observasi Burj Khalifa. Harga tiketnya mulai dari Rp700.000 per orang untuk mengakses lantai 124 dan 125, dan sekitar Rp1,2jt untuk akses termasuk ke lantai 148. Untuk pengalaman yang lebih berkesan, pertimbangkan untuk makan malam mewah di At.mosphere Lounge yang terletak di lantai 122.

Saat waktu kembali sudah tiba, kamu tidak perlu bingung. Karena bisa kembali ke bandara dengan mudah, menggunakan Dubai Metro dari stasiun Burj Khalifa. Ambil jalur merah untuk tiba langsung di Terminal 1 bandara.

Animo tinggi orang Indonesia liburan ke Dubai

Dok. Dubai Maverick

Jika membahas orang Indonesia yang punya animo tinggi untuk bersinggah ke Dubai, ternyata agenda liburan ini kerap dilakukan saat usai menjalankan ibadah umrah. Lewat kunjungan singkat tersebut, biasanya wisatawan memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin untuk menjelajahi kota ini. Terlebih, saat didukung dengan suhu yang nyaman dan langit cerah di Dubai untuk bisa menikmati aktivitas liburan di luar ruangan. 

Dubai International Airport memang sudah menyediakan berbagai fasilitas untuk persinggahan pelancong, termasuk istirahat yang tenang di Sleep 'n Fly. Terdapat pula berbagai kuliner di DXB Food Village, maupun belanja bebas pajak, serta ruang game di lounge. Namun, menjelajah di luar bandara memberikan kesempatan berharga untuk memperkaya perjalanan umrah dengan keseruan kota Dubai.

IDN Media Channels

Latest from Travel