Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Negara Paling Aman di Dunia, Layak Menjadi Destinasi Wisata Wajib

Rasa aman sangat dibutuhkan saat liburan ke negara asing

Mariana Politton

Banyak faktor yang menjadikan suatu negara sebagai destinasi wisata terbaik. Meskipun demikian, tingkat keamanan memegang peran kunci terutama untuk menciptakan momen liburan yang menyenangkan tanpa kehawatiran akan potensi risiko bahaya.

Nah, Institut Ekonomi dan Perdamaian melalui Global Peace Index (GPI) telah merilis daftar negara teraman di dunia untuk tahun 2023 berdasarkan ringkasan tingkat keselamatan dan keamanan masyarakat, tingkat konflik domestik dan internasional, serta militerisasi.

Ingin tahu, kan, negara-negara apa saja yang secara objektif dinilai aman? Kalau begitu, mari kita mulai eksplorasi virtual ke lima negara teraman di bawah ini, semuanya dianggap layak untuk dipertimbangkan sebagai destinasi, baik untuk kelompok maupun solo traveler.

1. Islandia

travelandleisure.com

Menduduki peringkat pertama negara teraman di dunia versi Indeks Global Peace Index (GPI) pada 2023, Islandia memang tercatat memiliki tingkat kejahatan yang rendah. Diketahui kepolisian setempat sampai tidak membawa senjata kala melakukan patroli, lho.

Eits, keamanan bukan satu-satunya nilai unggul bagi Islandia. Yup, negara ini turut menghadirkan keindahan fenomena alam aurora borealis yang dinobatkan sebagai aurora terindah di muka bumi. Ada juga danau glasial terbesar, Danau Es Jokulsarlon, yang spektakuler indah. Pengalaman liburan pun menjadi tak terlupakan.

2. Denmark

travelonatimebudget.co.uk

Menyusul di urutan kedua, Denmark adalah negara paling aman yang berada di dataran Skandinavia. Tingkat keamanan yang terbukti di negara ini berawal dari reputasi dalam tingkat toleransi yang tinggi serta tingkat kejahatan yang sangat rendah.

Tentu, para turis yang mengunjungi negara ini akan turut menikmati pemandangan alam yang memukau. Sebagai saran, kamu sebaiknya menjelajahi Kota Odense yang menjadi kota romantis dan kayak akan budaya lokal. Di sini, ada banyak spot foto yang instagrammable, lho.

3. Irlandia

expedia.ie

Terletak di dataran Britania, negara Irlandia berhasil masuk dalam 3 besar negara paling aman versi GPI dengan menduduki posisi ketiga. Tidak heran, negara ini kerap kali menjadi destinasi wisata para turis secara berkelompok maupun datang sebagai solo traveler.

Umumnya, daya tarik utama negara ini adalah nuansa kota kuno dari abad ke-6 yang dipenuhi dengan kastil tua, gedung bergaya Victoria kuno, dan biara yang sudah ada dari zaman abad pertengahan. Semuanya ini hadir dalam lukisan alam yang memukau.

4. Selandia Baru

tripadvisor.com

Dinobatkan sebagai salah satu negara teraman di dunia versi GPI, Selandia Baru menawarkan keamanan dari tingkat kejahatan yang rendah. Selain itu, para penduduk lokal di tempat ini pun akan cukup ramah dalam menyambut para turis mancanegara.

Sebagai pemanis, Selandia Baru menghadirkan keindahan Danau Pukaki yang memiliki warna biru jernih dan dikelilingi oleh bunga lupin serta berlatar Gunung Cook. Itu berarti ada tiga keindahan alam sekaligus yang membuat momen liburan menjadi spesial dan berbeda.

5. Austria

idntimes.com

Menurut data GPI, Austria adalah salah satu negara yang memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah. Bahkan, kejahatan dalam bentuk kekerasan disebut nyaris tidak terjadi di negara ini sehingga membuat para wisatawan berani dan leluasa untuk berlibur.

Akan tetapi, daya tarik utama dalam liburan yang ditawarkan Austria adalah pemandangan alam yang indah kala melakukan kegiatan hiking di Kitzbuheler Horn. Tempat ini menghadirkan pegunungan yang terhampar dengan sangat indah di Austria.

Jadi, apakah kamu sudah semakin mantap untuk mengunjungi kelima negara di atas? Impian liburanmu pasti akan tercapai apabila kamu mulai membangun perencanaan yang matang dari sekarang, termasuk perencanaan biaya liburan. Semoga berhasil, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Travel