Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Rekomendasi Destinasi Wisata Malam Terfavorit di Solo

Inilah kehidupan malam di Kota Solo

Iqbal pratama

Solo yang dikenal dengan keindahan batiknya, telah menjadi salah satu destinasi tujuan wisata turis domestik sekaligus mancanegara. Selain itu, wisata sejarah, alam, budaya, hingga kuliner, menjadikan kota ini sebagai salah satu tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi hingga malam hari.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata malam terfavorit di Solo.  

1. Balai kota Solo

suasana balai kota solo (Instagram/surakartahits_)

Balai kota Solo merupakan kantor pemerintahan daerah setempat. Halamannya yang luas, dapat digunakan untuk duduk bersantai sambil melihat keindahan Balai kota Solo pada malam hari.

Terlebih lagi banyak jajanan di sekitara Balai kota Solo, seperti telur gulung, jagung rebus, sempol, hingga berbagai camilan lainnya yang dapat bisa dinikmati bersama teman dan keluarga. Maka tak heran jika Balai kota Solo menjadi salah satu spot wisata yang sering dikunjungi oleh keluarga. Tempat ini berlokasi di dekat titik nol kilometer Solo, depan Pasar Gedhe Jl. Jendral Sudirman. Tenang saja, di sini masuknya gratis, kok! 

2. Alun-Alun Kidul Surakarta

suasana alun-alun kidul solo (Instagram/surakartahits_)

Destinasi wisata malam terfavorit di Solo berikutnya adalah Alun-Alun Kidul yang berdekatan di area Keraton Surakarta Hadiningrat. Berlokasi di Pasar Kliwon, Jalan Gading, Gajahan, biasanya masyarakat setempat menyebut Alun-Alun Kidul dengan sebutan Alkid. Saat menjelang sore hingga malam, kawasan Alkid sangat ramai dikunjungi, karena banyak beraneka ragam kuliner dan hiburan yang menarik.

Di sini juga terdapat permainan untuk anak-anak yang bisa dinikmati bersama keluarga, seperti odong-odong dan skuter sewaan. Selain itu, terkadang Alun-Alun Kidul mengelar pasar malam, dengan berbagai hiburan yang tak kalah serunya dan harga tiket yang terjangkau. Oleh karena itulah, Alun-Alun Kidul menjadi destinasi wisata populer di Solo.

3. Galabo Solo

suasana galabo solo/surakarta.go.id

Mencari kuliner khas Solo di malam hari? Maka wajib ke Galabo Solo yang buka mulai pukul 17.00 WIB hingga menjelang pagi. Gelabo Solo merupakan singkatan dari Gladag Langen Bogan yang menjadi kawasan pusat wisata kuliner malam di kota Solo. Terdapat banyak berbagai jenis kuliner, mulai dari makanan kekinian hingga khas tradisional Solo, seperti gudeg ceker, rawon, hingga timlo. Tempat ini berlokasi di Timur Bundaran Gladag, tepatnya di Jalan Kapten Mulyadi, Desa Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta. 

4. Solo Street Art Market

/instagram/kotasolo_fp

Solo Street Art Market termasuk pameran seni karya komunitas Solo is Solo, yang bertujuan untuk mengembangkan UMKM sekaligus memanfaatkan fasilitas yang ada. Pameran seni ini digelar setiap sabtu malam ini, berlokasi di Koridor Gatot Subroto, kota Solo. Selain itu, mata kamu akan dimanjakan dengan berbagai karya seni dari puluhan seniman, kamu juga akan diajarkan cara membuat berbagai jenis merchandise yang bisa kamu bawa pulang sebagai sourvenir, seperti gantungan kunci, rajutan, topi, lukisan, dan lainnya. Terdapat juga pertunjukan menarik, seperti tarian dan pertunjukan musik. Oleh karena itu, mungkin bakal jadi pengalaman yang berkesan jika berkunjung ke sini untuk destinasi wisata malam di Solo.

5. Wayang Orang Sriwedari

surakarta.go.id

Solo yang juga dikenal dengan Wayang Orang Sriwedari adalah pertunjukan seni legendaris. Wayang orang (wayang wong dalam bahasa Jawa) adalah wayang yang tokoh dalam cerita pewayangan dimainkan oleh orang. Pertunjukan ini berlangsung setiap Senin sampai Sabtu, yang dimulai pukul 18.30 WIB dan untuk harga tiket masuk sekitar Rp10.000 saja. Tempat ini berlokasi di Jl. Kebangkitan Nasional No.15, Sriwedari, Kec. Laweyan, Solo. Bagi kamu yang berkunjung ingin menonton pertunjukan seni dan budaya, bisa menjadi pilihan yang tepat.

6. Ngarsopuro Night Market

Instagram/dinkopukmperinsurakarta/

Salah satu destinasi wisata malam yang tak kalah menariknya di Solo, yakni Ngarsopuro Night Market yang berlokasi di Jalan Slamet Riyadi, Kecamatan Laweyan, Surakarta. Tempat ini buka pukul 19.00 sampai 22.45 WIB setiap malam Sabtu. Ngarsopuro Night Market merupakan tempat wisata yang menjual berbagai aneka ragam kuliner, souvernir hingga pakaian, seperti baju batik, aksesoris kerajinan tangan, sampai barang-barang antik. 

7. Pasar Gede

(Instagram/surakartahits_)

Rasanya kurang lengkap ketika ke Solo tapi tidak mengunjungi tempat wisata satu ini, yaitu Pasar Gede yang merupakan pasar tradisional terbesar di kota Solo. Pasar yang sudah berdiri dari 1927 ini menjadi pusat wisata kuliner bagi wisatawan yang ingin jajan dan menikmati makanan khas Solo. Belokasi di Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Kota Surakarta. Tempat ini terlihat bersih dan nyaman untuk pengunjung, terdapat pula spot foto instagrammable. Selain itu, di sini banyak menjual beraneka cita rasa kuliner khas tradisional, lho! Mulai dari gempol pleret, tahok, cabuk rambak, es dawer, dan lainnya. Bagi pelancong, pasar ini menjadi tempat untuk mencari kuliner dan souvenir.

Itulah 7 Rekomendasi destinasi wisata malam terfavorit di Solo yang wajib dikunjungi. Bagi kamu yang berencana datang ke Solo, jangan lupa mampir ke tempat wisata yang sudah disebutkan ada di atas, ya!

IDN Media Channels

Latest from Travel