Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Oleh-Oleh Pekanbaru yang Khas dan Kekinian, Wajib Borong!

Mulai dari makanan khas, kain hingga souvenir!

Elni Novitasari

Setiap tempat yang kita kunjungi pasti memiliki ciri khas masing-masing yang sulit ditemukan di tempat lain. Maka dari itu, sebelum pulang berwisata wajib hukumnya membeli oleh-oleh untuk kita maupun dibagikan ke orang terdekat. Begitu pula jika kamu berkunjung ke kota Pekanbaru.

Pekanbaru yang merupakan ibu kota provinsi Riau terkenal sebagai kota industri. Kendati demikian, kota ini juga menyimpan tempat-tempat wisata yang tak kalah menarik, mulai dari wisata alam, sejarah hingga kuliner. Nah, Popbela sudah merangkum rekomendasi oleh-oleh khas dan kekinian dari Pekanbaru, mulai dari makanan, kain hingga souvenir yang wajib kamu borong. Keep scrolling, Bela!

1. Pancake durian

Getty Images/Ampont El David

Buah durian memang menjadi salah satu buah favorit yang tidak dapat dipisahkan dari warga Pekanbaru. Tak hanya buah durian utuh, warga Pekanbaru bahkan mengkreasikan buah ini menjadi hidangan yang inovatif seperti makanan yang satu ini.

Pancake durian memiliki tekstur yang lembut dan lumer di mulut.  Makanan ini terbuat dari buah durian yang dikemas dalam bentuk pancake, sehingga memiliki aroma durian yang khas. Makanan ini pun menjadi populer dan banyak diburu oleh pelancong yang datang. Pancake durian bisa dengan mudah kamu temukan di toko oleh-oleh Pekanbaru.

2. Dodol kedondong

IStockphoto/Imagehit

Jika pada umumnya dodol terbuat dari tepung ketan, berbeda halnya dengan dodol khas Pekanbaru ini. Buah kedondong yang umumnya dijadikan salah satu buah campuran rujak, dijadikan bahan utama pembuatan dodol. 

Dodol kedondong khas Pekanbaru ini memiliki cita rasa khas yang legit, asam dan juga manis. Menariknya, makanan ini mampu bertahan lama sehingga sangat cocok dijadikan oleh-oleh.

3. Salai ikan patin

ANTARA FOTO/FB Anggoro

Oleh-oleh selanjutnya adalah hidangan panganan dari ikan patin. Salai ikan patin adalah ikan patin yang diasap selama 24 jam hingga ikan berwarna kecokelatan. Sebenarnya, banyak ikan jenis lain yang bisa dijadikan salai, namun ikan patin memiliki peminat paling banyak. 

Hidangan ini tinggi akan protein dan dapat bertahan lama. Salai ikan patin biasanya dikemas dalam wadah plastik steril sehingga bisa dimasak kembali menjadi menu yang beragam seperti gulai, pindang, cabe ijo, sambal goreng dan lain-lain.

4. Bolu kemojo

Instagram/@novaneperdana

Bolu kemojo menjadi kue tradisional khas Pekanbaru yang wajib kamu coba. Bolu ini memiliki beberapa varian rasa seperti keju, cokelat, pandan, jagung dan tentunya durian. Bolu ini memiliki cita rasa manis dengan tekstur yang lembut sehingga cocok disantap dengan teh atau kopi.

Bolu ini juga mampu bertahan lama selama beberapa jam di perjalanan. Harganya pun sangat terjangkau dan bervariasi, mulai dari Rp3000 hingga Rp25 ribu tergantung ukurannya.

5. Viz cake

Twitter/@VIZ_cake

Selain bolu kemojo, viz cake juga menjadi kue yang dijadikan oleh-oleh khas Pekanbaru. Kue kekinian ini hadir dalam beberapa varian rasa seperti cokelat, keju, pisang dan yang terlaris adalah rasa durian. Dengan parutan keju di atasnya, rasa kue ini akan memanjakan lidah apalagi disantap sambil bersantai. Untuk mendapatkannya, kamu bisa datang langsung ke toko oleh-oleh maupun ke pusatnya langsung di Pekanbaru.

6. Roti jala

Instagram/@sonianll

Roti satu ini terbilang unik. Pasalnya, roti jala khas Pekanbaru ini disajikan dengan kuah durian. Iya, durian lagi. Roti berbahan dasar tepung dan telur ini disantap dengan kuah durian yang kental beraroma khas. Roti ini cocok dijadikan oleh-oleh karena terbilang awet dan tahan lama.

7. Kacang pukul

mediacenter.riau.go.id

Selanjutnya, ada camilan yang memiliki cita rasa manis dan gurih. Kacang pukul adalah campuran kacang dan gula yang diolah dengan cara dipukul hingga tercampur merata. Teksturnya renyah dan mampu bertahan lama. Kacang ini dapat dengan mudah ditemukan di sentra oleh-oleh di Pekanbaru. Adapun yang paling terkenal yaitu Kacang Pukul HH di kota Bagansiapiapi. Harganya juga terjangkau kisaran Rp25 ribu per kotaknya.

8. Roti bagelen

Getty Images/Ika Rahma

Roti bagelen merupakan jenis roti yang dibuat dengan cara dipanggang dalam oven sehingga memiliki tekstur yang renyah serta cita rasa manis berkat gula dan olesan mentega di atasnya. Adapula roti siak yang bentuknya mirip dengan roti bagelen. Namun, roti siak hadir dalam berbagai varian rasa.

Roti ini cocok disantap bersama susu, teh atau kopi hangat. Kamu cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp8000 saja untuk penganan ini.

9. Batik khas Pekanbaru

Liputan6.com/M Syukur

Tak hanya makanan, Pekanbaru juga memiliki kain batik khas yang cantik dan menarik sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Kain batik khas Pekanbaru identik dengan motif bunga an tanaman hias dengan warna yang mencolok.

Cara pembuatannya cukup unik. Jika biasanya kain batik di Jawa dilukis secara horizontal, kain batik dari Pekanbaru ini dilukis secara vertikal dan diagonal. Jika kamu berencana membelinya, kamu bisa datang ke toko batik yang ada di kota Pekanbaru.

10. Souvenir

brosispku.com

Tak boleh ketinggalan, kamu juga wajib borong suvenir-suvenir untuk dijadikan pajangan di rumah dan dibagikan ke orang tersayang. Ada beberapa suvenir khas Pekanbaru yang menjadi pilihan seperti vas bunga, replika, gantungan kunci, tempelan kulkas hingga aneka magnet. Suvenir-suvenir ini tentunya memiliki ciri khas entik Riau yang kaya akan keanekaragaman budaya Riau.

Itu dia 10 rekomendasi oleh-oleh Pekanbaru yang khas dan kekininan yang wajib kamu boroong. Dari rekomendasi di atas, mana yang mau kamu bawa pulang nih, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel