Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta untuk Mengisi Libur Sekolah

Sudah tahu mau liburan kemana, Bela?

Natasha P.

Cuti pertengahan tahun alias liburan sekolah sudah semakin dekat, Bela! Apakah kamu berencana ingin mudik ke kampung halaman? Jika iya, pasti menyenangkan sekali ya, kembali merajut rindu dengan keluarga besar di kampung halaman.

Nah, bagi kamu yang tak punya kampung halaman, kiranya beristirahat di rumah atau mengunjungi tempat wisata sekitar bisa menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan libur lebaran.

Bingung mau liburan kemana pas liburan sekolah? Popbela sudah mengumpulkan daftar rekomendasi tempat wisata Jakarta untuk mengisi libur pertengahan tahun ini. Check it out!

1. Pantai Ancol

Piknik Wisata

Pantai Ancol menjadi salah satu pantai ikonik di Jakarta Utara dan terletak di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol. Pada saat liburan Lebaran, banyak pengunjung berbondong mendatangi pantai ini. Angin sejuk, pantai yang luas dengan ombak yang ramah dan pasir pantai yang putih menjadi daya tarik sendiri.

Ragam aktivitas seru bisa kamu jajal di sini.  Mulai dari berenang di pantai, menikmati kuliner seafood yang menggoda, atau menguji nyali dengan bermain water sport.

Untuk biaya tiket masuknya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp25.000 per orang. Sedangkan untuk tiket kendaraan dikenakan kocek mulai dari Rp25.000 - Rp45.000.

Alamat: Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Jakarta Utara

2. Dunia Fantasi

Instagram.com/Infodufan

Dunia Fantasi atau Dufan menjadi destinasi wisata paling populer di Taman Impian Jaya Ancol. Ragam wahana menantang nyali ditawarkan di sini untuk menguji keberanianmu.

Suka ketinggian? Wahana Tornado dan Rollercoaster Halilintar bisa kamu jajal untuk memacu detak jantungmu. Atau ingin mencoba basah-basahan? Tenang, ada wahana Arung Jeram dan Niagara-gara yang turut memberikanmu pengalaman seolah berada di alam sungguhan.

Ingin mencoba wahana yang santai dan playful bersama anak-anak? Ada Istana Boneka yang megah, berisikan ribuan boneka lucu yang menyambutmu datang. Atau, pagelaran Perang Bintang yang membawamu turut berperang melawan alien yang menguasai bumi.

Alamat: Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Jakarta Utara

3. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

CNN Indonesia

Diresmikan oleh Ibu Tien Soeharto, Taman Mini Indonesia Indah merupakan wahana edukasi yang menampilkan miniatur Indonesia. Di TMII, kamu akan melihat ragam rumah adat, budaya, dan anjungan daerah yang mewakili suku bangsa dari 33 Provinsi di Indonesia.

Setelah berpuas menambah wawasan akan budaya Indonesia, kamu bisa bersantai sejenak dengan menikmati wahana kereta gantung. Hadir juga museum transportasi yang menampilkan koleksi transportasi dari zaman ke zaman, yang sekiranya memperluas wawasanmu.

Alamat: Jl. Raya TMII, Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur

4. Kebun Binatang Ragunan

Ingin melihat langsung hewan-hewan eksotis yang sering kamu lihat di televisi? Kamu juga bisa menemui mereka di Kebun Binatang Ragunan atau populer dengan Taman Margasatwa Ragunan, Bela.

Di sana, kamu akan menyaksikan ragam flora dan fauna eksotik yang memukau. Kebun binatang seluas 147 hektar ini menyimpan 2.101 ekor satwa dengan 220 spesies berbeda dan 2.000 spesies tanaman.

Taman Margasatwa Ragunan buka pada hari Selasa-Minggu jam 07.00-16.00. Adapun tiket masuknya dibanderol Rp4.000 untuk orang dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak.

Alamat: Jl. Harsono RM. No. 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

5. Jakarta Aquarium Safari

Jakarta Aquarium

Berlokasi di Neo Soho Mall, Jakarta Aquarium Safari mengusung konsep wisata edukatif modern yang terhubung dengan pusat perbelanjaan. Kamu akan melihat ragam satwa air maupun darat berjumlah mencapai 3.500 spesies lebih, lengkap dengan 12 zona atraksi yang di dalamnya.

Hadirnya spot foto menarik berlatarkan akuarium yang berisikan biota laut cantik, menjadi daya pikat bagi pengunjung. Tak heran jika institut satwa ini digandrungi kawula muda pemburu konten estetik. Mengingat, kamu bisa berswafoto ria di sini dan menghasilkan foto sangat ciamik untuk diunggah di media sosial.

Selain menjajakan wisata edukasi ramah anak, di sini kamu juga bisa mencoba wahana menyelam bersama ikan hiu. 

Alamat: Jl. Letjen S. Parman No.106, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat

6. Sea World

Ancol.com

Masih di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Sea World bisa menjadi tempat wisata edukasi laut yang menyenangkan untuk belajar sekaligus rekreasi bersama keluarga. Wahana laut yang diusung interaktif ini memperbolehkanmu untuk berinteraksi dengan beberapa biota laut. Jika beruntung, kamu bisa memberikan makan kepada hewan laut di sana, Bela.

Ketika masuk ke Sea World, kamu akan disambut dengan akuarium raksasa dengan pemandangan dunia bawah laut yang memanjakan mata. Atmosfer biru air laut yang menenangkan, semakin berwarna dengan aneka ikan dan biota laut cantik yang menghiasi.

Alamat: Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Jakarta Utara

7. Kawasan Tanah Abang

Youtube.com/netmediatama

Sandiaga Uno, selaku Wakil Gubernur DKI Jakarta pun turut merekomendasikan kawasan Tanah Abang sebagai salah satu tempat menarik yang bisa dikunjungi saat cuti Lebaran. Walau bukan masuk dalam wahana wisata interaktif, Tanah Abang bisa menjadi tempat terbaik untuk berbelanja dengan harga miring.

Sebagaimana kita tahu, kawasan ini sudah menjadi destinasi wisata belanja yang melegenda sejak dahulu. Karena menyediakan banyak jenis barang dengan harga murah dan suplai yang melimpah, Tanah Abang menjadi favorit para pebisnis dan pengusaha dalam membeli produk untuk dijual kembali.

Mulai dari elektronik, fesyen, tas, buah dan sayur, kain, benang, dan sepatu pun lengkap tersedia di sana. Selain itu, Tanah Abang juga menjadi rumah bagi sentra-sentra ekonomi kreatif dan UMKM di Jakarta.

Alamat:Jl. Kb. Jati No.5a, RT.1/RW.9, Kb. Kacang, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat

8. Museum MACAN

Trip Canvas

Terakhir, rekomendasi tempat wisata Jakarta yang bisa kamu kunjungi adalah Museum Macan.  Walau bernama Macan, tapi jangan berekspetasi kamu akan menemukan koleksi macan di sana ya, Bela.

Museum Macan sendiri merupakan akronim dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Institusi konservasi seni ini lahir sebagai museum seni modern dan kontemporer pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 2017.

Museum Macan menyajikan konsep dan peletakan hasil karya yang interaktif. Alhasil, karya seni yang ditampilkan bukan hanya untuk dinikmati pasang mata saja. Tetapi juga bisa disulap menjadi spot foto yang Instagrammable.

Alamat: AKR Tower Level M, Jl. Panjang No.5, Kb. Jeruk, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat

Demikian 8 rekomendasi tempat wisata di Jakarta untuk mengisi libur sekolah. Bagaimana menurutmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel