Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Rekomendasi Pantai Eksotis di Lampung, Surganya Olahraga Air

Nggak boleh kamu lewatkan

Natasha P.

Pada 1905, Lampung menjadi saksi bisu sebagai tonggak sejarah transmigrasi di Indonesia. Di sana, kegiatan transmigrasi di Indonesia pertama kali dilakukan dengan mengantar para transmigran yang terdiri dari 155 KK (Kartu Keluarga) dari Pulau Jawa, tepatnya di Kedu, Jawa Tengah ke Desa Bagelen, Gedung Tataan, Kabupaten Lampung Selatan.

Sekarang, Lampung bertransformasi menjadi destinasi wisata alam yang populer. Lokasinya yang berada di pesisir selatan Pulau Sumatra membuat Lampung memiliki banyak pantai cantik dengan putihnya pasir dan jernihnya air laut yang biru.

Tak hanya menyuguhkan lanskap alam yang indah, pantai Lampung pun juga menawarkan pilihan olahraga air yang nggak boleh kamu lewatkan. Popbela sudah merangkum rekomendasi pantai indah di Lampung yang memiliki pesona alam yang ciamik dengan ragam wahana seru yang bisa kamu coba. Cek yuk, daftarnya!

1. Pantai Sari Ringgung

Nativeindonesia.com

Bertempat di Desa Sidodadi, Kabupaten Pesawaran, Pantai Sari Ringgung menjadi surga bagi para pencinta snorkeling. Air laut yang jernih dengan hamparan terumbu karang yang indah di dalamnya membuat pantai ini menjadi lokasi snorkeling yang seru.

Di sana, kamu pun bisa berjemur dengan beralaskan tikar yang diletakkan di hamparan pasir putih yang bersih. Kamu pun bisa menjajal wahana seru lainnya seperti speed boat, kano hingga banana boat. Pantai ini buka pada pukul 06.00 - 17.00 dengan membayar tiket sebesar Rp20 ribu (belum termasuk parkir).

2. Pantai Guci Kapal

Pantanesia.com

Nggak afdol rasanya berlibur ke Lampung kalau belum melipir ke Pantai Guci Kapal. Pemandangan pantai yang eksotis dengan jernihnya air laut berhiaskan pasir putih ini juga menjadi daya jual tersendiri. Sekilas dengan namanya, ciri khas pantai cantik ini terletak pada hadirnya batuan karang yang menyerupai kapal.

Hanya merogoh kocek Rp10 ribu - Rp30 ribu, kamu turut bisa menyaksikan panorama sunset yang indah di sore hari sambil menyantap ikan bakar. Pantai ini buka selama 24 jam, sehingga kamu bisa datang kapan saja.

3. Pantai Klara

Travelpromo

Pantai Klara menjadi incaran para wisatawan ketika sedang melipir di Lampung. Pesisir laut ini terkenal akan keindahan alamnya yang memanjakan mata , terdiri dari putihnya hamparan pasir bersih dengan air lautnya yang jernih dan biru.

Karena airnya yang cukup tenang dan tak begitu berombak, banyak pengunjung yang meluapkan kepenatannya dengan menapaki banana boat, perahu, atau kano.
Berletak di Jalan Raya Way Ratay, Gebang, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp15 ribu - Rp25 ribu untuk bersenang-senang di pantai ini.

4. Pantai Gigi Hiu

Koranjakarta.com

Pantai Gigi Hiu berlokasi di Desa Pegadungan, Kelumbayan dan menempuh waktu sekitar 4 jam dari pusat kota Bandar Lampung untuk menggapai. Tempat ini menjadi destinasi favorit para fotografer karena di sini terdapat hamparan batu-batu tajam megah bak gigi hiu dengan postur kokoh yang menjulang tinggi. Arsitektur dari bebatuan ini memiliki nilai seni yang tinggi, cocok diabadikan lewat jepretan kamera. Tiket masuknya cukup murah, yakni Rp20 ribu untuk wisatawan domestik dan Rp40 ribu untuk turis asing.

5. Pantai Marina

Instagram.com/agnessilvanaa

Ketika berjalan di sepanjang bibir Pantai Marina, kamu akan disambut hangat oleh jajaran batu karang yang besar. Hadirnya batu ini menjadi pelindung yang menahan gempuran ombak yang kencang dan tinggi. Karena lokasinya yang berbatasan dengan Samudera Hindia, pantai ini disinyalir cukup berbahaya untuk menjadi tempat berenang atau olahraga air.

Umumnya, pantai ini dimanfaatkan sebagai lokasi foto pre wedding atau untuk berswafoto ria saja. Pantai Marina buka setiap hari pada pukul 07.00- 18.00 WIB dengan tarif masuk dibandrol Rp30.000 per orang.

6. Pantai Krui

Pantai Krui berjulukan The Hidden Paradise karena keindahan bawah lautnya yang memukau dan bentang alamnya yang hijau dan asri. Pantai yang berlokasi di Desa Walur, Pesisir Barat ini juga menjadi incaran para peselancar mancanegara. Ombaknya yang besar dan konsisten, menjadikan tempat yang pas untuk selancar.

Tak hanya itu saja, kamu pun bisa menikmati ragam fasilitas seperti penginapan, gazebo hingga penyewaan alat surfing. Jangan lupa untuk menjajal wisata kuliner seafood yang lezat di restoran, bar, atau kedai sekitar pantai.

7. Pantai Pasir Putih

Ticmpu.id

Tak kalah eksis dengan pantai di Lampung lainnya, Pantai Pasar Putih jangan sampai kamu lewatkan. Pantai biru berhiaskan pohon-pohon hijau ini terletak di Ranfai Tri Tunggal, Lampung Selatan.

Suguhan pasir pantai yang putih dan lembut serta air laut yang jernih yang diberikan pantai ini sangat memanjakan mata dan jiwa. Kamu pun bisa menantang diri dengan mencoba aktivitas mengasyikkan di sana, seperti snorkeling, surfing, dan naik perahu kano.

8. Pantai Batu Lapis

GenPI Lampung

Tak seperti pantai umumnya, kamu tak akan pernah menemukan pasir putih di Pantai Batu Lapis. Justru, kamu akan dikejutkan dengan kumpulan bebatuan indah yang tersusun secara berlapis-lapis. Berlokasi jauh dari pusat kota Lampung, membuat pantai ini cukup tersembunyi dan masih belum dijamah wisatawan. Karena itu, pantai ini menjadi hidden gem bagi pencinta travelling karena airnya yang bersih dan keaslian alamnya pun masih suci dan asri.

Alamat lengkapnya ada di Jalan Tj. Heran, Penengahan Nomor 4, Totoharjo, Bakauheni, Lampung Selatan. 

Itulah deretan pantai di Lampung yang patut kamu kunjungi, Bela. Kalau kamu diberi kesempatan untuk mengunjungi pantai di atas, mana dulu nih, yang ingin kamu datangi?

IDN Media Channels

Latest from Travel