Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Rekomendasi Wisata Pantai di Sulawesi Utara, Eksotis & Memikat Mata

Rekomendasi tempat healing terbaik

Natasha P.

Kalau bicara soal liburan, pilihan tempat seperti Bali, Yogyakarta, dan Nusa Penida kiranya langsung terbesit di benak. Padahal, Indonesia adalah negara kepulauan dengan ribuan tempat wisata eksotis yang menawan perhatian kita, lho. Contohnya saja, kawasan Sulawesi Utara yang terkenal akan wisata pantai dan panorama alam bawah lautnya yang spektakuler, salah satunya Bunaken.

Akan alasan itu, mayoritas wisatawan yang liburan ke Sulawesi Utara seringkali menyempatkan diri untuk diving dan snorkling. Tak hanya Bunaken, Sulawesi Utara punya banyak pantai cantik di sekitarnya yang wajib kamu tandangi. Simak 7 rekomendasi pantai cantik di Sulawesi Utara.

1. Pantai Patokan

TRAC

Mengandalkan keindahan alami tanpa campur tangan manusia, menjadi resep ampuh suatu tempat wisata menjadi incaran wisatawan. Begitu juga dengan Pantai Patokan yang punya daya tarik berupa 2 tebing tinggi yang mengapit pantai tersebut

Pantai eksotis yang berada di Kabupaten Bolaang, Mongondow Timur, Sulawesi Utara ini merupakan destinasi alam yang ramai pengunjung. Selain berselimutkan pasir putih nan lembut, pantai ini punya air yang jernih yang memantulkan birunya langit.

Pantai ini bisa menjadi tempat sempurna buat kamu yang ingin belajar berenang, karena punya deburan ombak yang tenang.

2. Taman Nasional Bunaken

Unsplash.com/Helen G

Kita semua tahu, bahwa Taman Nasional Bunaken adalah salah satu surga dunia di Indonesia yang letaknya di Sulawesi Utara. Punya pesona alam bawah laut yang spektakuler beserta ikan & terumbu karang yang penuh warna, membuat wisata bahari ini menjadi idola para pecinta diving dan snorkling.

Taman Nasional Bunaken terletak di Kecamatan Wori, bagian utara Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Wisata bahari ini punya luas 89 hektare dan terdiri dari 5 pulau, yakni Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Mantehage, Pulau Siladen, dan Pulau Naen.

3. Pantai Pal

Indonesia Travel

Terbang ke Likupang, Minahasa Utara, ada sebuah pantai cantik dengan bentang alam yang luas. Namanya Pantai Paal yang sering dijadikan tujuan rekreasi bersama keluarga di akhir pekan. Tak mengherankan, jika pantai ini tak pernah sepi pengunjung dan banyak wisatawan yang menikmati liburan di tempat ini.

Pantai ini punya pasir putih yang lembut, air laut yang jernih dan biru, serta suasana teduh oleh pepohonan. Sebuah daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin healing dan terbebas dari hiruk pikuk keramaian.

4. Pantai Tumpaan Kaas

Instagram.com/christyangkouw

Selain air lautnya yang jernih dan biru, pasir putih yang lembut juga menjadi daya tarik bagi sebuah pantai. Betul tidak, Bela?

Nah, kalau kamu ingin liburan ke pantai dengan pasir putihnya yang eksotis, maka Pantai Tumpaan Kakas bisa masuk dalam daftar liburanmu, nih. Bukan itu saja, Pantai Tumpaan Kaas juga berkelilingkan hamparan pohon kelapa, seolah mengingatkan kita akan pesona pantai di Hawaii yang menggoda atensi.

Pantai Tumpaan berlokasi di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara dan dapat dicapai selama 2 jam dengan kendaraan bermotor dari Pusat Kota Manado. Hamparan pasirnya yang landai sering dimanfaatkan wisatawan untuk bersantai di bawah sinar matahari ataupun bermain voli.

5. Pantai Pulisan

Atourin

Sebuah hidden gem yang jarang terjamah manusia, bisa kamu temukan di Likupang Timur, Minahasa Utara. Adalah Pantai Pulisan yang menawarkan ketenangan dari sibuknya manusia. Dengan suguhan panorama alam yang terbentang luas berupa keindahan pantai dan bukit yang menyatu dengan bawah laut, Pantai Pulisan menjadi favorit wisatawan untuk liburan.

6. Pantai Pareng

Instagram.com/gisellemukuan

Umumnya pantai identik dengan pasir putih yang bersih. Namun, tidak dengan Pantai Pareng Bitung yang berpasirkan hitam. Meski cukup kontras dengan birunya air laut, namun hal ini tak mengurangi keindahan pantai ini. Justru, pasir hitam inilah yang melahirkan keunikan tersendiri yang tak bisa ditemukan pada pantai ini.

Warna hitam pada pasir di pantai ini dipengaruhi oleh batuan vulkanik dari Gunung Tangkoko. Saat menapaki pantai ini, kamu akan disambut oleh monyet Yaki yang mengajak pengunjung untuk bermain. Pantai Pareng masuk dalam kawasan Taman Wisata Alam Batu Putih yang terletak di Kecamatan Ranowulu, Kota Bitung.

7. Pantai Temboko Lehi

Dok. Pesona Indonesia

Ada alasan mengapa Pantai Temboko Lehi selalu ramai pengunjung, baik pada hari biasa maupun saat musim liburan. Ini karena Pantai Temboko Lehi menyuguhkan daya tarik berupa langit biru yang cerah beserta berpantaikan air laut yang biru dan jernih. Saat mengarungi kedalaman pantai, kamu akan terpesona akan biota laut yang cantik secara jelas dengan mata telanjang.

Menariknya, pantai ini berairkan laut yang panas dan tidak asin, lantaran lokasinya yang berada di kaki Gunung Karengetang yang masih aktif. Lokasinya ada di  Kabupaten Kepulauan Siau,Tagulandang Biaro dan dapat dijangkau dengan kapal.

Nah, itulah 7 rekomendasi wisata pantai Sulawesi Utara yang kiranya bisa jadi pilihanmu untuk berlibur. Dari daftar di atas, pantai mana yang menarik perhatianmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel