Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Harajuku, Wisata Belanja Hingga Budaya

Bukan hanya pusatnya street style terunik

Natasha P.

Kawasan Harajuku terkenal sebagai salah satu kiblat mode dan kesenian klasik di Jepang. Daerah yang berdekatan dengan Stasiun Harajuku, Tokyo ini tersohor akan wisata belanjanya yang lengkap dan menarik mata wisatawan. Mulai dari pakaian, makanan, suvenir, barang kesenian, bahkan keramik pun banyak dijual. Tapi yang paling mendominasi adalah butik baju yang menjual beragam mode khas Jepang, seperti goth, kawaii lolita, costume play, hingga gyaru.

Walau identik sebagai kawasan perbelanjaan, ternyata Harajuku juga menyimpan tempat wisata yang variatif, dari destinasi budaya dan rekreasi alam juga tersedia. Kalau kamu lagi berlibur di Tokyo, nggak ada salahnya untuk mengunjungi 7 rekomendasi tempat wisata di Harajuku pilihan Popbela di bawah ini.

1. Takeshita Dori

Live Japan

Tak jauh dari Stasiun Harajuku, terdapat sebuah pusat perbelanjaan yang menjadi favorit di kalangan turis lokal maupun turis asing. Namanya Takeshita Dori atau Takeshita Street. Destinasi wisata belanja ini berlaju panjang hingga 400 meter. Saat berjalan kaki di sini, kamu bakal menemukan banyak toko pakaian, toko oleh-oleh Jepang, kafe, serta restoran.  Selain menjual produk lokal, lusinan kios brand ternama dunia juga ada di Takeshita Dori, seperti Daiso, Disney Store, Wego, Line Store dan Supreme Fashion.

2. Omotesando

Tokyo Cheapo

Omotesando merupakan pusat perbelanjaan yang berfokus untuk menjajakan produk fesyen mewah kelas atas, seperti Chanel, Louis Vuitton, Dior, Yves Saint Laurent hingga Hermès. Terkenal sebagai kompleks perbelanjaan yang menjual kemewahan, lantas membuat Omotesando dijuluki Champs-Élysées versi Tokyo.

Omotesando terbagi menjadi dua kawasan perbelanjaan, yaitu Omotesando Hills dan Tokyu Plaza Omotesando Harajuku. Keduanya punya interior desain yang glamor yang didominasi oleh furnitur berbahan kaca, yang merupakan perwujudan identitas Omotesando sebagai teritori perbelanjaan yang berkelas.

3. Meiji Jingu

Tokyo Cheapo

Meiji Jingu atau dikenal sebagai Kuil Meiji merupakan rekreasi budaya di Harajuku yang kental akan nilai sejarah kekaisaran Jepang. Dikisahkan bahwa kuil ini didirikan sebagai bentuk dedikasi kepada arwah Kaisar Meiji dan istrinya, Permaisuri Shoken. Meiji Jingu juga merupakan kawasan hijau yang dikelilingi oleh sekitar 100.000 pohon rindang dan menyejukkan.

Letaknya tak jauh Stasiun Harajuku dan hanya perlu berjalan kaki 10-15 menit untuk sampai ke sana. Daya tarik kuil ini terletak pada Gerbang Torii yang berwarna merah dengan arsitektur berupa dua batang palang sejajar yang disangga dua batang tiang vertikal. Gerbang sakral yang diyakini sebagai pembatas dunia manusia dan tempat tinggal para Dewa ini menjadi spot favorit para turis untuk berfoto.

4. Yoyogi Koen

Go Tokyo

Sebelum dikenal sebagai taman kota terbesar di Tokyo, Yoyogi Koen dulunya adalah sebuah markas milik Tentara Amerika Serikat pada Perang Dunia 2. Waktu terbaik untuk datang ke taman ini adalah saat musim semi tiba. Saat berkunjung ke taman ini, kamu akan melihat pemandangan serba pink yang berasal dari keindahan pohon sakura yang bermekaran.

Tempatnya berdekatan dengan Stasiun Harajuku dan Kuil Meiji. Sebuah lokasi yang menjadi pilihan untuk beristirahat setelah lelah berbelanja keliling Harajuku.

5. Oriental Bazaar

Tokyo Cheapo

Kalau kamu ingin beli kimono atau yukata sebagai buah tangan di Harajuku, maka Oriental Bazaar adalah pilihan yang tepat. Oriental Bazaar menawarkan aneka suvenir dan oleh-oleh antik khas Jepang yang dijual secara ekslusif. Mulai dari pakaian seperti kimono, senjata tajam berupa samurai, andon, chohin, dan buah tangan menggemaskan seperti boneka tradisional dan sensu (kipas lipat).

Jika Omotesando Hills populer akan kemewahannya, maka Oriental Bazaar dikenal sebagai tempat belanja yang cukup affordable dengab harga yang ramah di kantong. Gedung perbelanjaan ini terdiri dari beberapa lantai dan terbagi berdasarkan jenis barang yang dijajakan. Sehingga kamu tak perlu bingung lagi untuk mencari cenderamata yang ingin kamu bawa pulang.

6. Meiji Dori

Japan Travel

Sebagai kawasan pertokoan besar di Harajuku, Meiji Dori adalah sebuah surga indah bagi kamu yang hobi berbelanja. Hampir semua jenis kebutuhan ada di sini. Dari restoran, kafe, toko baju, toko elektronik, karaoke, bahkan tempat oleh-oleh pun tersedia lengkap di Meiji Dori. Di antara pertokoan yang cukup terkenal di sini seperti Adidas Store, Forever 21, H&M. Saat malam hari, Meiji Dori bertransformasi menjadi kawasan sibuk dan dilalui oleh banyak orang yang berlalu-lalang.

7. Togo Jinja

Gltjp.com

Kalau kamu pencinta wisata budaya, maka patut mengunjungi Togo Jinja yang lokasinya masih di sekitaran Stasiun Harajuku. Kuil ini merupakan rumah peribadatan bagi penganut agama Shinto. Berdiri pada 1940, Togo Jinja didirikan sebagai bentuk persembahan sekaligus penghormatan kepada Admiral Togo Heihachiro yang telah berhasil mengusir armada Rusia saat masa perang Russo-Jepang pada tahun 1905.

Dengan keindahan konstruksi kuil yang lekat akan elemen era Kekaisaraan Jepang, Togo Shinja menjadi salah satu lokasi wisata yang menawarkan spot foto Instagrammable yang ikonik. Semakin seru, kamu bisa berbelanja buku lawas, jimat, serta suvenir khas di sini.

Walau dikenal sebagai pusat fashion terbesar di Jepang, ternyata Harajuku juga menyimpan tempat wisata yang seru untuk disambangi. Mana saja yang ingin kamu datangi, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel