Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Berastagi, Cocok untuk Healing

Kamu tertarik liburan ke Sumatra?

Natasha P.

Berjarak sekitar 66 km dari Kota Medan, Berastagi menjadi daerah yang wajib dikunjungi saat mampir ke Sumatra Utara. Jika naik mobil, dibutuhkan waktu dua jam untuk sampai ke kota yang terkenal akan iklimnya yang dingin ini.

Berastagi merupakan salah satu Kota di Sumatra Utara yang berada di dataran tinggi. Akan lokasinya itu, kota satu ini beranginkan udara sejuk yang segar. Jangan lupakan daya pikat berupa pesona alam menawan yang menarik perhatian wisatawan lokal dan asing.

Melansir banyak sumber, berikut 7 tempat wisata di Berastagi yang wajib kamu datangi!

1. Bukit Gundaling

Instagram.com/0719d_ong

Menjadi tempat wisata ikonik sejak zaman Belanda, Bukit Gundaling bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin nenikmati indahnya panorama Kota Berastagi dari atas ketinggian. 

Dari atas puncak, Bukit Gundaling menawarkan pemandangan cantik berupa potret Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak dari kejauhan. Tak lupa momen sunset dan sunrise yang menambah keapikan bentang alam bukit satu ini. Setelahnya, kamu bisa berswafoto dengan latar spot foto Instagrammable dan mengelilingi kawasan Bukit Gundaling dengan menaiki kuda.

Selain itu, Bukit Gundaling juga menyediakan berbagai fasilitas yang mempermudah para wisatawan untuk berlibur. Di antaranya ada toilet, mushola, rumah makan, dan tempat parkir.

Alamat: Jl. Letjen Jamin Ginting, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, 22153

Jam buka: Setiap hari, 24 jam

Harga tiket: Rp10.000

2. Air Terjun Sikulikap

Instagram.com/airterjunsikulikap

Hampir semua orang kiranya setuju bahwa healing terbaik adalah pergi ke bentang alam yang jauh dari keramaian manusia. Semua itu terjawab dengan berkunjung ke Air Terjun Sikulikap, yang punya panorama indah berupa air terjun yang spektakuler dan berkelilingkan hutan hijau nan rimbun.

Seolah punya daya magnet sendiri, wisata alam ini mengajak para wisatawan untuk menikmati  keindahan air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter ini. Untuk sampai ke sini, para pengunjung harus trekking atau berjalan setapak selama 15 menit.

Alamat: Desa Doulu Kabupaten Tanah Berastagi, Martelu, Sibolangit, Karo, Sumatera Utara, Indonesia, 20357

Jam buka: Setiap hari, 24 jam 

Harga tiket: Rp5.000

3. Taman Alam Lumbini

Instagram.com/pagoda_berastagi

Walau bernama Taman Alam Lumbini, nyatanya tempat wisata ini merupakan tempat peribadatan umat Buddha di Berastagi. Begitu masuk, kamu akan dijamu akan bangunan berbentuk stupa berwarna emas yang megah, serta patung-patung gajah yang terbuat dari marmer, lampion merah, ribuan Ruppang Buddha.

Selain itu, bangunan suci ini dikelilingi oleh taman alam super asri. Kalau ke sini, jangan lupa untuk berjalan di "Jembatan Cinta" yang punya panjang 20 meter ini, ya!

Alamat: Barus Jahe, Brastagi, Dolat Raya, Kaban Jahe, Karo, Sumatra Utara, Indonesia, 22171

Jam buka: Setiap hari, 09.00-17.00 WIB (Hari keagamaan tutup)

Harga tiket: Donasi sukarela

4. Bukit Kubu

Instagram.com/verybarus

Bukit Kubu merupakan destinasi alam berupa taman hijau seluas 5 hektar, lengkap dengan hutan pinus dan beberapa bangunan peninggalan kolonial. Di sinilah, para pengunjung akan menggelar piknik bersama keluarga atau teman sembari menikmati keindahan alam sekitar. Pihak pengelola menyediakan wahana super lengkap berupa arena ATV, olahraga menunggang kuda, delman, spot foto Instagramable dan pernainan flying fox. 

Alamat: Jl. Jamin Ginting, Sempajaya, Berastagi, Karo, Sumatera Utara, Indonesia, 22152

Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00-17.00 WIB

Harga tiket: Rp20.000

5. Funland Mikie Holiday

Tripadvisor.co.id

Funland Mikie Holiday biasanya ramai dikunjungi para wisatawan yang ingin mencoba wahana permainan yang rekreatif dan menyenangkan. Merupakan taman hiburan pertama yang ada di Sumatra Utara, ia memiliki 35 wahana yang bisa kamu jajal. Mulai dari simulasi berlayar di lautan lepas dengan wahana Bon Voyage, menaiki kereta luncur berkecepatan tinggi dengan Buzz Coaster, hingga berputar dengan cepat di ketinggian dengan wahana Dolphin Bay.

Alamat: Jl. Letjend. Jamin Ginting Km. 50, Desa Pecen, Kec Brastagi, Sempajaya, Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22152

Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00-17.00 WIB

Harga tiket: Rp40.000 - 95.000

6. Danau Lau Kawar

pariwisata.karokab.go.id

Danau Lau Kawar merupakan danau yang letaknya di bawah kaki Gunung Sinabung. Luasnya kurang lebih 200 hektare dan berselimutkan panorama alam hijau berupa hutan   tropis di sekitar danau.

Daya pikat danau ini terletak pada warna airnya yang tenang dan bening, serta udaranya yang dingin.  Para pengunjung bisa menghabiskan waktu di sini dengan berkemah di pinggir danau, memancing, naik kapal boat, menyewa perahu, hingga panjat tebing.

Sebelum terjadi letusan Gunung Sinabung pada 2011 silam, dulunya pinggir Danau Lau Kawar ditumbuhi oleh lautan anggrek cantik.

Jam Operasional: 24 Jam

Lokasi: Kuta Gugung, Kec. Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22153

Harga Tiket: Rp5.000 untuk kendaran roda dua dan Rp10.000 untuk kendaraan roda empat.

7. Desa Lingga

Instagram.com/ceb0l

Mari kita tutup petualangan kita di Berastagi dengan mengarungi wisata historikal di Desa Lingga. Inilah desa tertua di Berastagi yang menyimpan kekayaan budaya dan sejarah berupa runah adat, jambur, geriten, lesung, sapo page dan (sapo panjang). Di sini terdapat dua bangunan yang cukup ikonik, yaitu Museum Karo dan Rumah Siwaluh Jabuyang yang berusia 250 tahun. Rumah tradisional ini cukup besar dan bisa ditempati oleh 8 kepala keluarga yang hidup secara berdampingan dengan damai.

Alamat: Kecamatan Simpangempat, Kabupaten Karo, Berastagi

Jam Operasional:  Buka setiap hari, dengan jam tentatif 

Yap! itulah tujuh tempat wisata di Berastagi yang bisa kamu tandangi saat berlibur ke sana. Kira-kira kamu tertarik untuk berkunjung ke mana, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel