Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Pasar Paling Unik di Indonesia, Ada Pasar Bisu dan Pasar Satwa Liar

Pernah berkunjung ke pasar ini, Bela?

Natasha P.

Mungkin kita mengetahui bahwa pasar memjadi tempat bertemunya antara penjual dan pembeli dalam memberi suatu barang. Ada dua jenis pasar yang kita kenal. Yaitu pasar modern dan pasar tradisional.

Seperti namanya, pasar modern seperti supermarket menjual barang-barang khusus dan produk impor. Biasanya dioperasikan oleh perusahaan besar. Sedangkan pasar tradisional dikelola oleh penjual yang merupakan pelaku perorangan atau individu. Kelebihan pasar tradisional dibanding pasar modern terletak adalah adanya transaksi tawar menawar.

Meskipun pasar modern menawarkan sejuta kenyamanan dan kelengkapan, nyatanya pasar tradisional masih digandrungi masyarakat untuk berbelanja. Lantaran harganya yang murah dan pembeli bisa bertanya lebih mengenai produk kepada penjual.

Di Indonesia, banyak ragam pasar tradisional yang kelewat unik dan menjadi daya tarik wisatawan saat berkunjung. Contohnya saja seperti Pasar Bisu di Sumatera Barat yang melakukan jual beli tanpa bersuara atau Pasar Beriman di Tomohon yang menjual berbagai daging satwa liar.

Lantas, dimana saja pasar tradisional unik yang ada di Indonesia? Simak daftar selengkapnya berikut ini, ya!

1. Tak perlu jauh-jauh ke Thailand untuk melihat kuliner ekstrem yang bikin kita merinding. Di Pasar Beriman,Tomohon, kamu bisa membeli daging satwa liar, seperti ular, buaya, serangga, atau kelelawar.

Pemerintah Kota Tomohon

2. Kamu dilarang berbicara selama bertransaksi di Pasar Bisu, Sumatera Barat. Lalu, bagaimana cara untuk membeli sesuatu di sana? Tenang, kamu bisa melakukannya dengan tradisi Marosok, yaitu saling berjabat tangan.

Palpres.com

3. Pasar tradisional goes on another level. Yup cuma di Pasar Terapung, Banjarmasin, kamu perlu naik jukung atau perahu untuk bertransaksi. Lokasinya ada di persimpangan Sungai Kuin dan Sungai Barito serta menjual kebutuhan sehari-hari, seperti sayur, buah, daging, dan bumbu dapur.

Pesona Indonesia

4. Di Desa Obia, Wamena, Papua, ada Pasar Kaget yang berada di tengah hutan. Hanya saja akses ke pasar ini sangat sulit, lantaran penuh pepohonan. Supaya tak nyasar, kamu perlu pemandu untuk nengarahkanmu ke pasar ini.

Indonesia Tourism

5. Tidak menjual kue bolu, Pasar Bolu di Toraja justru menjual aneka jenis kerbau. Pasar ini menjadi pasar jual beli kerbau terbesar di dunia. Harga satu ekor kerbau dibanderol dari puluhan hingga ratusan juta!

Arsy Tour&Travel

6. Pasar 46 digadang-gadang sebagai pasar dengan jam buka paling singkat di Indonesia. Pasar yang terletak di Jambi ini hanya buka dari jam 4-6 sore saja, Bela.

Instagram.com/ilham23akbar

7. Kalau liburan ke Jogjakarta, jangan lupa mampir ke Pasar Klithik. Kamu bisa berburu barang antik yang berasal dari seluruh dunia. Konon, kamu bisa menemukan barangmu yang hilang di pasar ini, lho.

Instagram.com/jogjapasarsethir

8. Saat ke Pasar Sentral Makale, Toraja, jangan kaget melihat orang berlalu lalang sambil memikul babi. Di sana ada banyak penjual babi dari yang kecil hingga dewasa.

Instagram.com/okeoktav

9. Saat kamu menginjak kaki di Pasar Antik Triwindu, Solo, kamu akan merasakan kembali masa lawas lewat berbagai barang antik yang dijajakan di sini.

Dok. Dinas Pariwisata Solo

10. Uang tunai dan debit nggak akan berlaku saat berbelanja di Pasar Papringan, Temanggung. Pasalnya, pasar unik satu ini menggunakan pring (bambu) sebagai alat bayar. Kamu perlu menukarkan uang menjadi kepingan bambu senilai R 2.000 untuk kulineran atau berbelanja kebutuhan rumah tangga di sini.

Bapermulu.com

Pasar mana saja yang ingin kamu kunjungi, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel