Harus Teliti, Inilah 5 Tips Memilih Ikan Segar di Pasar

Jangan sampai berakibat buruk bagi kesehatan

Harus Teliti, Inilah 5 Tips Memilih Ikan Segar di Pasar

Olahan masakan ikan tentunya begitu lezat dan menyehatkan bagi tubuh lantaran menyimpan segudang nutrisi yang bermanfaat. Ikan memang kaya akan protein dan lemak omega 3 yang baik bagi kesehatan otak hingga jantung. Jika kamu bosan dengan masakan ayam, kamu bisa menggantinya dengan beragam jenis ikan yang ada di pasar.

Ikan segar sering kita temui di pasar tradisional maupun modern. Namun, pastinya kita harus pintar dalam memilihnya karena ikan segar akan lebih enak dengan cara masak apapun. Kamu tidak ingin mendapatkan yang berkualitas buruk sampai menyebabkan keracunan makanan, kan?

Nah, kamu tidak perlu khawatir lagi perihal membeli ikan di pasar. Kali ini, Popbela berikan tips memilih ikan segar dan baik supaya kamu bisa mengolahnya menjadi masakan yang enak. Melansir dari situs Michelin Guide, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu cermati.

1. Periksa bagian mata

Harus Teliti, Inilah 5 Tips Memilih Ikan Segar di Pasar

Jika kamu tidak ada waktu untuk melihat sejenak atau bahkan memilih untuk tidak menyentuh ikan tersebut, cara tercepat yang bisa kamu lakukan adalah dengan memeriksa bagian matanya. Mata ikan yang segar seharusnya terlihat bersih dengan pupil hitamnya yang menonjol, layaknya masih hidup.

Pupil mata yang terlihat keruh menjadi tanda pasti bahwa ikan tersebut sudah lama dan menurun kualitasnya.

2. Cek pada bagian sirip dan ekornya

Sirip dan ekor merupakan penentu selanjutnya apakah ikan tersebut mendapatkan cara penanganan yang baik. Bagian ini adalah yang paling menonjol karena jika penanganannya salah, sirip bisa saja robek.

Untuk mengetahui apakah ikan yang akan kamu beli masih segar atau tidak, cobalah sentuh bagian sirip dan ekornya. Lebih baik jangan memilih yang terasa kering dan rapuh.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here