Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Sudut Tersembunyi di Dunia yang Namanya Masih Jarang Dikenal

Dari Jepang hingga Yordania, mana yang pernah kamu dengar?

Aisyah Banowati

Apakah kamu orang yang suka menghabiskan waktu dan uang untuk berpetualang? Apa kamu suka mencari tempat-tempat tersembunyi untuk menemukan keajaiban alam yang menakjubkan? Meski ada banyak tujuan populer yang tak kalah menarik, datang ke tempat yang masih terbilang ‘rare’ tentu lebih menantang.  

Cara terbaik untuk menemukan harta karun di alam adalah melalui penduduk setempat. Di sudut-sudut dunia, masih banyak tempat tersembunyi dengan segudang misteri yang meminta untuk dipecahkan. Menawarkan pengalaman unik bagi siapa saja yang datang, berikut tempat unik di dunia yang namanya mungkin belum pernah kamu dengar.

1. The Eyes of God - Bulgaria

unusualplaces.org

Gua Prohodna adalah salah satu objek wisata paling populer di Bulgaria karena memiliki pemandangan yang menakjubkan. Di langit-langit gua terdapat dua lubang simetris menyerupai mata yang kemungkinan besar disebabkan karena erosi.

Julukan ‘The Eyes of God’ atau ‘Mata Tuhan’ sendiri diberikan karena saat cahaya membanjiri kedua lubang tersebut membuat mereka tampak seperti mata yang bersinar. Ironisnya, tempat ini juga terkadang terkenal sebagai ‘Mata Iblis’.

2. Volcanic Ash Beaches - Islandia

worldbeachguide.com

Dalam bahasa Islandia tempat ini dikenal dengan nama Reynisfjara. Lokasinya terletak di dekat gunung berapi Katla yang terus meletus selama beberapa kali dalam seribu tahun terakhir. Karena salah satu letusannya, pasir hitam di pantai ini akhirnya terbentuk. Memiliki pasir hitam pekat yang kontras dengan buih putih ombak dan air yang berwarna biru, tak berlebihan jika menyebut tempat ini sebagai salah satu pantai pasir hitam terindah di dunia.

3. Lake Hillier - Australia Barat

newscientist.com

Pada tahun 1802, Angkatan Laut Kerajaan Inggris menemukan danau dengan air yang berwarna merah muda. Danau ini terletak di Middle Island di lepas pantai selatan Australia Barat yang kabarnya memiliki air yang lebih asin dari lautan. Meski belum diketahui pasti penyebabnya, tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa fenomena unik ini disebabkan oleh campuran bakteri dan ganggang berwarna-warni. 

4. Grand Prismatic Spring - Amerika Serikat

fullsuitcase.com

Grand Prismatic Spring tampak menakjubkan jika kamu melihatnya dari atas. Masih bagian dari Yellowstone National Park, Wyoming, sumber air panas ini merupakan yang terbesar di Amerika dan terbesar ketiga di dunia. Menjadi lokasi penelitian, menurut para ilmuwan warna-warna pada air panas di Grand Prismatic Spring didapat dari berbagai spesies thermophile bacteria. 

5. Glass Beach - Amerika Serikat

locationscout.net

Tepatnya di California, Glass Beach memiliki bebatuan kaca yang menjadikannya seperti pantai berpasir permata. Namun, itu bukanlah permata sungguhan melainkan kaca yang berasal dari sampah. Di awal abad ke-20, lokasi ini dikenal dengan nama “The Dumps” sebab dijadikan tempat pembuangan sampah oleh penduduk sekitar. Setelah pemerintah menutup daerah ini untuk menertibkan sampah, bertahun-tahun kemudian ombak menyulap sampah-sampah tersebut menjadi bebatuan yang pipih, lembut, dan indah.

6. Underwater Waterfall - Mauritius

allroadstraveled.com

Mauritius merupakan negara kepulauan yang terletak di bagian barat daya Samudra Hindia. Letak Underwater Waterfall sendiri berada di tepi laut kota Le Morne, berjarak ±50 meter dari Ibu Kota. Uniknya, spot yang sedang dibicarakan ini bukanlah air terjun melainkan pasir dan lumpur yang mengalir ke dasar laut sehingga menciptakan ilusi optik.

7. Salar de Uyuni - Bolivia

rove.me

Salah satu keajaiban alam yang bisa kamu saksikan yakni Salar de Uyuni yang terletak di bagian tenggara Pegunungan Andes. Salar de Uyuni adalah danau garam terbesar di dunia. Jika kamu mengunjunginya pada bulan Desember hingga Februari, hujan yang mengguyur Salar de Uyuni akan menciptakan fenomena cermin langit raksasa—air yang menggenang akan memantulkan semua yang berada di cakrawala bagaikan sebuah cermin.

8. Wisteria Tunnel - Jepang

curlytales.com

Jepang terkenal akan festival bunga sakura di musim semi, namun wisteria—dikenal sebagai fuji dalam bahasa Jepang—juga tak kalah cantik. Melansir dari Insider, Taman Bunga Ashikaga adalah satu-satunya lokasi di Jepang dengan terowongan wisteria kinaba yang dapat dijelajahi pengunjung di bawahnya. Taman ini memiliki lebih dari 350 pohon wisteria, bahkan mereka memiliki pohon wisteria berusia 150 tahun.

9. Tianzi Mountains - Tiongkok

skratch.world

Cagar alam Gunung Tianzi memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Ia dikenal sebagai 'The Monarch of the Peak Forest'. Jika beruntung, saat mengunjunginya kamu dapat melihat ‘empat keajaiban’ berupa lautan awan, pancaran sinar bulan, sinar matahari, dan salju di musim dingin.

Psstt… Mirip seperti pemandangan di film Avatar (2009) nggak sih? 

10. Petra - Yordania

britannica.com

Sejak 2007 silam, Petra masuk ke dalam salah satu dari tujuh keajaiban dunia baru. Sebelumnya, pada 1985, lokasi ini telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Merupakan situs arkeologi yang terkenal, Petra menyimpan kota dengan bangunan yang dipahat di bebatuan. Tak jauh dari Petra, terletak gunung Jabal Harun tempat di mana Nabi Harun dimakamkan.

11. Ruka - Finlandia

lapland.fi

Datanglah saat musim dingin—yang mana di sini lebih dari 200 hari dalam setahun—untuk bermain ski di Ruka. Terletak di Timur Laut Finlandia di Lapland, area ini telah memenangkan beberapa penghargaan sebagai resor ski terbaik di Finlandia. Di sisi lain, Ruka merupakan lokasi yang tepat bagi pecinta ski lintas alam, sebab daerah ini memiliki hampir 90 km jalur ski. Medan yang bervariasi serta musim ski yang berlangsung dari Oktober hingga April telah menjadikan Ruka tujuan populer di kalangan pemain ski. 

12. Covão Dos Conchos - Portugal

passadicosdomondego.net

Mirip seperti portal yang akan membawa kita ke dunia lain layaknya film science fiction, pusaran air Covão Dos Conchos bisa jadi tujuan liburan yang menyenangkan. Dibagun pada 1955, Covão Dos Conchos merupakan bagian dari sistem bendungan untuk pembangkit listrik tenaga air. Lubang ini berfungsi sebagai corong air yang mengalirkan air dari danau ke bendungan Lagoa Comprida di Flores Island.

13. Marble Caves - Patagonia

whenonearth.net

Lebih dari 6.200 tahun, endapan marmer di tepi Danau General Carrerra telah terkikis oleh air dan menciptakan gua, terowongan, serta kolam besar dari marmer murni. Saat cuaca sedang bagus, kunjungan ke Marble Caves sayang jika dilewatkan. Ada lembah luas, gletser hancur, hutan hijau, danau biru kehijauan, dan aliran sungai yang bisa kamu jelajahi seharian. Selain itu, pengunjung dapat mampir untuk melihat gletser San Rafael—dinding es yang tersembunyi di tengah hutan.

14. Lake Baikal - Rusia

remotelands.com

Lake Baikal merupakan danau terdalam dan tertua di dunia serta dianggap sebagai salah satu keajaiban alam terbesar di Rusia. Terletak di tenggara Siberia, Lake Baikal juga dikenal dengan sebutan ‘Galapagos Rusia’. Lokasi ini bahkan telah terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dan menjadi rumah bagi lebih dari 2000 spesies tumbuhan dan hewan—dua pertiganya tidak dapat ditemukan di tempat lain. Fakta menarik lainnya, Lake Baikal memiliki volume air tawar sebanyak 20% air tawar dunia yang tidak beku, lebih banyak daripada gabungan air semua danau besar di Amerika Utara. 

15. Lake Blausee - Swiss

newlyswissed.com

Lake Blausee memiliki air yang jernih karena berasal dari mata air pegunungan yang kaya mineral dari sumber bawah tanah. Terletak di Distrik Frutigen, musim gugur adalah waktu favorit untuk mengunjungi Lake Blausee. Sayangnya, pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang dan memberi makan ikan, namun diperbolehkan untuk memancing di tempat yang telah disediakan.

Itulah lima belas tempat tersembunyi di sudut dunia yang namanya mungkin belum pernah kamu dengar. Tertarik untuk datang dan menikmati langsung keindahan yang ditawarkan? 

IDN Media Channels

Latest from Travel