Miris! 5 Hewan Ini Punah Karena Ulah Manusia Dalam Lima Tahun Terakhir

Hewan-hewan ini tinggal kenangan akibat kelalaian manusia

Miris! 5 Hewan Ini Punah Karena Ulah Manusia Dalam Lima Tahun Terakhir

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Sadar atau tidak, manusia bisa menjadi penyebab hewan punah. Perburuan liar hingga industrialisasi besar-besaran mau tak mau merusak habitat asli para satwa yang hidup di alam liar. Akibatnya, populasi mereka terus berkurang karena hilangnya tempat tinggal dan sumber makanan.

Di bawah ini, Popbela mengumpulkan nama-nama hewan yang punah karena ulah manusia selama lima tahun terakhir. Fakta bahwa ada spesies asli Indonesia dalam daftar ini membuatnya terdengar miris. Padahal, negara kita terkenal akan keberagaman hayati yang tak terhingga jumlahnya.

Lebih lengkap tentang daftar hewan punah tersebut, simak informasinya di bawah ini!

1. Ikan pari jawa

Miris! 5 Hewan Ini Punah Karena Ulah Manusia Dalam Lima Tahun Terakhir

Ikan pari jawa (Java stingaree) baru-baru ini resmi dinyatakan punah. Melalui KTT COP28 yang diadakan di Dubai, spesies ini termasuk ke dalam Red List of Threatened Species atau Daftar Merah Spesies Terancam Punah International Union for Conservation of Nature (IUCN). 

Kepunahan ikan pari jawa dipastikan akibat aktivitas manusia yang melakukan penangkapan secara intensif tanpa regulasi. Hilangnya habitat asli ikan yang berada di pesisir akibat industrialisasi masif juga menjadi faktor lain punahnya spesies ini. 

2. Lumba-lumba sungai yangtze

Pencinta drama Korea mungkin pernah mendengar soal lumba-lumba sungai yangtze dalam Extraordinary Attorney Woo. Woo Young Woo (Park Eun Bin) diceritakan begitu menyukai hewan dengan nama ilmiah Lipotes vexillifer ini. Sayangnya, satwa air tawar ini dinyatakan punah 2019 lalu karena industrialisasi massal di Negeri Tirai Bambu tersebut. Sedih banget!

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here