60% Lebih Menular, 5 Fakta Varian COVID-19 dari India yang Lebih Ganas

Sudah ditemukan di Indonesia

60% Lebih Menular, 5 Fakta Varian COVID-19 dari India yang Lebih Ganas

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Hampir 10 ribu kasus positif COVID-19 tercatat pada 14 Juni 2021 kemarin. Rumah sakit rujukan yang tadinya berangsur lengang, kini kembali dipadati oleh pasien yang terpapar virus COVID-19 tersebut.

Hal yang lebih mengkhawatirkan adalah ditemukan varian baru COVID-19, yakni virus B1617 atau COVID Delta di beberapa daerah di Indonesia. Yakni di Kudus (Jawa Tengah), Jakarta (DKI Jakarta) dan Bangkalan (Jawa Timur).

Mutasi virus yang pertama kali ditemukan di India ini dinilai lebih ganas dari varian sebelumnya. Apa yang membuatnya lebih ganas dan apa gejalanya? Simak faktanya berikut ini.

Mutasi virus yang 60% lebih menular

60% Lebih Menular, 5 Fakta Varian COVID-19 dari India yang Lebih Ganas

Melansir dari NDTV.com, varian baru virus Corona B1617 jauh lebih menular. Bahkan, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan India, virus B1617 ini 60% lebih menular dibandingkan dengan varian mutasi virus sebelumnya.

Hal ini tentu mengkhawatirkan karena menular dengan cepat, yang mengakibatkan rumah sakit dan tenaga kesehatan kolaps. Berdasarkan informasi yang dirangkum dari BBC.co.uk, virus ini sudah menyebar ke berbagai negara. Salah satunya Inggris. Di Inggris, hampir 80% mereka yang terinfeksi, terpapar COVID-19 varian B1617. Varian ini juga sudah ditemukan di Kudus, Jawa Tengah pada awal Juni 2021.

Mayoritas pasien COVID-19 varian baru mengalami diare hebat

Melansir dari Bloomberg, varian Virus Delta B1617 ini bukan hanya menyerang sistem pernafasan. Namun, lebih dari itu, virus ini juga menyerang saluran pencernaan dan mengakibatkan diare yang hebat. 

Abdul Ghafur, seorang dokter penyakit menular di Rumah Sakit Apollo di Chennai, India mengungkapkan bahwa mayoritas pasien baru dari COVID-19 Delta B1617 ini mengalami diare dan masalah pencernaan yang cukup serius. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here