Ini Daftar Wilayah untuk Melihat Gerhana Bulan Sebagian Jumat Ini

Akan jadi Gerhana Bulan Sebagian Terlama

Ini Daftar Wilayah untuk Melihat Gerhana Bulan Sebagian Jumat Ini

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Gerhana Bulan Sebagian akan kembali menghiasi langit nusantara dengan puncaknya pada 19 November 2021 mendatang. Di tahun 2021 sendiri, gerhana Bulan terjadi sebanyak 2 kali; yang pertama Gerhana Bulan Total pada 26 Mei lalu dan kini Gerhana Bulan Sebagian.

Seperti dikutip dari BMKG, Gerhana Bulan Sebagian terjadi saat sebagian piringan Bulan masuk ke umbra (bayangan utama) Bumi. Akibatnya, saat puncak gerhana terjadi, Bulan akan terlihat berwarna gelap sedikit kemerahan di yang terkena umbra Bumi tersebut.

Nah, berikut ini ada durasi dari Gerhana Bulan Sebagian yang akan terjadi 19 November nanti beserta daftar wilayah yang dapat menyaksikannya.

Gerhana Bulan Sebagian Terlama abad ini

Ini Daftar Wilayah untuk Melihat Gerhana Bulan Sebagian Jumat Ini

Gerhana Bulan Sebagian 19 November mendatang menjadi Gerhana Bulan Sebagian terlama abad ini di Indonesia, setidaknya dalam kurun waktu 80 tahun terakhir. Durasi gerhana ini mencapai 3 jam 28 menit, 23 detik.

Puncak gerhana bulan sebagian akan terjadi pada 19 November pukul 16.02.56 WIB/17.02.56 WITA/18.02.56 WIT. Dikutip dari bmkg.go.id, diketahui bahwa durasi gerhana dari gerhana mulai hingga gerhana berakhir adalah selama 6 jam 5 menit 8 detik. Di mana durasi pasialitasnya (durasi Gerhana Bulan Sebagian dari mulai hingga berakhir) adalah selama 3 jam 29 menit 2 detik.

Daftar Wilayah yang dapat menyaksikannya

Berikut daftar wilayah yang dapat menyaksikan proses Gerhana Sebagian dari Bulan Terbit hingga Fase Gerhana Berakhir:

  1. Papua
  2. Maluku
  3. Nusa Tenggara
  4. Sulawesi
  5. Kalimantan
  6. Bali
  7. Sebagian besar Jawa bagian timur
  8. Sebagian Bangka Belitung bagian timur

Sementara daerah di bawah ini hanya dapat melihat Fase Gerhana Penumbra dari Sejak Bulan Terbit hingga Gerhana Berakhir:

  1. Jawa bagian barat
  2. Sumatra

Proses gerhana juga dapat dilihat di Amerika Serikat, Kanada, Meksiko dan Rusia bagian timur. Sebagian besar Asia dan Australia dapat melihat proses gerhana pada fase Bulan Terbit. Sementara Sebagian besar Eropa bagian barat, Sebagian kecil Afrika bagian barat, dan Amerika Selatan dapat mengatami proses gerhana pada fase Bulan Terbenam.

Sedangkan wilayah yang tak dapat mengamati sama sekali gerhana ini adalah Asia bagian barat, sebagian besar Afrika dan sebagian besar Eropa bagian timur.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here