Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Negara Alami Gelombang Panas Terparah, Adakah Indonesia?

Suhu panas sampai tembus sampai 50 derajat Celsius!

Zikra Mulia Irawati

Kamu merasakan akhir-akhir ini begitu gerah, Bela? Rupanya, gelombang panas atau heat wave tengah melanda sejumlah negara Asia, terutama di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Fenomena yang disebabkan oleh pergerakan semu matahari ini membuat suhu rata-rata di beberapa kota mengalami peningkatan. 

Meskipun demikian, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa suhu panas yang melanda Indonesia rupanya bukan termasuk gelombang panas, lho. Berikut daftar negara yang benar-benar mengalami gelombang panas.

1. Bangladesh

dhakatribune.com

Mengutip siaran pers resmi BMKG, Bangladesh tercatat memiliki daerah dengan suhu terpanas dalam fenomena gelombang panas kali ini. Pada 17 April, suhu di kota Kumarkhali, distrik Kusthia tercatat sebesar 51,2 derajat Celsius. 

"Sebuah gelombang panas akut tengah melanda distrik Dhaka, Faridpur, Manikgonj, Pabna, Bagerhat, Jashore, Chuadanga, dan Kushtia. Juga gelombang panas ringan hingga sedang menyapu tempat lain di seluruh negeri dan (memiliki) kemungkinan berlanjut," ungkap Met Office dalam buletin, dikutip dari The Business Standard.

2. India

Di media sosial, netizen tengah dihebohkan dengan suhu ekstrem India yang sampai membuat aspal jalanan meleleh. Penelusuran Popbela menemukan bahwa video tersebut terjadi pada 11 April kemarin, tepatnya di kota Surat. Hal serupa juga dilaporkan terjadi di kota Ahmedabad sebulan sebelumnya, mengutip dari Times of India.

Karena kejadian ini, masyarakat setempat mempertanyakan kualitas aspal yang digunakan oleh kontraktor. Namun, suhu juga diduga berpengaruh mengingat akhir-akhir ini suhu tertinggi di sana mencapai 44 derajat Celsius. Hal ini juga mengakibatkan 13 orang tewas dan muncul anjuran untuk mengurangi kegiatan di luar ruangan.

3. Myanmar

phys.org

Dua kota di Myanmar, Chauk dan Nyaung-U, tercatat memiliki suhu panas di angka 45 derajat Celsius. Gelombang panas ini terjadi lagi setelah pada 2010 lalu Myanmar mengalami suhu panas hingga 47 derajat Celsius dan mengakibatkan 230 orang tewas.

4. Thailand

efe.com

Suhu di kota Tak, Thailand melampaui 45 derajat Celsius pada 15 April lalu. Ditambah lagi, beberapa wilayah juga dilanda asap tebal yang berasal dari pembakaran lahan. Hal ini membuat suhu di sana terasa seperti di angka lebih dari 50 derajat Celsius.

Karena letaknya yang berdekatan, suhu panas ekstrem ini juga berdampak ke negara sekitarnya seperti Kamboja dan Laos. Keadaan diperparah dengan rendahnya intensitas hujan yang terjadi beberapa waktu terakhir.

5. Tiongkok

newscientist.com

Dalam rilis resmi BMKG, disebutkan pula bahwa lebih dari 100 stasiun pengamatan cuaca di Tiongkok mencatatkan suhu tertinggi sepanjang sejarah. Sebagai contoh, salah satu wilayah di Provinsi Yunnan, Yuanyang, mengalami suhu panas ekstrem hingga 42,4 derajat Celsius. Sementara itu, daerah lainnya memiliki suhu yang tak jauh beda dengan beberapa kota di Indonesia, yaitu di kisaran 35 derajat Celsius.

Mengingat ada kemungkinan korban jiwa bisa muncul, jangan lupa untuk tetap menghidrasi diri dengan minum air putih dengan cukup atau rajin mandi, ya, Bela. Meskipun apa yang terjadi di Indonesia tidak separah gelombang panas di beberapa negara di atas, tidak ada salahnya untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, bukan?

IDN Media Channels

Latest from News