Libur Iduladha 2023 Akan Berlangsung 2 Hari? Cari Tau Faktanya! 

Supaya kamu nggak salah hari saat liburan

Libur Iduladha 2023 Akan Berlangsung 2 Hari? Cari Tau Faktanya! 

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Hari Raya Idul Adha akan berlangsung sebentar lagi. Keputusan libur atas perayaan hari besar tersebut diusulkan oleh Abdul Mu'ti selaku Sekretaris Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, yang mana sebelumnya satu hari menjadi dua hari.

Usulan libur menjadi dua hari itu akan dijawab secara resmi oleh Presiden Joko Widodo yang kemudian disampaikan oleh Pratikno selaku Menteri Sekretaris Negara. Bagaimana hasil dari usulan tersebut? Berikut penjelasan hari libur Idul Adha 2023!

Alasan diusulkan 2 hari libur

Libur Iduladha 2023 Akan Berlangsung 2 Hari? Cari Tau Faktanya! 

Adanya perbedaan metode penetapan Hari Raya Idul Adha antara Muhammadiyah dan NU, mengakibatkan terdapat perbedaan tanggal perayaan Idul Adha tahun 2023 dari keduanya. Muhammadiyah menggunakan standar hisab wujudul hilal, sedangkan NU menggunakan metode imkanur rukya.

Sekretaris Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, menjadi orang pertama yang mengusulkan libur Hari Raya Idul Adha 2023 menjadi 2 hari, yakni pada 28 dan 29 Juni 2023. Usulan libur menjadi 2 hari ini bertujuan supaya seluruh masyarakat dapat merayakan Hari Raya Idul Adha 2023 dengan baik.

Telah dikaji terlebih dahulu

Usulan libur dua hari yang datang dari Abdul Mu’ti dilakukan sebuah kajian lebih lanjut oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor.

Usulan libur Idul Adha 2023 menjadi dua hari sudah dirapatkan oleh menteri-menteri tersebut dan hasil rapat sudah diserahkan kepada pejabat eselon I. Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI telah menyelenggarakan sidang isbat penentuan 1 Dzulhijjah 1444 H pada hari ini Minggu, 18 Juni 2023 di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kemenag, Jakarta. Sidang tersebut mendapati hasil bahwa Idul Adha 2023 akan diselenggarakan pada Kamis, 29 Jun 2023.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here