Kota yang terletak di Jawa Barat ini masih kental sekali dengan budayanya. Contohnya, bangunan bersejarah dan batik Cirebon. Kalau kamu sedang berada di sana, bisa mengunjungi tempat wisata populernya. Kota Cirebon juga kerap digunakan untuk singgah, jika melakukan perjalanan panjang. 

Sama seperti kota lain yang punya ciri khas masing-masing. Cirebon juga punya banyak makanan khas yang boleh wajib kamu coba. Kalau akan atau sedang di Cirebon, tapi bingung ingin mencoba yang mana. Berikut referensinya.

Nasi Jamblang

Berkunjung ke Cirebon, Kuliner Ini Wajib Kamu Cobainstagram.com/sibungbung

Makanan ini mirip dengan nasi kucing, namun dibungkus dengan daun jati. Jenis nasi yang disajikan adalah nasi putih. Untuk lauk, kamu bisa memilih sesuai selera. Karena dihidangkan secara prasmanan. Seperti nasi kucing pada umumnya, porsi nasi jamblang ini kecil.

Nasi jamblang termasuk makanan yang masih sangat mudah untuk ditemukan. Sebagian besar kedai nasi jamblang ini buka dari pagi hingga malam hari. Dengan kata lain, makanan ini cocok untuk sarapan, makan siang, atau makan malam.

Empal Gentong

Berkunjung ke Cirebon, Kuliner Ini Wajib Kamu Cobainstagram.com/amungku

Kalau ditanya apa makanan khas Cirebon? Sebagian besar  menjawab empal gentong. Makanan berkuah yang satu ini wajib kamu cicipi saat berkunjung ke Cirebon, karena sangat populer. Kamu masih mudah menemukan kedai makan empal gentong di Cirebon, tinggal pilih yang mana favoritmu. Hidangan ini cocok sekali dimakan bersama nasi hangat atau lontong.

Kalau dilihat, hidangan ini mirip dengan gulai, karena berwarna kuning dari bumbu dan rempah-rempah yang dimasak menggunakan santan. Daging yang dipakai adalah daging sapi, biasanya juga ada jeroan di dalam semangkuk empal gentong. Kamu pun, bisa memilih daging saja atau pakai jeroan. Uniknya, sambalnya pakai cabai bubuk.

Nasi Lengko

Berkunjung ke Cirebon, Kuliner Ini Wajib Kamu Cobainstagram.com/ekaratedr

Nasi lengko merupakan menu sederhana dan tergolong dalam comfort food. Selain itu, porsinya sangat pas. Dalam satu piring, kamu hanya menemukan nasi, tahu, tempe, tauge, irisan daun kucai, dan ketimun. Kemudian, disiram dengan saus kacang dan diberi kecap lokal Cirebon. Nggak lupa juga, taburan bawang goreng.

Hampir sama seperti bubur ayam, nasi lengko pun ada yang diaduk dan sebaliknya. Tergantung selera orang yang mengonsumsi. Makanan ini juga ditemukan di kedai makanan yang menjual sate kambing atau empal asem.

Bubur sup ayam

Berkunjung ke Cirebon, Kuliner Ini Wajib Kamu Cobainstagram.com/kardiovskuliner

Mencari makanan khas sebagai menu sarapan, memang seru. Salah satu menu sarapan yang bisa kamu pilih saat berada di Cirebon adalah bubur sup ayam. Makanan ini juga masih mudah untuk ditemukan. Sebenarnya hampir sama dengan bubur ayam pada umumnya, namun yang membedakannya adalah ditambah dengan sayur kol dan soun.

Ada beberapa yang menambahkan tauco. Kemudian, disiram dengan kuah sup kaldu ayam, sampai semua terendam. Jadi, bukan kuah kuning yang biasanya itu. Perpaduan dua makanan tentu semakin menambah cita rasa.

Serabi Cirebon

Berkunjung ke Cirebon, Kuliner Ini Wajib Kamu Cobainstagram.com/fitrialmirashop

Sebuah kota kurang lengkap kalau belum menemukan kue tradisional. Jangan khawatir, Cirebon punya beberapa, salah satunya adalah serabi. Kota ini juga punya hal-hal yang membedakannya, yaitu rasanya yang lebih gurih. Kalau dari bentuknya, hampir sama dengan serabi yang ada di Jawa Barat.

Kue tradisional ini biasanya sebagai pengganti menu sarapan. Serabi Cirebon ini juga berhasil bertahan di persaingan kuliner yang semakin ketat. Beragam toping bisa kamu pilih, mau yang manis atau asin. Buat yang suka tantangan, jangan ragu untuk coba serabi oncom.

Gapit

Berkunjung ke Cirebon, Kuliner Ini Wajib Kamu Cobainstagram.com/nokjajan

Masih dengan kue tradisional asal Cirebon. Gapit memang banyak dibeli untuk dijadikan oleh-oleh. Namun untuk masyarakat Cirebon, gapit masih menjadi suguhan tamu yang singgah ke rumah atau kumpul keluarga. Kue kering ini banyak permintaan ketika Hari Raya dan libur panjang. Bentuknya tipis, teksturnya renyah, dan rasa gurih.

Tergolong kue kering yang ringan, walaupun berbahan dasar tepung dan kelapa. Cara memasaknya pun hanya dipanggang menggunakan dua lempengan besi, sehingga menghasilkan bentuk yang pipih. Kamu juga bisa membeli gapit di toko oleh-oleh.

Sirup Tjampolay

Berkunjung ke Cirebon, Kuliner Ini Wajib Kamu Cobainstagram.com/nokjajan

Satu jenis minuman yang wajib kamu coba di Cirebon dan bisa juga dijadikan oleh-oleh. Sirup ini berhasil bertahan hingga sekarang dan mampu bersaing beragam produk serupa yang ada di pasar. Sirup Tjampolay termasuk ke dalam minuman ikonik kota ini. Biasanya sirup ini dipakai sebagai pelengkap pada es campur di Cirebon.

Untuk varian rasa, tjampolay punya beragam pilihan. Mulai dari asam jeruk, nanas, rozen rose, mangga gedong, kopi moka, sampai yang paling favorit, pisang susu. 

Jangan lupa baca daftar ini kalau akan atau sedang berkunjung ke Cirebon. Perhatikan pula jam buka kedai makan pilihan kamu, ya.

Baca Juga: Ini Lho 5 Kuliner Yogyakarta Cocok untuk Kantong Mahasiswa