Setiap orang punya selera dan pilihan makanannya. Mulai menu tradisional hingga hidangan mewah. Memang nggak salah sesekali mencoba hidangan mewah dengan teknik gastronomi. Tapi, semua orang nggak gampang untuk meninggalkan makanan sederhana. Maksudnya di sini adalah makanan yang bisa dibuat dengan mudah, enak, dan membuat kenyang. Biasa disebut dengan comfort food.

Makanan seperti ini memang terkesan biasa, tapi selalu menjadi favorit. Nggak selalu makanan lokal, dari manca negara juga bisa. Pernah kamu bingung, kenapa orang sangat menikmati hidangan comfort food dan nggak bisa lepas? Ternyata ada beberapa alasan dibaliknya.

5 Alasan Orang Suka Memilih Comfort Food

Ternyata ada hubungan yang kuat antara aroma makanan dengan momen yang pernah kamu lewati. Dengan kata lain, aroma makanan bisa membawamu pada suatu kenangan. Baik itu dengan keluarga, pacar, hingga pengalaman tertentu. Aroma makanan bisa menghasilkan hal yang positif sehingga kamu merasa kembali pada memori masa lalu. Itulah sebab jika rindu tempat atau seseorang, kamu akan mencari makanan yang mengingatkan pada mereka.

5 Alasan Orang Suka Memilih Comfort Food

Kalau diperhatikan dalam merayakan sesuatu dengan comfort food nggak pernah terlewatkan, walaupun kamu makan di restoran atau café. Sendirian atau bersama-sama. Karena, makanan ini bagian dari kesenangan dan perayaan. Meskipun kamu tahu bahwa makanan seperti ini kurang sehat. Tapi, kurang lengkap rasanya kalau merayakan sesuatu dengan hidangan sehat. Tanpa es krim, donat, ayam goreng, kentang goreng atau gorengan lain misalnya. Pasti ada sesuatu yang kurang, kan.

5 Alasan Orang Suka Memilih Comfort Food

Mencium aroma dan makan makanan favorit bisa juga membuat senang dan relaksasi diri. Ini karena kamu memilih makanan sesuai dengan suasana hati pada saat itu. Biasanya sebagai penghargaan diri setelah bekerja keras, kamu memilih makanan nyaman. Atau ketika suasana hati sedang kurang baik, pelarian adalah memilih makanan yang seperti ini. Pilihan makanan ini juga berlaku saat suasana hati sedang baik-baik saja. Hal-hal seperti ini secara nggak langsung bisa bikin kamu merasa lebih tenang.

5 Alasan Orang Suka Memilih Comfort Food

Dalam memilih soal makanan, tentu saja yang mengenyangkan, harga terjangkau, dan enak. Secara nggak langsung ini bisa memuaskan kamu, karena nggak perlu mengeluarkan dana yang berlebihan. Di sisi lain, jenis makanan ini penuh dengan gula, garam, karbohidrat, dan tinggi lemak. Yang secara nggak langsung akan diterima oleh otak sebagai respon yang menyenangkan. Efeknya, diri sendiri merasa lebih bahagia setelah mengonsumsi makanan yang seperti itu.

5 Alasan Orang Suka Memilih Comfort Food

Mencari makanan nyaman itu nggak susah, karena bahan-bahan mudah didapat dan kamu bisa memasaknya sendiri. Kalau mau yang lebih praktis, kamu bisa membelinya. Harganya pun sangat bisa kamu jangkau. Misalnya, mie instan dengan telur goreng, burger bersama kentang goreng, makanan warteg, pizza dipadu minuman bersoda, dan masih banyak lagi. Sangat mudah didapatkan dan banyak variasi, sehingga kamu susah lepas dengan makanan yang seperti ini.

Baca Juga: Bukan Kue Kekinian, Ini 7 Bisnis Rumah Makan Punya Artis Tanah Air