Makan nasi saja rasanya belum cukup kalau nggak dilengkapi cemilan. Kita mungkin sering memilih chiki, coklat, keripik, atau gorengan untuk dikonsumsi. Padahal, banyak jajanan tradisional yang jauh lebih menyehatkan. Meski porsinya yang kecil, makanan ini sebenarnya bisa mengenyangkan. Sayang, saat ini kita mungkin udah susah menemukannya.

Klepon

Enak dan Lezat, Jajanan Tradisional ini Justru Sulit Dicariresepdanmasakan.com

Menjadi jajanan favorit, kue ini sebenarnya dibuat dengan bahan sederhana. Adonan tepung beras ketan yang dibentuk menjadi bulat diisi gula merah pada bagian dalam sebelum dikukus. Jangan kaget dengan cairan gula yang muncrat saat kamu mengigitnya. Jangan khawatir eneg, adonan ketan yang tawar dan taburan kelapa parut gurih diatasnya bisa menyeimbangkan rasa menjadi nggak terlalu manis!

Putu

Enak dan Lezat, Jajanan Tradisional ini Justru Sulit Dicariberwirausaha.net

Mirip dengan klepon, putu juga terbuat dari tepung beras ketan yang diisi dengan gula merah dan taburan kelapa parut. Biasanya, jajanan ini akan dibuat langsung saat kamu memesannya. Disajikan hangat saat malam hari, jajanan ini bisa menjadi teman wedang jahe atau kopi yang nikmat. Biasanya makanan ini dijual dengan bunyi khas seperti bunyi uap dari cerobong kereta api.

Jenang

Enak dan Lezat, Jajanan Tradisional ini Justru Sulit Dicariinespuspita.wix.com

Kalau di Jawa Barat terkenal dengan dodol,  maka di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur banyak yang mengenal makanan ini dengan sebutan jenang. Meski begitu, jenang memiliki tekstur yang lebih lembek dan berminyak saat di pegang. Terbuat dari tepung beras dan tepung ketan membuat makanan ini cukup mengenyangkan loh.

Gulo Puan

Enak dan Lezat, Jajanan Tradisional ini Justru Sulit DicariTwitter.com/@donywdnt

Berasal dari Palembang, makanan ini dulu hanya disajikan hanya untuk bangsawan. Teksturnya yang seperti karamel dan sedikit berpasir cocok untuk menjadi campuran kopi atau olesan roti. Bagi beberapa orang, makanan ini bahkan terasa seperti keju manis. Terbuat dari susu kerbau yang dipanaskan dalam waktu yang lama membuat makanan ini menjadi istimewa. Nggak heran harganya menjadi cukup mahal.

Bassang

Enak dan Lezat, Jajanan Tradisional ini Justru Sulit Dicarifoody.id

Kalau kamu belum pernah mendengarnya, makanan ini merupakan bubur jagung putih yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Sulawesi. Campuran jagung putih yang dimasak bersama santan, gula putih dan sedikit garam membuat makanan ini enak untuk dikonsumsi selagi hangat. Rasanya yang manis dan gurih membuat kamu ketagihan untuk menghabiskannya.

Nagasari

Enak dan Lezat, Jajanan Tradisional ini Justru Sulit Dicariresepmasakandapurindonesia.blogspot.com

Siapa yang nggak suka jajanan basah yang sering dijajakan di pasar? Nagasari menjadi salah satu jajanan favorit bagi banyak orang. Dibuat dari olahan tepung beras, santan, dan gula yang kenyal dan diisi oleh potongan pisang yang manis semakin nikmat dengan aroma daun pandan yang membungkusnya. Satu saja nggak cukup!

Cenil

Enak dan Lezat, Jajanan Tradisional ini Justru Sulit Dicaritulungagungtourism.com

Warna-warni dan menggemaskan, saat ini cenil sudah sangat sulit untuk ditemukan. Dibuat dari pati ketela pohon, makanan ini dibentuk bulat-bulat seukuran bola kelereng. Adanya campuran santan dan daun pandan membuat cemilan ini memiliki wangi yang khas dan menggugah selera. Diatasnya, cenil juga dilengkapi oleh kelapa dan gula pasir saat disajikan.

Selain terbuat dari bahan alami yang menyehatkan, jajanan tradisional juga jarang menggunakan bahan kimia atau campuran zat aditif. Meskipun sama, terkadang jajanan di satu daerah memiliki nama yang berbeda dari daerah lainnya. Nah Bela, jajanan apa sih yang khas dari daerah asalmu?  

 

BACA JUGA: Makanan yang Diperkirakan Akan Booming di 2018