Sushi, makanan khas Jepang yang sangat popular di Indonesia. Nggak hanya rasanya yang lezat, tapi kamu bisa menemukan varian bentuk baru yang bisa kamu temukan di restoran Jepang. Mulai dari crab, salmon, tuna, beef, dan aneka varian rasa lainnya.

Ternyata kamu bisa membuat sushi di rumah yang nggak kalah enak dengan yang ada di restoran lho, Bela! Bahkan kamu bisa menyesuaikan dengan keinginanmu, mulai dari isian yang lebih banyak hingga ukurannya. Inilah tips membuat sushi di rumah.

1. Pilih jenis beras asli Jepang

Tips Membuat Sushi di Rumahfreepik.com/freepik

Beras yang akan dibuat dengan sushi ini berbeda dengan jenis beras pada umumnya. Biasanya, beras Jepang mempunyai bentuk lebih kecil dan pendek. Saat dimasak pun akan lebih lengket, hal ini akan memudahkanmu saat menggulungnya.

Kamu bisa menemukan di supermarket dengan harga sekitar Rp 45-60 ribu per kilogram.

2. Crabstick membuat rasa sushi lebih gurih

Tips Membuat Sushi di Rumahfreepik.com/poringdown

Jika kamu nggak mau repot dengan isian yang bermacam-macam, crabstick bisa menjadi salah satu pilihanmu. Potong crabstick tipis-tipis, lalu masak bersama dengan beras. Hal ini akan membuat nasi Jepangmu akan terasa lebih gurih!

3. Campurkan cuka

Tips Membuat Sushi di Rumahfreepik.com/rawpixel

Memakan sushi paling lengkap bersama dengan cuka. Kamu bisa mencampur cuka biasa, garam dan gula untuk menjadi campuran cukamu. Jika kamu suka rasa pedas, tambahkan bubuk cabai ke dalamnya.

4. Diamkan nasi yang masih panas

Tips Membuat Sushi di Rumahfreepik.com/freepik

Mungkin aroma nasi yang panas akan membuatmu tergoda ingin segera mengonsumsi sushi homemade-mu. Akan tetapi nasi yang masih panas bisa membuat campuran cua sulit merata dan menggumpal, bahkan nasi ini bisa merusak tekstur rumput laut yang masih krispi.

5. Dinginkan nasi sambil beri campuran cuka

Tips Membuat Sushi di Rumahfreepik.com/freepik

Suhu nasi juga berpengaruh untuk cita rasa sushi yang dibuat. Nasi hangat merupakan takaran pas untuk memberi campuran cuka. Jangan lupa diaduk rata ya, Bela. Susi homemade-mu akan menjadi enak saat disantap selagi hangat.

Baca Juga: Cara Membuat Omelet Perancis yang Sempurna