Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cita Rasa Jadul, Ini 10 Daftar Toko Roti Tertua di Indonesia

Menjadi favorit masyarakat lokal

Cynthia Claudia

Roti telah dikenal sebagai camilan favorit masyarakat, yang juga biasanya dinikmati sebagai sarapan. Telah hadir berbagai toko roti yang berkompetisi menjual roti-roti terbaik.

Namun, sebenarnya roti sudah dinikmati sejak zaman dulu. Toko-toko roti legendaris yang sudah hadir sejak zaman dulu ini masih mampu bertahan hingga saat ini.

Kenikmatan dari resep lama yang menghasilkan cita rasa jadul ini yang membuat toko-toko ini masih mampu bertahan.

Berikut ini adalah daftar toko roti tertua di Indonesia yang wajib kamu coba.

1. Toko Roti Ganep, Solo

Alamat: Jl. Sutan Syahrir No.176, Setabelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Instagram: @ganep.tradisisolo

Salah satu daftar toko roti tertua di Indonesia adalah Toko Roti Ganep, yang sudah hadir sejak tahun 1881. Toko roti ini sudah menjadi langganan keluarga Keraton Kasunanan. 

Toko roti ini didirikan oleh Than Tiang San dan Auw Liek Nio, dan telah diwariskan sampai 6 generasi. Varian roti unggulan di toko ini adalah Roti Kecik, yang dibuat dari beras ketan sangrai yang dibumbui kayu manis dan dipanggang kering.

2. Toko Oen, Semarang

Alamat: Jl. Pemuda No.52, Bangunharjo, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Instagram: @tokooen

Banyak yang sudah mengenal Toko Oen sebagai salah satu toko roti tertua di Indonesia. Toko roti ini didirikan pada tahun 1922 oleh Oen Tjoen Hok dan istrinya Ny. Liem Gien Nio di Yogyakarta.

Toko roti Oen yang cabangnya ada di berbagai kota ini mengangkat konsep toko roti yang tidak hanya menjual roti, namun juga aneka kue kering, es krim, sampai makanan berat.

3. Tan Ek Tjoan, Bogor & Jakarta

Alamat: Jalan Siliwangi No.176 Sukasari, Lawanggintung, Kota Bogor, Jawa Barat.

Instagram: @tanektjoanbogor

Tan Ek Tjoan dikenal sebagai toko roti gaya tempoe doeloe, yang sudah berdiri sejak tahun 1920. Selain berkunjung ke tokonya, kamu juga bisa menemukan penjual keliling yang menjual roti Tan Ek Tjoan.

Roti jadul favorit dari toko ini adalah ontbijtkoek khas roti Belanda yang terbuat dari rempah-rempah. Selain itu, tersedia juga aneka roti lainnya seperti roti cokelat siram, srikaya, mocca, pandan, dan lain-lain.

4. Toko Roti Sidodadi, Bandung

Alamat: Jl. Otto Iskandar Dinata No. 255, Karanganyar, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung.

Instagram: @toko_sidodadi_bandung

Toko Roti Sidodadi adalah salah satu dari toko roti tertua di Indonesia yang juga populer. Toko yang sudah hadir sejak tahun 1954 ini didirikan oleh bapak Hiendrawan Kosasih, yang merupakan warga Bandung.

Varian roti yang tersedia di toko ini adalah roti gambang, roti tawar, dan aneka kue tradisional lainnya seperti onde-onde, carabikang, risoles, dan lain-lain.

5. Toko Djoen, Yogyakarta

Alamat: Jl. Margo Mulyo No.78, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

Telepon: (0274) 512443

Daftar toko roti tertua selanjutnya di Indonesia adalah Toko Djoen. Toko roti yang sudah hadir sejak tahun 1930an ini bangunannya benar-benar mencerminkan nuansa jadul. 

Didirikan oleh Bapak Tan Lian Ngau, tersedia berbagai macam roti yang sudah jadi favorit masyarakat di toko ini. Mulai dari roti roll, roti semir, bagelen roombotter, dan masih banyak lagi.

6. Toko Roti Go, Purwokerto

Alamat:  Jl. Jend. Sudirman Jl. Kauman Lama, Kauman Lama, Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Jawa Tengah.

Instagram: @roti_go

Toko Roti Go yang berada di Purwokerto, Jawa Tengah ini didirikan oleh pasutri Go Kwe Ka dan Oei Oak Ke Nio pada tahun 1898. Pilihan roti yang paling favorit di sini adalah Amandelbrood, Koffiebrood, roti cumcum, dan lain-lain.

Toko Roti Go sampai sekarang pun menjadi destinasi wisata kuliner yang wajib dikunjungi para wisatawan yang berkunjung ke kota Solo.

7. Toko Roti Mandarijn Orion, Solo

Alamat:  Jl. Jend. Urip Sumoharjo No.80, Purwodiningratan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Instagram: @mandarijnorion

Toko Roti Mandarijn Orion dirikan oleh pasutri bernama Tjan Giok Nio dan Njoo Hong Yauw pada tahun 1932. Hinggat saat ini, toko ini tidak pernah sepi. Roti yang paling terkenal di sini adalah roti lapis mandarin, yang terdiri dari tiga rasa yaitu nanas, kismis, dan rum butter.

8. Lauw Bakery, Jakarta

Alamat: Jl. RS. Fatmawati Raya No.42, RT.9/RW.7, Cipete Utara, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan.

Instagram: @lauwroti

Bagi warga Jakarta, mungkin sudah nggak asing ladi dengan yang namanya Roti Lauw/ Lauw Bakery. Roti Lauw sudah diperkenalkan oleh penjual roti keliling menggunakan gerobak yang berwarna biru putih.

Roti yang berdiri pada tahun 1940 ini didirikan oleh Lauw Tjoan To. Pilihan rotinya yang paling laris adalah varian roti gambang, yang dikenal dari aroma kayu manisnya yang kuat. 

Itulah daftar toko roti tertua di Indonesia yang wajib kamu coba, Bela, ketika kamu sedang berwisata keliling Indonesia. Mana, nih, kira-kira roti yang kamu ingin coba dari daftar di atas?

IDN Media Channels

Latest from Food