Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Anti Ribet, 6 Tips Memasak Efektif bagi Anak Kosan

Hemat waktu dan praktis

Audia Natasha Putri

Menjadi anak kos tentu merupakan tantangan tersendiri dalam menghemat pengeluaran, terutama menyiapkan menu makan. Salah satunya adalah memasak sendiri. Selain lebih murah, kualitas menu makan pun terjamin dengan cita rasa lezat dan gizi seimbang. Namun, ada beberapa tips agar kamu bisa membuat menu masakan praktis dan anti repot, cocok bagi kamu yang memiliki jadwal aktivitas yang padat.

Tak perlu menunggu lama, berikut adalah 6 tips menyiapkan menu makan yang bisa kamu terapkan. Yuk, scroll down!

1. Susun menu dalam seminggu

/www.thrillist.com

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menyusun menu makan dalam seminggu. Menu makan ini terdiri dari sarapan, lunch, dan makan malam. Selain itu, tentukan juga sumber protein, serat, dan karbohidrat apa saja yang kamu inginkan.

Kamu juga bisa membuat anggaran belanja untuk menu tersebut selama seminggu. Cukup luangkan waktu 30 menit - 1 jam seminggu sekali, kamu bisa menulis daftar bahan makanan, jadwal menu harian, atau biaya yang dikeluarkan.

2. Simpan bahan makanan dengan tepat

Freepik.com

Agar bahan makanan tetap segar dan awet,  kamu perlu menyimpannya dengan tepat di kulkas, sesuai jadwal menu yang sudah ditentukan. Kamu bisa meletakkan sayuran berbatang seperti bayam, caisim, kangkung dan pokcoy ke wadah berisi air dan simpan di freezer untuk menjaga kesegarannya.

Mempipil jagung dan memotong wortel sesuai selera dalam satu kotak juga dapat menghemat tempat. Agar makanan makin gurih dan nikmat, kamu juga bisa membuat kuah kaldu sendiri dengan tulang ayam dan simpan dalam dalam kulkas. 

3. Bikin lauk kering

Cookpad.com

Bagi kamu anak kos yang super sibuk dan tak punya waktu lebih untuk memasak, lauk kering bisa menjadi pilhan. Beberapa contoh lauk kering yang bisa kamu masak di antaranya orek teri kering, ayam dan tempe-tahu bumbu kuning, bacem, dan sambal cumi. Lauk kering ini dapat bertahan berhari-hari di dalam kulkas tanpa khawatir membusuk atau basi.

4. Masak beberapa bahan makanan dalam satu bumbu

Cookpad.com

Tips penting agar lauk kering lebih bervariasi adalah memasak beberapa sumber protein dalam satu bumbu. Misal, ketika kamu memasak ayam bumbu kuning, kamu bisa menambahkan tempe, tahu, bahkan telur yang nantinya dapat disimpan kemudian digoreng.

5. Miliki alat masak sederhana dengan beragam fungsi

Unsplash.com

Agar hemat waktu dan efisien, kamu bisa membeli alat masak sederhana namun multifungsi, seperti rice cooker dan air fryer. Dengan rice cooker, kamu tak hanya memasak beras saja, tetapi juga memasak sup dan tumis sayur, membuat nasi goreng, bahkan semir daging.

Airfryer tak kalah ajaibnya. Dengan alat ini, kamu bisa "menggoreng" bahan makanan tanpa minyak yang menghasilkan lauk bertekstur renyah berwarna kecokelatan. Menu makanan yang dimasak dengan air fryer memiliki kalori hingga 70-80 persen lebih rendah daripada makanan yang dimasak dengan minyak panas.

6. Buat bumbu siap saji sendiri

Cookpad

Bumbu siap saji berbeda dengan bumbu instan, yang merupakan olahan pabrik. Adanya bumbu siap saji yang praktis dan mempersingkat waktu memasak.

Bumbu siap saji dibuat secara homemade dengan berbagai rempah dan bumbu dapur, seperti lada, kapulaga, bawang-bawangan, dan cabai, lalu digiling hingga halus. Beberapa ide bumbu saji yang bisa kamu buat di antaranya bumbu merah, kuning, dan putih yang dapat diolah menjadi berbagai hidangan.

Sebaiknya bumbu siap saji ditumis dulu hingga kadar airnya berkurang dan sedikit kering agar dapat disimpan dalam waktu lama.

Apakah ada tips masak ala anak kosan yang kamu tahu, Bela? Tulis di kolom komentar, ya!

IDN Media Channels

Latest from Food