Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Langkah Mengolah Cumi Agar Tidak Bau Amis Saat Disantap

Tidak hanya dicuci bersih dan dilumuri dengan lemon

Natasha P.

Selain ikan, cumi seringkali menjadi salah satu aneka seafood yang cukup disukai. Sama seperti hidangan laut lainnya, cumi juga mengeluarkan berbau amis saat dimasak. Berbeda dengan ikan, cara mengolah cumi terbilang cukup tricky.

Lantaran, apabila cumi tidak dibersihkan secara baik, maka akan mengurangi cita rasa dan menghasilkan bau amis yang menyengat pada masakan. Karena itu, pastikan untuk membeli cumi segar dengan permukaan yang halus, mengilap, dan tak mengeluarkan bau amis yang menyengat.

Berikut adalah cara membersihkan cumi yang benar agak tak mengeluarkan bau amis. Check it out!

1. Buang kepala cumi

Unsplash.com/John Cameron
  1. Kepala cumi menjadi bagian yang jarang dimanfaatkan. Lantas, cara pertama membersihkan cumi adalah dengan membuang bagian kepalanya.
  2. Caranya cukup simpel. Pertama pegang bagian ekor dan badan, lalu tarik kepala cumi secara perlahan dan hati-hati.
  3. Jangan terlalu kencang saat menarik kepala cumi, supaya kantung tinta cumi tidak pecah dan membuat daging cumi menjadi kotor.

2. Bersihkan membran cumi

Freepik

Sering melihat bintik-bintik hitam pada kulit cumi saat membelinya di pasar, Bela? Bukan kotoran, bagian itu disebut dengan membran cumi atau bagian kulit cumi yang berwarna gelap.

Agar hidangan cumi terlihat bersih dan enak dipandang, hilangkan membran cumi dengan melepaskan bagian kulit dengan tangan secara perlahan.

3. Potong kantung tinta

Leiths.com

Kantung tinta terletak secara linear dengan jeroan cumi. Biasanya kamu akan menemukannya saat kamu memotong kepala cumi.

Cara membuangnya cukup mudah. Tarik kantung tinta tersebut secara perlahan dan buang. Jika kamu tak tidak sengaja memecahkan kantung tinta saat memotongnya, segera bersihkan daging cumi dengan air mengalir.

4. Buang tulang cumi

Leiths.com

Langkah membersihkan cumi selanjutnya adalah membuang bagian tulang rawan cumi. Ciri tulang rawan cumi terletak pada warnanya yang transparan dan berbentuk duri besar tipis.

Untuk membuang tulang cumi, kamu hanya perlu menarik keluar menggunakan jari setelah memotong bagian kepalanya.

5. Buang bagian gigi

Lemon8

Gigi cumi memiliki ukuran kecil dan berwarna hitam. Biasanya kamu akan menemukanya saat sedang membersihkan bagian tentakel.

Nah, bagi kamu yang ingin mengolah bagian tentakel dan kepala cumi, sebaiknnya buang bagian gigi cumi terlebih dahulu. Cara membuangnya yakni dengan menekan bagian tersebut secara perlahan dan memutar kemudian lepaskan.

6. Bersihkan dengan air mengalir

Youtube.com/bartsfishtales

Setelah membersihkan cumi dari bagian tidak penting, kiranya kamu perlu membilasnya dengan air mengalir. Langkah ini dilakukan untuk menghilangkan sisa tinta, tulang, atau organ bagian dalam yang tertinggal di tubuh cumi.

7. Lumuri dengan perasan lemon atau jeruk nipis

The Spruce Eats

Zat asam yang tinggi pada jeruk nipis dan lemon terkenal ampuh dalam menghilangkan aroma amis pada seafood dan aneka daging. Caranya cukup simpel. Baluri seluruh bagian cumi dengan air perasaan jeruk nipis atau lemon, lalu biarkan selama beberapa menit.

Setelah aroma amis menghilang, bilas cumi kembali dengan menggunakan air mengalir, lalu keringkan dengan tisu atau lap.

Demikian langkah cara menghilangkan bau amis pada cumi. Semoga bermanfaat dan happy cooking, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Food