Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Oleh-oleh Khas Magelang Lezat dan Murah

Ada jenang hingga permen tape

Natasha P.

Bagi kamu yang sedang atau berencana berlibur ke Magelang, nggak ada salahnya membeli buah tangan untuk orang terdekat. Cendera mata khas Magelang terdiri dari ragam jenis, mulai dari mode, aksesori, kerajinan tangan, hingga kuliner khas Magelang.

Tak perlu bingung ingin membeli apa, Popbela telah merangkum rekomendasi oleh-oleh khas Magelang yang bisa kamu dapatkan di setiap sudut kota. Lewat daftar ini, semoga kamu bisa menemukan preferensi oleh-oleh yang diinginkan.

1. Getuk trio

Agenda Indonesia

Sesuai dengan namanya, getuk trio adalah kudapan manis yang terdiri dari tiga lapis getuk yang kenyal. Kudapan ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Magelang yang diburu para wisatawan.

Dengan menggunakan bahan baku singkong, getuk trio memiliki rasa yang manis serta bertekstur pulen. Satu gigitannya memberikan sensasi kenyal, namun tetap lembut di lidah.

2. Getuk bolen

Cookpad.com

Tak kalah eksis dengan getuk trio, getuk bolen menjadi cemilan favorit banyak orang. Walau sama-sama terbuat dari singkong, getuk bolen memiliki rupa mirip bolen, di mana kue ini berbalut puff pastry. Getuk bolen biasanya berisi aneka topping dan pasta manis, seperti cokelat, strawberry, pisang, dan blueberry.

3. Wajik

Visit Magelang

Kue basah berwarna cokelat bertekstur lembut ini menjadi oleh-oleh Magelang yang pantang untuk dilewatkan. Rasanya yang manis dan legit cocok sekali menjadi teman untuk minum teh. Kamu bisa membeli kue ini di toko oleh-oleh di seluruh Magelang.

Dari sekian banyaknya merek, Wajik Week menjadi wajik legendaris lantaran sudah diproduksi sejak puluhan tahun lalu. 

4. Pothil

Borobudurnews.com

Bagi kamu penggemar cemilan gurih, tak afdol rasanya kalau nggak memboyong pothil sebagai oleh-oleh. Bentuknya bulat dan bertekstur kering dan renyah ketika digigit, menjadi cemilan favorit ketika nongkrong. Pothil terbuat dari singkong yang dihaluskan yang sudah diberi bumbu rempah dan penyedap rasa. Setelahnya, adonan lalu diaduk rata diadon, dan digoreng hingga kering.

5. Tape ketan

Mijil.id

Ingin membeli kudapan basah khas Magelang tapi takut basi ketika dibawa pulang? Tenang, tape ketan bisa menjadi pilihan untukmu. Tape berbahan dasar ketan ini memiliki tekstur yang sedikit keras, namun tetap lembut karena mengandung air yang banyak.

6. Slondok

Gurusiana.com

Selain pothil, kamu bisa membeli caemilan kering khas Magelang yang tak kalah terkenal. Slondok namanya. Mirip dengan kerupuk, umumnya slondok terbuat dari singkong atau ketela yang sudah dibaluri berbagai bumbu tabur. misalnya keju, balado, atau barbecue.

Camilan ini cukup menjamur dan kerap dijual di toko oleh-oleh atau pasar tradisional di Magelang. Slondok juga bisa menjadi inspirasi oleh-oleh khas Magelang yang murah dan terjangkau.

7. Grubi

Resepedia.com

Magelang memiliki sejuta inovasi untuk menciptakan camilan murah dengan rasa yang menggiurkan. Termasuk grubi yang merupakan camilan berbahan ubi yang wajib kamu coba. Snack ringan bercita rasa manis ini berbentuk bulat serabut mirip rambutan dan berbalut gula merah. Tekstur kriuk di mulut bersatu padu dengan manisnya gula merah, membuat cemilan ini cukup disukai banyak orang.

Harganya cukup ramah di kantong. Dengan Rp20 ribu, kamu bisa membeli beberapa biji grubi.

8. Buntil

Borobudurnews.com

Buntil adalah lauk khas Magelang yang terdiri dari daun talas yang sudah dibumbui dan diberi isian berisi campuran ikan asin, udang, petai, dan parutran kelapa. Lauk satu ini cocok dimakan bersama nasi panas dan sambal.

Kamu bisa membelinya di pasar tradisional dan memboyongnya sebagai oleh-oleh. Walaupun merupakan lauk basah, proses pembuatan buntil membutuhkan waktu cukup lama, sehingga cukup awet dan tak mudah basi dalam jangka waktu yahg lama.

9. Jenang

Pinhome.com

Banyak orang menyebut oleh-oleh ini sebagai dodol. Secara tekstur dan rasa, jenang dan dodol memiliki kesamaan. Teksturnya yang chewy, namun tetap lembut ketika digigit. Rasanya yang manis dan pekat di lidah menambah kesempurnaan camilan ini.

Semakin majunya zaman, penjual jenang pun berinovasi menciptakan rasa yang unik dan menyesuaikan lidah masyarakat modern. Mulai dari rasa stroberi, cookies and cream, cokelat, bahkan green tea pun turut hadir.

10. Permen tape

Youtube.com

Tape disulap menjadi kue dan gorengan sudah biasa. Kalau permen tape, baru menarik dan anti-mainstream. Sama seperti tape pada umumnya, permen tape terbuat dari singkong fermentasi. Hanya saja, olahan tape ini dikeringkan di dalam oven bersuhu tinggi dan dibalur parutan kelapa dan gula. Kombinasi rasa manis dari gula pun kontras dengan rasa asam dari fermentasi tape. Tentunya, pengalaman ini memberikan sensasi unik di lidah.

11. Unthuk cacing

Cookpad.com

Tenang, Bela. Walaupun bernama unthuk cacing, camilan ini tak terbuat dari cacing, kok. Justru, ceamilan ini terbuat dari adonan berbahan tepung ketan, telur, dan margarin yang digoreng kering dalam minyak panas.

Camilan ini dinamakan cacing karena berbentuk bulat melingkar, mirip dengan cacing pita. Camilan ini dapat bertahan lama hingga satu bulan dan cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga. Apalagi dengan rasanya yang gurih-manis dan renyah ketika digigit, membuat cemilan ini cukup populer di Magelang.

Dari daftar di atas, mana nih, yang mau kamu bawa pulang, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Food