Jawa Timur mempunyai banyak sekali makanan khas yang menjadi ikon Nusantara. Ada beberapa yang mungkin belum pernah kamu temui. Kekayaan bumbunya, membuat makanan khas Jawa Timur selalu dirindukan oleh semua orang.

Nggak ada salahnya jika kamu berkunjung ke sini, kamu bisa mencoba berbagai makanan khas Jawa Timur yang nggak kamu temui di tempat asalmu.

Wah, kira-kira apa saja, ya, makanan andalan Jawa Timur?

1. Rawon

Semua Menggiurkan, Inilah 8 Makanan Khas Jawa Timurinstagram.com/ niladriana

Rawon mempunyai cita rasa yang khas sekali. Warna hitam dari kuahnya berasal dari kluek, yaitu sejenis bumbu dapur untuk masakan rawon ini. Dengan campuran daging ataupun jeroan di kuahnya, tak lengkap rasanya jika menikmati rawon tanpa nasi putih hangat, kerupuk udang, taoge dan telur asin.

Dijamin, kamu akan suka dengan makanan khas Jawa Timur ini.

2. Rujak Cingur

Semua Menggiurkan, Inilah 8 Makanan Khas Jawa Timurinstagram.com/the.lucky.belly

Makanan khas Surabaya ini merupakan perpaduan dari rujak dengan tambahan cingur di atasnya. Cingur merupakan bagian hidung dari sapi yang sudah direbus. Irisan tempe, tahu, timun, nanas, lontong, sayuran ini menambah lengkap makanan khas Jawa Timur ini.

Bumbu kacang serta petis diulek di cobek besar yang nantinya akan dicampur bersama bahan-bahan lain di cobek itu juga.

3. Soto Lamongan

Semua Menggiurkan, Inilah 8 Makanan Khas Jawa Timurinstagram.com/sarah_ari_nugroho

Beberapa wilayah mempunyai soto khas sendiri-sendiri, salah satunya adalah Lamongan. Memiliki kuah bening berwarna kuning, koya, irisan ayam, seledri hingga telur di atasnya membuat lengkap dimakan bersama nasi putih.

Pembeda soto Lamongan dengan soto-soto lainnya adalah adanya koya sebagai topping, yang merupakan bubuk campuran kerupuk udang dan bawang putih.

4. Pecel Madiun

Semua Menggiurkan, Inilah 8 Makanan Khas Jawa Timurinstagram.com/ n4nto

Pecel Madiun nggak jauh beda dari pecel pada umumnya, ada campuran berbagai macam sayuran yang direbus yang disiram dengan bumbu kacang. Namun, hal yang membedakan pecel ini yaitu bumbu pecelnya yang sedikit ada rasa manis menyelip di antara pedas, kemudian disajikan di atas pincuk dari daun pisang.

Nggak lupa memakan makanan khas Jawa Timur ini dengan rempeyek di atasnya.

5. Lontong Balap

Semua Menggiurkan, Inilah 8 Makanan Khas Jawa Timurinstagram.com/ njajan_dulu

Lontong Balap berasal dari Surabaya. Terdiri dari lontong, tahu goreng, taoge dan kecap, kemudian disiram dengan kuah yang khas. Untuk pelengkapnya, biasanya disajikan dengan sate dan lentho, gorengan dari kacang tolo.

Bawang goreng yang ditaburkan di atasnya akan membuatmu semakin ngiler.

6. Sego Tempong

Semua Menggiurkan, Inilah 8 Makanan Khas Jawa Timurinstagram.com/ surabayafoodies

Banyuwangi nggak hanya mempunyai cerita mistis saja, tetapi makanan lezat yang bernama sego tempong. Sajian sego tempong ini berisikan bayam, kubis, kenikir, tahu tempe goreng, ikan asin dan juga sampal yang khas.

Tempong berarti tampar, yang diibaratkan memakan sego tempong mempunyai sambal yang pedas seperti ditampar.

7. Tahu tek

Semua Menggiurkan, Inilah 8 Makanan Khas Jawa Timurinstagram.com/ njajantok_sby

Tahu tek merupakan campuran dari tahu, kentang dan lontong yang dipotong kecil-kecil. Semua bahan tersebut disiram dengan bumbu petis yang khas. Sekilas bumbu petis ini mirip dengan bumbu kacang.

Lebih lengkap lagi jika kamu meminta telor dadar dan taburan kerupuk. Hmm, makanan khas Jawa Timur ini memang harus kamu coba.

8. Pecel Semanggi

Semua Menggiurkan, Inilah 8 Makanan Khas Jawa Timurgoodnewsfromindonesia.id

Ini dia pecel yang semakin sulit dicari padahal enak sekali, Bela. Pecel semanggi merupakan kuliner tradisional khas Surabaya yang terbuat dari daun semanggi dikukus dan disajikan dengan beberapa sayuran lainnya seperti kecambah. Bumbu pecel semanggi sendiri terbuat dari ketela rambat, gula merah, kacang tanah, bawang, garam serta cabai. Jadi, berbeda dengan bumbu pecel yang biasa kamu temui. 

Dari delapan makanan khas Jawa Timur di atas, mana yang paling kamu rindukan atau ingin segera mencobanya?

Baca Juga: 6 Makanan Khas Semarang yang Unik dan Wajib Kamu Cicipi

Baca Juga: 5 Makanan Khas Majalengka yang Wajib Kamu Coba Saat Liburan ke Sana

Baca Juga: Berkunjung ke Cirebon, Kuliner Ini Wajib Kamu Coba