Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Hidangan Vegetarian Terbaik dari Seluruh Dunia, Ada Tempe Goreng

Berdasarkan penilaian di TasteAtlas

Aisyah Banowati

Mengatur pola makan adalah salah satu cara menjaga kesehatan tubuh. Mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang dapat membantu kita memiliki tubuh yang sehat. 

Oleh karena itu, tak sedikit orang yang memilih menjadi vegetarian untuk menerima lebih banyak manfaat kesehatan. Salah satunya mengurangi beberapa risiko penyakit seperti jantung, diabetes, serta kanker usus besar.

Menjadi vegetarian bukan berarti hanya mengkonsumsi sayuran hijau setiap saat. Ada berbagai hidangan vegetarian yang mampu membangkitkan nafsu makan, bahkan disukai para non-vegan.

Diurutkan dari penilaian audience TasteAtlas berdasarkan serangkaian mekanisme, inilah sepuluh hidangan vegetarian terbaik di dunia versi TasteAtlas. Berikut daftarnya.

1. Zeytoon Parvardeh - Iran

virgool.io

Zeytoon Parvadeh atau zaitun acar Persia merupakan hidangan khas Provinsi Gilan di Iran bagian Utara. Sebagai hidangan pembuka, zeytoon parvadeh biasa disandingkan dengan roti khas Iran, roti lavash. Hidangan ini terbuat dari buah zaitun hijau, molase delima, kacang kenari, dan biji angelica yang dikombinasikan dengan bawang putih, minyak zaitun, daun ketumbar dan daun mint.

2. Guacamole - Meksiko

downshiftology.com

Guacamole adalah makanan tradisional Meksiko yang terkenal di seluruh daratan Amerika. Restoran di Meksiko biasa menyajikan guacamole sebagai saus untuk keripik. Untuk bahan baku utama, saus guacamole menggunakan alpukat. 

Cara membuatnya juga mudah. Cukup haluskan alpukat kemudian campurkan dengan potongan bawang putih, tomat, paprika, dan daun ketumbar. Untuk rasa, beri perasan jeruk nipis dan taburan garam secukupnya. 

3. Muhammara - Suriah

themediterraneandish.com

Muhammara adalah saus cabai merah panggang yang cocok digunakan untuk olesan roti pita panggang atau kripik pita. Di Timur Tengah, muhammara biasa disandingkan sebagai bumbu untuk kebab dan sandwich.

Resep muhammara berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Namun, umumnya saus ini terbuat dari cabai aleppo, paprika merah, dan kenari tanah. Beberapa resep akan menambahkan kacang untuk mendapatkan tekstur yang lebih kental.

4. Yemista - Yunani

food.com

Dibaca 'Gemista', hidangan tradisional Yunani ini merupakan makanan khas di musim panas. Bahan dasar dari hidangan ini adalah tomat dan paprika, namun sayuran seperti zucchini, terong, dan bawang bombay juga kerap digunakan. Lebih sehat, yemista dimasak dengan cara dipanggang dengan oven bersama kentang dan minyak zaitun.

5. Mujaddara - Irak dan Palestina

cookieandkate.com

Hidangan khas Timur Tengah yang satu ini terdiri dari miju-miju, nasi, lentil hitam, dan bawang yang dikaramelisasi. Taburan onion ring akan membuat sepiring mujaddara semakin nikmat. Untuk rasa, mujaddara menggunakan garam, merica, dan jintan sebagai bumbu.

6. Tempe Goreng - Indonesia

canva.com/studioindonesia

Tempe goreng adalah makanan khas Indonesia yang dibuat dari kedelai sebagai bahan dasar. Tempe terbuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dengan ragi tempe selama 2 hari. 

Dalam sepotong tempe terkandung protein, vitamin, asam lemak, serta zat antioksidan yang bagus dikonsumsi oleh tubuh. Kandungan protein yang lebih tinggi dari daging sapi membuat tempe sering dikonsumsi oleh vegetarian untuk memenuhi kebutuhan proteinnya. 

Bukan hanya murah, di Indonesia tempe juga mudah ditemukan, baik di pasar tradisional maupun di supermarket. Selain digoreng, tempe juga bisa dimasak sebagai campuran tumisan dengan sayur.

7. Badrijani - Georgia

mecooks.com

Di Georgia, badrijani selalu disajikan saat ada pesta. Hidangan ini juga dikenal dengan nama Nigvziani Badrijani. Berbahan dasar terong yang digoreng, isian badrijani terdiri atas pasta kenari, daun ketumbar, dan bawang putih.

8. Hummus - Lebanon

downshiftology.com

Saus kental hummus berasal dari Timur Tengah. Untuk membuatnya cukup mudah sebab bahan-bahan yang dibutuhkan mudah ditemukan, yakni buncis, tahini (pasta wijen), jus lemon, bawang putih, garam, serta minyak zaitun. 

Selain punya rasa yang otentik, hummus juga dikenal sehat dan bergizi. Kandungan nutrisi yang berasal dari berbagai bahan alami membuat hummus mengandung protein yang tinggi, serat, dan lemak sehat. 

9. Fattoush - Lebanon

falasteenifoodie.com

Jika sedang berlibur ke Timur Tengah, kamu dapat dengan mudah menemukan salad klasik yang satu ini. Salad fattoush berisi berbagai sayuran dengan roti pita goreng di atasnya.

Namun, tidak ada aturan untuk menggunakan sayuran tertentu dalam semangkuk fattoush, sebab di negara asalnya hidangan ini dibuat dengan berbagai sayur yang sedang musim.

Untuk sausnya, kamu dapat mencampurkan minyak zaitun, jus lemon, bawang putih, daun mint, saus zesty, sumac, dan molase delima.

10. Spaghetti Aglio e Olio - Italy

heerlijkehappen.nl

Klasik dan simpel. Ungkapan yang tepat untuk satu porsi spaghetti aglio e olio yang tak lekang oleh waktu. Pasta yang satu ini dibuat dengan empat bahan, yaitu bawang putih (aglio), minyak zaitun (olio), spaghetti, dan irisan pepperoncini.

Kabarnya, resep spaghetti aglio e olio berasal dari sebuah daerah terpencil bernama Abruzzo yang dulu keterbelakangan dan miskin. Resep ini hadir di tengah masyarakat yang tidak mampu membeli bahan untuk membuat saus spaghetti.

Itulah sepuluh hidangan vegetarian terbaik berdasarkan penilaian dari audience di situs TasteAtlas. Punya menu vegetarian favorit? Komen di bawah, yuk!

IDN Media Channels

Latest from Food