Berbicara mengenai budaya Indonesia memang tak akan ada habisnya. Terbentang luas dari Sabang hingga Merauke, tak heran jikalau Indonesia kaya akan ragam budaya. Kali ini, Popbela akan membahas mengenai ‘harta warisan’ Indonesia yang pastinya bikin kamu bangga karena berhasil jadi tren hingga ke mancanegara. Yuk, disimak Bela!

1. Tari kipas serumpun

Patut Bangga, 5 Tren Dunia Ini Berasal dari Indonesia Lhowww.indonesiakaya.com
 

Kalau kamu kira tari kipas seperti ini hanya dimiliki oleh negara Korea, maka kamu salah besar nih! Karena faktanya, Indonesia juga punya tari serupa yang bernama tari kipas serumpun. Berasal dari Sumatera Selatan, tari ini menggambarkan jalinan hubungan harmonis antar masyarakat. Selain itu, tarian ini juga diwarnai dengan pergantian formasi yang menggambarkan keriangan warga dalam pesta rakyat.

2. Kain Lurik

Patut Bangga, 5 Tren Dunia Ini Berasal dari Indonesia LhoDoc. Popbela
 

Salah satu jenis kain yang paling populer di Indonesia adalah batik, namun kini nggak cuma batik yang telah merambah pasar internasional, lho. Salah satu jenis kain yang kini jadi idola para desainer adalah kain lurik. Kain tenun asal Klaten ini memang unik dan punya tingkat fleksibilitas yang tinggi, karena dapat dimodifikasi menjadi berbagai medium. Seperti perabotan rumah tangga, aksesoris, pakaian, dan masih banyak lagi. 
 

Patut Bangga, 5 Tren Dunia Ini Berasal dari Indonesia LhoDoc. Bakti Budaya Djarum Foundation
 

Kalau kamu penasaran ingin tau lebih banyak mengenai kain yang sangat versatile ini, kamu bisa kunjungi pameran ‘Tangan-Tangan Renta’ kerja sama antara Bakti Budaya Djarum Foundation dengan Edward Hutabarat, desainer kenamaan Indonesia yang memang 7 tahun belakangan ini serius menekuni dunia lurik. Diadakan di Pelataran Ramayana, Hotel indonesia Kempinski, pameran ini menampilkan koleksi fotografi, video, serta berbagai instalasi bertemakan living dan fashion yang pastinya sayang untuk kamu lewatkan. Kalau kamu berminat, pameran ini terbuka untuk umum dari tanggal 24-28 Agustus. Yuk, mampir ke sana!

3. Ondel-ondel Betawi

Patut Bangga, 5 Tren Dunia Ini Berasal dari Indonesia Lhowww.indonesiakaya.com
 

Sangat identik dengan Jakarta, ondel-ondel merupakan kesenian boneka asal Betawi yang telah ada sejak zaman pra-Islam di Pulau Jawa. Meski merupkan boneka, ondel-ondel memiliki fitur yang agak menyeramkan. Badannya yang tinggi besar serta raut wajah yang terkesan kaku, membuat tak sedikit orang takut terhadap ondel-ondel. Tapi ternyata dibalik fisik seramnya, ondel-ondel punya makna sebagai penjaga keamanan dan kedamaian kampung lho! 


4. Tari Ratoh Jaroe

Patut Bangga, 5 Tren Dunia Ini Berasal dari Indonesia Lhowww.indonesiakaya.com
 

Tari yang seringkali di salah artikan sebagai tari saman ini nyatanya memiliki perbedaan yang signifikan dengan tari saman itu sendiri lho. Meski keduanya berasal dari Aceh, tari saman tergolong tari tradisional sementara tari ratoh jaroe merupakan tari kreasi. Tari ratoh jaroe ini mulai dikembangkan pada tahun 2008 untuk membangkitkan semangat warga Aceh paska dilanda tsunami pada 2004 silam. Hmm, baru tahu kan?

5. Tari iswara gandrung 

Patut Bangga, 5 Tren Dunia Ini Berasal dari Indonesia Lhowww.indonesiakaya.com/
 

Pastinya kamu sudah tak asing lagi dengan Nyi Roro Kidul, sang penguasa pantai selatan. Namun kamu tahu nggak, ada tarian khusus yang dipersembahkan bagi tokoh mistis kenamaan Indonesia tersebut? Tari Iswara Gandrung namanya. Tari ini trgolong unik karena memakai tembang berbahasa Sunda meski gerakan serta ornamen pakaian kaya akan budaya Jawa. Hmm menarik ya?

Gimana Bela, benarkan Indonesia punya banyak harta warisan nenek moyang yang bikin negara lain pun iri? Kalau begitu, yuk kita jaga dan sayangi budaya kita agar terus bisa lestari selamanya. Salah satu caranya ialah dengan datang ke acara ‘Tangan-Tangan Renta’ yang memamerkan mahakarya dari desainer Edward Hutabarat. Mengangkat kekayaan lurik khas Indonesia dalam berbagai medium, pameran yang satu ini pantang untuk dilewatkan. Acaranya juga gratis lho! Yuk kunjungi dan nikmati pameran ‘harta’ Indonesia yang satu ini .