Aksesoris sebagai pelengkap outfit memang nggak boleh ketinggalan, termasuk cincin. Mulai dari cincin beads dan clay yang lagi tren, hingga cincin silver yang jadi favorit untuk tampil lebih elegan. Nggak cuma bahan dasar dan cara perawatan yang perlu dipahami sebelum membeli cincin baru, kamu juga perlu tahu ukuran cincin yang pas untuk jari, apalagi jika ingin beli cincin secara online

Nggak perlu khawatir, Popbela sudah merangkum beberapa cara mudah mengetahui ukuran cincin wanita yang pas untuk jari! Baca selengkapnya di bawah ini.

1. Gunakan pita pengukur

Cara Mudah Mengetahui Ukuran Cincin Perempuannura.design

Punya pita pengukur di rumah, kamu bisa manfaatkan juga untuk mengetahui ukuran cincin. Cukup lingkari pita pengukur ke jari dan tandai titik akhirnya. Misalnya, jika pita pengukur menunjukkan angka 5 cm atau 50 mm, itu setara dengan ukuran 9 standar cincin Indonesia. Kamu bisa cek ukuran jari kamu sesuai dengan tabel standar ukuran cincin internasional (International Ring Size Chart).

2. Ukur jari dengan kertas pengukur cincin

Cara Mudah Mengetahui Ukuran Cincin Perempuanbobbyarthur.com

Selain menggunakan pita pengukur, kamu juga bisa mengukur jari kamu dengan kertas pengukur cincin yang bisa didapatkan secara online. Cetak dengan ukuran normal dan gunting sesuai dengan bentuk pengukur cincin. Kemudian kaitkan ujung kertas pengukurnya ke celah yang sudah dilubangi lalu tarik kertas pengukur hingga melingkar pas di jari. Kertas pengukur akan langsung menunjukkan ukuran jari deh. Cukup mudah, kan?

3. Ukur dengan cincin lama

Cara Mudah Mengetahui Ukuran Cincin Perempuanelvie.com.au

Sebelumnya sudah punya cincin lama yang pas di jari, kamu bisa manfaatkan cincin tersebut untuk mengukur ukuran cincin yang baru. Caranya ialah dengan mengukur diameter di bagian dalam cincin kamu, kemudian kamu bisa bandingkan hasilnya dengan tabel standar ukuran cincin internasional. 

4. Bisa juga pakai kertas atau pita biasa

Cara Mudah Mengetahui Ukuran Cincin Perempuannura.design

Cara lain untuk mengetahui ukuran cincin ialah dengan menggunakan kertas atau pita. Alat yang dibutuhkan cukup simpel dan pastinya sudah ada di rumah, seperti pita atau kertas memanjang, gunting, pulpen, dan penggaris. Mulai lingkari jari dengan kertas atau pita yang sudah disiapkan, kemudian tandai ujung gulungan kertas yang sudah sesuai dengan jari. Kemudian ukur dengan penggaris dan bandingkan hasilnya dengan tabel standar ukuran cincin internasional.

5. Menggunakan diameter cincin

Cara Mudah Mengetahui Ukuran Cincin Perempuangettyimages.com

Gunakan diameter cincin untuk membantu kamu mengetahui ukuran cincin perempuan yang pas untuk kamu. Caranya cetak panduan diameter cincin dan letakkan cincin lamamu di atas kertas. Cari ukuran yang paling cocok dengan diameter cincin lama. Jika cincinmu memiliki ukuran berada di antara dua size yang berbeda, maka pilihlah ukuran yang lebih besar.

Baca Juga: Cara Mengatasi Cincin Kebesaran, Pernah Ngalamin Nggak?

Baca Juga: #PopbelaOOTD: Kumpulan Kalung Lucu yang Cocok Dipakai Sehari-hari

Baca Juga: #PopbelaOOTD: Kumpulan Tali Masker dari Brand Lokal