Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Deretan Selebriti yang 'Tiru' Gaya Ikonik First Lady Jackie Kennedy

Klasik dan elegan

Natasya Fitranda Putri

Jacqueline Kennedy Onassis, biasa dikenal dengan Jackie Kennedy atau Jackie O adalah istri dari Presiden Amerika Serikat ke-35 John F. Kennedy. Jackie Kennedy menjabat sebagai First Lady of the United States mulai tahun 1961 hingga 1963. Selama masa jabatannya sebagai First Lady, Jackie Kennedy dikenal sebagai sosok dengan gaya khas yang mewah, elegan, dan sophisticated. Berkat gaya khasnya, pada era tersebut Jackie Kennedy berhasil membuat tren berpakaian yang dijuluki dengan "Jackie Look". Saat tampil di depan publik, Jackie Kennedy ikonik mengenakan tweed set dan gaun-gaun mewah yang memiliki desain timeless. 

Soal penampilan, Jackie Kennedy gemar mengenakan pakaian dari rumah mode ternama asal Perancis seperti Chanel, Balenciaga, Dior, dan Givenchy. Selain rumah mode ternama tersebut, Oleg Cassini juga merupakan desainer tersohor yang merancang berbagai pakaian paling ikonik Jackie Kennedy. Sering disebut sebagai First Lady paling fashionable, nggak kaget bahwa banyak seleb Hollywood yang ingin meniru gaya Jackie Kennedy.

1. Pada kunjungan ke Kamboja di tahun 1967, Jackie Kennedy tampil memesona mengenakan one-shoulder teal gown yang berikan kesan flowy dan mewah. Gaun Jackie Kennedy ini menjadi inspirasi untuk gaya ikonik Jennifer Lopez di karpet merah Oscars tahun 2003. Mint one-shoulder gown yang Jennifer Lopez kenakan sengaja dirancang oleh Valentino untuk menyerupai gaun asli sang First Lady.

insider.com/people.com

2. Gaya paling ikonik Jackie Kennedy ialah pink tweed suit lengkap dengan pillbox hat dan white gloves. Meski desainnya terinspirasi dari Chanel, pink tweed suit satu ini dirancang oleh desainer asal New York, Chez Ninon. Pada sebuah pemotretan, supermodel Emily Ratajkowski terlihat 'meniru' gaya ikonik sang First Lady mengenakan pink long coat dan black heels yang serupa.

artofit.org/elle.com

3. Pada tahun 1962, Jackie Kennedy bergaya mewah mengenakan satin gown yang dipadankan bersama embroidered bolero rancangan Oleg Cassini. Pada tahun 2014, aktris Angelina Jolie hadiri karpet merah mengenakan white dress yang menyerupai desain gaun sang First Lady. Mengganti bolero dengan desain cape, dress rancangan Ralph & Russo Couture yang dikenakan Angelina Jolie ini berikan kesan lebih modern namun tetap elegan.

yahoo.com

4. Putih memang merupakan warna yang gemar dikenakan oleh Jackie Kennedy. Sang First Lady dipotret mengenakan long white satin cape yang memiliki desain seperti gaun. Pada ajang Oscars 2012, aktris Gwyneth Paltrow menyatakan dirinya ingin 'meniru' gaya "cape" ikonik Jackie Kennedy. Saat hadiri karpet merah, Gwyneth Paltrow sukses tirukan Jackie Kennedy mengenakan white cape gown rancangan Tom Ford.

yahoo.com

5. Amal Clooney ketahuan 'mencontek' gaya ikonik Jackie Kennedy mengenakan red two-piece button down yang elegan dan chic. Jackie Kennedy pertama kali mengenakan pakaian ikonik karya Chez Ninon ini di tahun 1961.

britannica.com/instyle.com

6. Seleb lain yang tiru gaya red two-piece Jackie Kennedy adalah Natalie Portman. Sang aktris tunjukkan penampilan a La Jackie Kennedy-nya saat ia berperan sebagai sang First Lady di film Jackie tahun 2016 lalu. Selain pakaian ikonik ini, Natalie Portman juga tunjukkan gaya lain yang mirip dengan pakaian asli Jackie Kennedy seperti satin gown hingga pink tweed suit.

britannica.com/instyle.com

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends