Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Anti Ribet dan Praktis, Ini 7 Cara Membersihkan Perhiasan Perak

Kembali mengilap seperti baru

Dayang Puspita Ranupani

perhiasan perak jadi favorit banyak wanita karena harganya yang cenderung lebih murah dibandingkan dengan perhiasan emas. Sayangnya, perhiasan berbahan silver lebih mudah memudar, apalagi jika disimpan terlalu lama. Debu, keringat, dan kotoran juga bisa membuat kesan kilapnya semakin berkurang. Jangan khawatir, cara membersihkan perak sebenarnya cukup mudah kok. Baca selengkapnya di bawah ini.

1. Bersihkan dengan pasta gigi

sciencenewsforstudents.org

Manfaatkan bahan yang ada di rumah untuk membersihkan perhiasan perak seperti pasta gigi. Cukup oleskan sedikit pasta gigi pada perak dan gosok perlahan. Kamu bisa gunakan kain lembut atau sikat gigi bekas dengan sikat yang halus, kemudian diamkan selama lima menit dan bilas sampai bersih.

2. Gunakan aluminium foil

freepik.com

Aluminium foil memang terkenal mampu bersihkan perhiasan perak secara efektif. Siapkan aluminium foil dan bentangkan pada wadah. Kemudian letakkan perhiasan perak di atasnya dan taburkan sedikit baking soda. Tuang air hangat ke perhiasan perak dan kilapnya akan kembali seperti baru. Lakukan beberapa kali agar hasilnya lebih maksimal.

3. Coba pakai campuran baking soda dan cuka

gettyimages.com

Kembalikan kilap perak dengan campuran baking soda dan cuka. Caranya mudah kok, cukup campurkan 2 sdm bubuk baking soda dengan cuka di dalam mangkuk kecil. Rendam perhiasan perak selama kurang lebih 2-3 jam. Bilas dengan air dingin sampai bersih dan perhiasan kamu akan kembali mengilap seperti baru.

4. Bisa juga pakai sabun cuci piring

mirror.co.uk

Sabun cuci piring juga bisa dipakai untuk bersihkan perhiasan perak, lho. Siapkan air hangat dalam wadah kecil dan teteskan sabun cuci piring. Rendam perhiasan perak dan diamkan selama 5-10 menit. Kemudian gosok dengan sikat gigi bekas secara perlahan dan bilas dengan air hangat. Keringkan dan poles secara perlahan dengan kain lembut.

5. Manfaatkan lemon dan garam yang ada di dapur

unsplash.com

Lemon ternyata ampuh bersihkan perhiasan perak hingga kembali mengilap. Campurkan larutan garam dan perasan lemon dan rendam perhiasan selama beberapa saat. Bilas sampai bersih dan keringkan dengan kain yang lembut agar tidak menggores permukaan silver.

6. Pakai hand sanitizer juga oke

unsplash.com

Kalau kamu sedang di luar dan butuh bersihkan perhiasan perak dengan cepat, bisa juga gunakan hand sanitizer. Ambil sapu tangan dan semprotkan sedikit hand sanitizer. Gosokkan ke perhiasan perak secara perlahan dan kusamnya akan memudar.

7. Coba gunakan semir perak

newman.com.gr

Ingin yang hasil maksimal, coba gunakan semir khusus perak. Mengandalkan semir perak, noda dan kusam yang ada di perhiasan dijamin akan hilang dan kembali mengilap seperti baru. Cukup semprotkan ke permukaan perhiasan perak dan gosok dengan kain lembut.

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends