Bagi kamu, para job hunter, interview atau wawancara adalah hal yang paling krusial karena momen tersebutlah yang akan menentukan apakah kamu dapat lanjut ke tahapan berikutnya dan diterima bekerja di suatu perusahaan atau tidak. 

Biasanya, tahap interview dilakukan di akhir rangkaian tes sehingga beberapa hal dapat kamu persiapkan lebih dulu agar nggak salah langkah dan berujung pada pahitnya kegagalan. 

Dalam hal ini, Popbela telah merangkum 7 hal yang wajib kamu lakukan agar interview yang kamu jalani dapat mengantarkanmu masuk ke dalam perusahaan yang kamu inginkan. Simak yuk!

1. Hindari berkata buruk mengenai atasan atau tempat kerja lamamu

Jangan Anggap Remeh, 7 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Saat Wawancara Kerjaunsplash.com/rawpixel

Memiliki pengalaman kerja yang berkaitan atau sesuai dengan pekerjaan yang saat ini sedang kamu lamar sedikit banyak dapat membantumu untuk dapat berhasil melalui serangkaian tes yang diadakan. 

Tapi, ketika kamu justru memberikan jawaban yang terkesan menjelek-jelekkan perusahaan lama tempatmu bekerja saat sesi interview berlangsung, kamu akan dinilai memiliki citra diri yang buruk dan nggak profesional lho. 

HRD akan berpikir bahwa nantinya kamu dapat melakukan hal yang sama jika suatu saat kamu nggak betah bekerja di perusahaan yang baru. So, ada baiknya bila jawaban yang kamu beri adalah jawaban yang logis, netral dan jujur.

2. Percaya diri boleh, arogan jangan

Jangan Anggap Remeh, 7 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Saat Wawancara Kerjaletsintern.com

Sikap percaya diri adalah hal yang seharusnya kamu miliki saat sesi interview. Tapi, jangan berlebihan hingga melampaui batas ya. Hal tersebut justru menjadikan kamu tampak arogan di mata HRD. 

Bahkan, apabila sikapmu dinilai arogan dan nggak dapat ditoleransi, HRD yang menjadi pewawancaramu saat sesi interview dapat kehilangan minat dan nggak akan mempertimbangkan kamu untuk dapat lolos dan masuk menjadi bagian dari perusahaan yang kamu tuju itu.

3. Menghargai hal-hal kecil dengan mengucap terima kasih dan maaf

Jangan Anggap Remeh, 7 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Saat Wawancara Kerjaglassdoor.com

Nggak perlu muluk-muluk untuk mendapatkan impression yang baik dari seorang HRD kok. Sebagai job hunter, attitude yang baik dan sopan adalah hal yang wajib kamu miliki. Selain menjadi salah satu bentuk menghargai orang lain, ucapan terimakasih dan maaf akan membuatmu dinilai santun dan punya tata krama yang baik. 

Maka dari itu, biasakan diri untuk dapat memberi ucapan yang demikian agar HRD dapat tertarik dan terkesan dengan perlakukanmu. Tapi, jangan semata-mata melakukannya hanya agar diterima menjadi bagian dari perusahaan yang bersangkutan ya! Hal yang satu ini harus kamu terapkan dimana pun dan kepada siapa pun. Semua orang berhak untuk mendapatkan perlakukan yang baik, Bela.

4. Ceritakan kekurangan yang kamu miliki selayaknya kamu menceritakan kelebihanmu

Jangan Anggap Remeh, 7 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Saat Wawancara Kerjaunsplash.com/rawpixel

Pertanyaan yang satu ini nggak mungkin nggak akan muncul saat sesi interview. Yap, biasanya seorang HRD akan melontarkan pertanyaan mengenai kelemahan apa yang kamu miliki dan kamu diminta untuk dapat menjawabnya. 

Hal yang perlu kamu lakukan adalah menceritakan dengan benar kekurangan yang kamu miliki tanpa perlu menutupinya dan berpura-pura seakan-akan kamu adalah manusia yang sempurna. 

Mengungkapkan apapun yang menjadi kekuranganmu nggak akan menjadikan kamu tampak nggak kompeten di mata HRD kok. Justru, kamu harus mampu menunjukkan tingkat kecakapanmu dalam mengatasi dan mengelola kekurangan yang kamu punya agar nggak menghambat kualitas kerjamu.

5. Usahakan untuk menanyakan sesuatu ketika diberi kesempatan untuk bertanya

Jangan Anggap Remeh, 7 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Saat Wawancara Kerjaunsplash.com/rawpixel

Meski sering dianggap remeh karena dinilai nggak terlalu penting, ternyata ketika kamu mengajukan pertanyaan saat diberi kesempatan bertanya, kamu dinilai memiliki ketertarikan yang cukup besar terhadap sebuah perusahaan yang terkait. 

Jangan buat dirimu rugi hanya karena nggak melakukan hal yang satu ini saat sesi interview ya! Layangkan pertanyaan berbobot yang jawabannya nggak kamu temukan di website perusahaan tersebut kalau kamu memang benar-benar serius ingin bekerja dan menjadi bagian dari perusahaan yang kamu tuju, Bela.

6. Pelajari baik-baik perusahaan yang kamu tuju sebelum wawancara

Jangan Anggap Remeh, 7 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Saat Wawancara Kerjaunsplash.com/ Christin Hume

Mengenal dengan baik perusahaan tempatmu melamar pekerjaan akan menjadi nilai plus untuk kamu. Apalagi kalau kamu mau repot-repot untuk sekadar mempelajari perusahaan tersebut melalui website yang mereka punya. 

Tentunya, informasi yang kamu dapatkan mengenai perusahaan terkait akan lebih beragam dan banyak macamnya sehingga nantinya saat sesi interview kamu nggak lagi merasa asing. Sangat menguntungkan dan membantu, bukan?

7. Berikan jawaban yang detail ketika diberi pertanyaan oleh pewawancara

Jangan Anggap Remeh, 7 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Saat Wawancara Kerjaswinburneonline.edu.au

Selain membuang dengan percuma kesempatan yang kamu punya untuk mempromosikan diri di hadapan seorang HRD, memberikan jawaban umum atau generik akan membuat sesi interview-mu terkesan membosankan di matanya.  

So, manfaatkan waktu interview yang kamu miliki dengan mempromosikan diri sendiri melalui jawaban pertanyaan yang detail, menyeluruh, dan nggak terkesan terlalu diplomatis hingga mirip dengan template jawaban yang telah tersebar luas di internet.

Nah, itulah 7 hal yang wajib kamu lakukan agar interview yang kamu jalani berjalan lancar dan dapat mengantarkanmu masuk ke dalam perusahaan yang kamu inginkan. Perhatikan dan jaga selalu caramu bersikap dan pastikan untuk selalu menghargai siapapun yang menjadi lawan bicaramu. 

Tulis pengalaman menarikmu yang berkaitan dengan interview kerja di kolom komentar ya!

Baca Juga: 5 Aturan Menjawab Pertanyaan Tentang Kelemahan Saat Interview Kerja