Banyak sekali pekerjaan di zaman sekarang yang sangat terbantu dengan teknologi. Namun, yang bikin cemas adalah ketika ada berita kalau beberapa pekerjaan nantinya akan tergantikan dengan robot. Walaupun demikian, masih banyak yang yakin kalau robot tidak bisa menggantikan manusia. Sebagai manusia yang sedang bekerja, tentu saja kamu akan mempertahankan pekerjaanmu agar tidak tergantikan oleh robot.

Ini yang Bisa Kamu Lakukan Agar Pekerjaan Tidak Diganti dengan Robot

Mau tidak mau manusia akan menghadapi bahwa robot mengubah revolusi sosial. Agak membuat resah, tapi kamu harus mempersiapkan diri dengan matang. Jangan lagi mementingkan kesenangan dan malas untuk mengembangkan diri. Robot saat ini masih belum mendominasi dan kemampuannya masih di bawah manusia. Tidak tahu lagi kalau sepuluh tahun mendatang. Asah juga berpikir kritis dengan baik dan jangan ragu untuk gunakan data. Karena robot belum mampu menguasai ini.

Ini yang Bisa Kamu Lakukan Agar Pekerjaan Tidak Diganti dengan Robot

Memang sekarang kamu sedang menikmati berkomunikasi dengan teknologi. Bahkan rasanya sudah cukup dan agak malas berkomunikasi langsung. Menikmati berkomunikasi dengan teknologi hindari terlalu terlena dan bergantung. Akan terkejut apabila nantinya beberapa pekerjaan, biasanya layanan umum kamu akan menghadapi sebuah robot. Tentu agak canggung bukan apabila kamu harus berkomunikasi dengannya. Sebenarnya, manusia memang lebih nyaman berkomunikasi dengan manusia lain juga, kok. Jadi, mulai sekarang jangan malu atau mengabaikan orang lain ketika berkomunikasi.

Ini yang Bisa Kamu Lakukan Agar Pekerjaan Tidak Diganti dengan Robot

Kesuksesan diri sendiri menurut kamu adalah hal terpenting yang harus kamu capai. Bekerja kerja dan menaklukkan ambisi kamu lakukan. Seolah melupakan lingkungan sekitar yang fasilitasnya berkembang sangat pesat. Teknologi memang bagian dari kebutuhan sehari-hari manusia. Namun, sebagai manusia jangan terlalu malas untuk bergerak dan bekerja. Lakukan kolaborasi dengan baik dengan teknologi. Selain itu, belajar juga menghargai pekerjaan orang lain. Salah satu faktor pekerjaan diambil alih oleh robot adalah seringkali meremehkan pekerjaan yang sepele.

Ini yang Bisa Kamu Lakukan Agar Pekerjaan Tidak Diganti dengan Robot

Pekerjaan yang bisa dilakukan oleh robot seperti mengambil menaruh barang hingga berhadapan langsung dengan konsumen. Tapi, perlu pengetahuan yang sangat tinggi untuk menjadikan robot bisa mengerjakan hal-hal kreatif. Kamu sebagai manusia bisa perluas keahlian di bidang ini. Membuat karya seni, menulis, aransemen musik, kerajinan tangan, menciptakan masakan enak dengan resep sendiri, mendekor rumah, dan merangkai bunga bisa kamu lakukan. Kamu juga bisa gali dan ciptakan hasil karya kreatif mulai dari sekarang.

Ini yang Bisa Kamu Lakukan Agar Pekerjaan Tidak Diganti dengan Robot

Seringkali kamu berimajinasi ada teknologi yang menyelesaikan semua masalah. Memang kalau dibayangkan terasa hidup semakin mudah. Tapi dengan kehadiran robot yang teknologinya semakin disempurnakan bisa menjadi salah satu ancaman. Sejauh ini robot belum punya kemampuan untuk menganalisis masalah. Keahlian ini bisa kamu perdalam sebagai modal untuk menghadapi persaingan. Hindari untuk selalu fokus kepada teknologi. Kuasai bidang pelayanan dengan baik dan cari solusinya bersama.

BACA JUGA : Shopia, Robot yang Ingin Hidup Layaknya Manusia